perusahaan outsourcing
Article
October 21, 2022

Apa Saja Manfaat Menggunakan Jasa Perusahaan Outsourcing IT?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, layanan outsource saat ini sudah semakin banyak digunakan oleh banyak perusahaan dengan skala yang berbeda-beda. Jenis spesialisasi atau aktivitas yang ditawarkan pun beragam, termasuk outsourcing IT. Tapi, apa yang dimaksud dengan outsource IT, ya?

Mengenal Outsourcing IT

Outsourcing sendiri mengacu pada praktik bisnis di mana layanan ataupun fungsi pekerjaan diserahkan ke pihak ketiga. Dengan kata lain, outsource IT berarti praktik di mana Anda menyerahkan fungsi pekerjaan IT kepada pihak ketiga. Artinya, seluruh aktivitas yang terkait dengan IT akan dilakukan oleh sumber daya dari eksternal, baik itu SDM, perlengkapan, maupun peralatannya.

Dalam praktik outsourcing IT, aktivitas yang termasuk di dalamnya biasanya meliputi:

  • Pengembangan aplikasi atau software.
  • Pengembangan web hosting.
  • Infrastruktur IT.
  • Dukungan teknis (technical support).
  • Pengembangan database.

DI luar itu, Anda tetap perlu pastikan terlebih dahulu dengan penyedia jasa outsource IT untuk jenis aktivitas yang di-cover.

Manfaat Outsource IT

Melihat semakin maraknya penggunaan jasa outsource IT, tentu artinya ada berbagai kelebihan atau manfaat yang memang dapat dirasakan oleh bisnis. Dan berikut ini manfaatnya.

  1. Penghematan biaya yang dikeluarkan perusahaan. Soalnya, perusahaan tidak perlu harus mengeluarkan biaya pelatihan untuk IT lantaran seluruh aktivitas pekerjaan IT sudah ditangani oleh SDM yang dilatih sendiri oleh perusahaan outsource.
  2. Efisiensi aktivitas rekrutmen perusahaan. Dengan menggunakan layanan outsource IT, Anda juga tidak perlu lagi harus melakukan rekrutmen karyawan IT sendiri.
  3. Pembagian risiko usaha. Ketika Anda menggunakan jasa outsource IT, artinya perusahaan outsource lah yang akan bertanggung jawab atas seluruh prosesnya, termasuk SDM-nya. Sebagai contoh, gaji yang diterima karyawan outsource IT dibayarkan oleh perusahaan outsource, bukan perusahaan Anda.
  4. Fokus pada pengembangan bisnis atau proyek Anda. Pada akhirnya, seluruh manfaat yang sudah dijelaskan di atas bermuara pada manfaat yang satu ini. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan waktu dan biaya untuk rekrutmen, pelatihan, dan penggajian karyawan outsource, seluruh sumber daya tadi pun bisa Anda alokasikan untuk aktivitas lain yang dianggap lebih krusial dan bersinggungan dengan core activity bisnis. Anda hanya perlu bekerja sama dengan perusahaan outsource yang tepat dan melakukan pembayaran untuk seluruh layanannya.

Jasa outsourcing ini sebenarnya tidak hanya tersedia untuk bidang IT saja. Pasanya, ada banyak pilihan jenis pekerjaan yang bisa di-outsource-kan seperti telemarketing outbound dan inbound.

Apabila yang Anda butuhkan adalah outsource aktivitas telemarketing, Convergence jelas merupakan partner tepat sebagai solusi atas kebutuhan Anda. Lewat layanan dan solusi end-to-end dari Convergence, Anda bisa temukan solusi outsourcing IT untuk telemarketing yang efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Untuk info lengkapnya, Anda bisa langsung klik convergence.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...