layanan bpo
Article
October 22, 2022

Memahami Sistem Kerja Penyedia Jasa Outsourcing dan Berbagai Jenis Pekerjaannya

Selektif dalam melakukan rekrutmen wajib dilakukan untuk mendapat SDM berkualitas dan dalam hal ini, perusahaan juga dapat mengandalkan penyedia jasa outsourcing, selain melakukan rekrutmen mandiri. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja yang mumpuni dan handal dalam bidangnya.

Outsourcing ini umumnya digunakan oleh perusahaan perusahaan tertentu untuk bisa mendapatkan karyawan yang dibutuhkan. Contoh mudahnya yaitu security ataupun cleaning service. Mari pahami lebih lanjut tentang sistem kerja di perusahaan outsourcing dan contoh-contoh pekerjaan yang lainnya.

Sistem Pekerjaan Outsourcing

Menurut pasal 64 Undang Undang Ketenagakerjaan, disebutkan kalau perusahaan dapat menyerahkan sebagian pekerjaan kepada perusahaan lain lewat perjanjian pemborongan pekerjaan ataupun penyediaan jasa buruh atau pekerja yang dibuat dengan cara tertulis. Proses perekrutan tenaga kerja outsourcing akan dilakukan oleh penyedia outsource.

Karyawan tersebut akan mulai bekerja untuk perusahaan melalui sebuah sistem kontrak yang terbagi menjadi PKWT dan juga PKWTT. PKWT adalah singkatan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dan PKWTT yaitu Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu.

Itulah sekilas gambaran tentang seperti apa sistem kerja di perusahaan outsourcing atau penyedia jasa outsourcing. Selanjutnya di bawah ini akan dibahas mengenai apa saja contoh-contoh pekerjaan outsourcing pada suatu perusahaan.

Jenis Pekerjaan Outsourcing

Sebelum menyebutkan contoh pekerjaan outsourcing, penting untuk diingat bahwa karyawan outsourcing hanya dapat direkrut untuk menyelesaikan pekerjaan di luar kegiatan inti perusahaan si pengguna jasa. Jenis jenis pekerjaan outsourcing antara lain yaitu :

  1. Petugas keamanan
  2. Petugas call center
  3. Pekerja manufaktur
  4. Driver atau kurir
  5. Petugas kebersihan
  6. Penyedia makanan atau catering
  7. Facility management

Selain jenis pekerjaan, juga terdapat dua jenis cara mempromosikan produk, yakni telemarketing outbound serta inbound. Yang termasuk paling banyak diminati sekarang ini adalah mempekerjakan petugas call center. Sebagai tambahan, berikut ini ada beberapa tips memilih jasa outsourcing yang terpercaya dan terbaik supaya anda tak salah jalur dalam memilihnya.

Memilih Jasa Outsourcing Terpercaya

  1. Pilihlah yang menyediakan layanan secara lebih fleksibel karena akan memudahkan dalam menyesuaikan kebutuhan perusahaan
  2. Memiliki tim yang sudah mumpuni dan memberikan keuntungan
  3. Memiliki pengalaman yang sangat baik, saran baik, sertifikat dan hubungan yang baik dengan bank
  4. Rekam jejak yang baik, membantu klien dalam pengawasan, kepatuhan, keselamatan, serta tunjangan karyawan
  5. Memiliki basis pelanggan yang besar

Berbagai poin ideal tersebut ada dalam satu tempat yakni Convergence. Perusahaan outsourcing dengan tenaga kerja berkualitas dan keamanan terjaga. Convergence adalah solusi terbaik menemukan SDM mumpuni.

Sistem outsourcing ini bisa berkembang lebih efektif kedepannya dan kini banyak perusahaan dengan ukuran apapun terkadang membutuhkan tenaga kerja outsourcing pada operasinya. Sampai sini penjelasan tentang sistem pekerjaan dan jenis pekerjaan yang ada pada perusahaan penyedia jasa outsourcing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...