Article
November 15, 2023

Mengenal Disaster Recovery Center untuk Manajemen Krisis dalam Pemulihan Bencana

Apakah Anda sudah memahami tentang adanya Disaster Recovery Center atau sering yang biasa disingkat DRC secara lengkap? Jika belum, Anda tentu perlu membaca artikel ini agar bisa mengenal lebih lengkap mengenai Disaster Recovery Center atau DRC. Mengingat sekarang ini, sudah banyak perusahaan atau instansi mulai aware tentang Manajemen Krisis dalam Pemulihan Bencana serta perlindungan data juga keberlangsungan bisnis ketika terjadi bencana.

Kenapa begitu? Hal itu karena kehilangan data dapat terjadi kapan saja dan bahkan juga dapat dikarenakan adanya kesalahan manusia atau human error. Maka dari itu, ada banyak perusahaan maupun instansi yang mulai menggunakan disaster recovery center untuk bisnis mereka karena merasa takut kehilangan data yang bisa saja krusial atau bahkan takut bisnis berhenti beroperasi. 

Mengenal tentang Disaster Recovery Center

Sama dengan namanya, Disaster Recovery Center atau DRC merupakan suatu tempat yang bisa membantu menjalankan segala upaya dalam Pemulihan Data. DRC sendiri bisa didirikan dalam suatu perusahaan supaya bisa memindahkan peralatan-peralatan di dalamnya setelah terkena bencana.

Manfaat Disaster Recovery Center (DRC) Bagi Perusahaan

DRC sendiri digunakan sebagai salah satu antisipasi jika sewaktu-waktu akan mengalami kerusakan serta kehilangan mau itu karena adanya human error maupun bencana alam.

Untuk itu, ada beberapa alasan penting mengapa perusahaan anda perlu memakai DRC ini, 

1. Memastikan Jalannya Bisnis dan Terhindar dari Kerugian

Jika data dari perusahaan sudah dilindungi dengan aman pada infrastruktur DRC di lokasi yang lain, perusahaan tentunya akan terus menjalankan produktivitas dari kerjanya tanpa perlu terkendala apapun.

Sebagai hasilnya, perusahaan pun tidak akan terjadi kerugian karena semua data telah terkendali dengan aman. Tapi jika bencana tidak terduga memang akan terjadi, perusahaan sebelumnya pun juga sudah menyiapkan antisipasi data dengan memilih DRC yang memiliki fungsi untuk memulihkan serta mencadangkan data seperti awalnya.

2. Mencegah Terjadi Kehilangan Data Krusial

DRC sendiri akan sebuah data secara berlanjut maupun terus menerus. Dengan begitu, data krusial dari perusahaan akan selalu mempunyai back up atau cadangan dari data center yang utama. Sehingga, perusahaan pun bisa terus beroperasi dengan lancar.

3. Menghindari Human Error

Jika anda menggunakan layanan DRC, nanti anda pasti akan lebih mengantisipasi adanya human error atau kesalahan manusia. DRC sendiri pasti akan segera melakukan Manajemen Krisis dalam Pemulihan Bencana  jika memang akan muncul kerusakan yang dikarenakan human error.  

4. Mencegah Kegagalan Layanan Sebab Mesin atau Hardware

Mesin atau hardware yang biasanya dipakai dalam sebuah perusahaan terkadang bisa mengalami kegagalan atau tidak dapat bekerja sebagaimana harusnya. Padahal, mesin serta hardware perusahaan telah menggunakan perangkat yang terbaik dan bahkan mahal.

Maka dari itu, adanya DRC itu dapat memulihkan berbagai data dari mesin maupun hardware dari gangguan yang ada.

5. Lebih Meningkatkan Keamanan Data

DRC sendiri ada pada lokasi yang berbeda dengan server serta data center utama. Maka dari itu, dikarenakan keberadaannya terpisah dari data center yang utama, tidak akan mungkin nantinya muncul risiko keamanan yang sama. Dan karena itu, keamanan data pun dapat makin meningkat. 

6. Dapat Meningkatkan Efisiensi Operasional

Optimasi layanan juga dapat dilakukan dengan lebih baik karena perusahaan yang memakai layanan DRC sudah merencanakan berbagai antisipasi hal yang tidak diinginkan. Operasional dari perusahaan akan lebih efisien, hal tersebut pun yang juga akan mendorong kemajuan dari perusahaan Anda dengan lebih cepat.

Nah, convergence akan menyediakan layanan yang akan membantu bisnis anda dalam mengatur berbagai Manajemen Krisis dalam Pemulihan Bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...