Article
May 13, 2023

Masa Depan BPO Serta Pengaruhnya Terhadap Ekonomi Global

BPO (Business Process Outsourcing) menawarkan sejumlah manfaat bagi sebuah perusahaan dalam pengelolaan bisnis. Apalagi dengan semakin tingginya kompetisi di dunia bisnis saat ini. Masa depan BPO bahkan diperkirakan akan sangat membantu tenaga kerja maupun perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.

Manfaat BPO Bagi Perusahaan 

Jika perusahaan Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan layanan jasa BPO, sebaiknya Anda mengetahui beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan bekerja sama dengan BPO:

  • Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

BPO memiliki kemampuan membebaskan perusahaan dari beberapa tanggung jawab manajemen harian perusahaan. Dengan begitu eksekutif akan memiliki banyak waktu untuk menjalankan bisnis di lini yang lebih esensial. Manfaat BPO yang satu ini dipercaya mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan untuk operasional di divisi penting lainnya. 

  • Perusahaan Lebih Fokus Pada Inti Bisnis

Jika produktivitas meningkat, perusahaan tentu bisa lebih fokus pada inti bisnis. Misalnya untuk mencapai tujuan bisnis dan mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.  Di saat yang sama, BPO akan bertanggung jawab pada pengelolaan operasional front office maupun back office perusahaan. 

  • Meningkatkan Kapabilitas Perusahaan

Bekerja sama dengan BPO company juga dipercaya dapat berdampak pada peningkatan kapabilitas perusahaan. Sebagai contoh, apabila perusahaan Anda menggunakan jasa layanan BPO contact center seperti Convergence.id , Anda bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal untuk para pelanggan.

Bahkan agen call center yang disediakan oleh BPO berpengalaman ini dapat membantu perusahaan Anda dalam membangun sebuah branding. Mereka telah dibekali skill yang mumpuni sehingga mampu memberikan layanan pelanggan dengan profesional, misalnya dengan membantu para pelanggan untuk mendapatkan produk serta layanan yang dibutuhkan.

Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap reputasi perusahaan dimana branding akan terbangun dengan baik di mata publik. 

  • Mengurangi Anggaran Perusahaan

Manfaat BPO bagi perusahaan yang terakhir adalah dapat mengurangi pengeluaran anggaran. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak budget untuk melakukan proses rekrutmen karyawan, infrastruktur maupun biaya operasional bisnis. 

Bagaimana Potensi BPO Di Masa Depan?

Banyak orang penasaran tentang masa depan BPO. Apakah kegiatan alih daya ini benar-benar memberikan dampak yang positif bagi perkembangan bisnis jangka panjang?. Jawabannya tentu saja iya.

Mengikuti perubahan jaman, layanan jasa outsourcing merupakan model pekerjaan yang diprediksi bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan tenaga kerja dan perusahaan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kurikulum pendidikan umumnya hanya mempersiapkan sumber daya manusia dengan keahlian yang sangat spesifik. Sementara kebutuhan tenaga kerja di masa depan tentu akan berjalan dengan lebih dinamis. 

Seseorang nantinya diharapkan tidak hanya menguasai satu keahlian saja, melainkan terus memperluas kemampuannya dengan mempelajari jenis pekerjaan yang baru. Terlebih lagi jika kita melihat pola pikir generasi muda saat ini dalam meraih kesuksesan, baik secara mental maupun finansial.

Banyak dari mereka yang terus meningkatkan kualitas diri dengan mencari banyak pengalaman agar dapat menguasai banyak hal. Selain itu, perusahaan atau organisasi juga akan membutuhkan tenaga kerja yang tidak hanya memiliki satu skill saja, mengingat laju perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Dari latar belakang tersebut, tidak heran jika kehadiran BPO memiliki potensi yang besar di masa depan, khususnya bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi. 

Pengaruh Positif BPO Terhadap Ekonomi Global

Perluasan pasar di era globalisasi membuat berbagai jenis produk tingkat tinggi sangat mudah untuk dipromosikan, bahkan hingga ke pasar internasional. Dengan hadirnya BPO company yang berpengalaman, perusahaan bisa lebih mudah dalam memberdayakan mereknya serta memiliki peluang memasarkan produk hingga ke pasar global. 

Tidak hanya sampai disitu, pertumbuhan BPO yang diawasi dengan baik oleh pemerintah juga dapat membentuk sebuah sistem ketenagakerjaan yang mampu mendorong investasi serta melindungi tenaga kerja dan pemilik usaha. Perlindungan ini diharapkan dapat membuat iklim usaha semakin subur dan meningkatkan daya saing terhadap pasar luar negeri. 

Demikianlah ulasan mengenai masa depan BPO dan pengaruhnya terhadap perekonomian global. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, implementasi BPO di Indonesia harus dilakukan secara komprehensif. Tujuannya tentu untuk meningkatkan efisiensi dan menciptakan tenaga kerja yang handal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...