manfaat perencanaan kontinuitas bisnis
Article
December 17, 2023

Ini Deretan Manfaat Perencanaan Kontinuitas Bisnis. Pemilik Perusahaan Wajib Tahu

Pandemi menjadi sesuatu yang sangat berpengaruh pada ekonomi dunia. Di saat itu, banyak bisnis yang berhenti beroperasi. Tentunya, itu menjadi bencana yang mengganggu keberlanjutan perusahaan.

Perusahaan yang memutuskan untuk melakukan PHK atau mengalami kebangkrutan pada pandemi adalah perusahaan yang tidak mempersiapkan sistem yang bagus untuk menghadapi kondisi darurat. Hal itulah yang akhirnya menjadikan perusahaan kewalahan dalam menghadapi dampak dari bencana itu.

Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan perencanaan kontinuitas bisnis. Apa itu? Berikut penjelasan lengkap seputar pengertian dan manfaat perencanaan kontinuitas bisnis.

Inilah Pengertian Perencanaan Kontinuitas Bisnis

Perencanaan kontinuitas bisnis atau manajemen kontinuitas bisnis merupakan rangkaian rencana yang sudah disiapkan untuk memastikan sumber daya bisnis yang penting tetap tersedia. Jadi, ketika sewaktu-waktu terjadi bencana, perusahaan tetap bisa menggunakan sumber daya tersebut agar kegiatan bisnis tetap bisa berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, sebenarnya perusahaan harus menggunakan perencanaan kontinuitas bisnis tersebut untuk bisa mempercepat pemulihan bisnis yang terdampak bencana atau masalah sistem. Jadi, perencanaan itulah yang bisa digunakan untuk mempersiapkan respons cepat jika terjadi masalah yang mendadak.

Apa Saja Manfaat dari Perencanaan Kontinuitas Bisnis?

Jika perusahaan menggunakan perencanaan kontinuitas bisnis, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh organisasi tersebut. Apa saja itu?

  •       Manfaat Perencanaan Kontinuitas Bisnis yang pertama dan paling utama adalah memastikan bahwa organisasi bisnis atau perusahaan tetap bisa melanjutkan kegiatan operasionalnya tanpa gangguan apapun.
  •       Dengan menggunakan sistem tersebut, maka perusahaan akan bisa mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Jadi, ini akan memberikan solusi alternatif bagi masalah yang dihadapi oleh bisnis.
  •       Perusahaan juga bisa menentukan metode mana yang paling tepat yang harus digunakan untuk mengatasi masalah yang terjadi.
  •       Tak hanya itu, dengan manajemen kontinuitas bisnis, perusahaan bisa membuat rencana dan cara implementasinya sesuai dengan kondisi yang sedang terjadi tanpa harus melakukan cara-cara yang sulit dan rumit.
  •       Perusahaan bisa mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi dan elemen mana yang harus diperbaiki agar bisa meminimalkan risiko yang akan terjadi nantinya. Jadi, manajemen kontinuitas bisnis tersebut memang sudah dibuat dengan memperhatikan risiko operasional saat ini dan risiko operasional di masa depan. Dari situlah, perusahaan bisa menentukan strategi terbaik yang akan dilakukan ke depannya ketika kondisi tidak memungkinkan.
  •       Efek peristiwa perusahaan akan bisa diminimalkan jika menggunakan perencanaan kontinuitas tersebut. Nah, itu akan berpengaruh pada kinerja perusahaan. Jika kinerja perusahaan tetap baik selama kondisi darurat, maka pendapatan perusahaan juga bisa stabil atau justru malah bisa meningkat.

Semua manfaat perencanaan kontinuitas bisnis bisa Anda rasakan jika menggunakan cara yang tepat untuk mengimplementasikannya. Nah, cara tersebut adalah dengan menggunakan Disaster Recovery Center atau DRC.

Anda masih bingung untuk mencari penyedia DRC yang terbaik? Tenang saja, Anda bisa menggunakan layanan kami. Kunjungi saja https://convergence.id/drc/ dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...