manfaat telehealth
Article
November 26, 2022

Mengenal Pengertian dan Manfaat Telehealth Untuk Rumah Sakit/Instansi Kesehatan

Istilah telehealth memang semakin populer setelah pandemi Covid-19 melanda dunia. Lalu sebetulnya apa itu telehealth? Sebagai informasi, berikut ulasan mengenai pengertian serta manfaat telehealth untuk rumah sakit atau instansi kesehatan. 

Sekilas Tentang Telehealth

Telehealth atau telemedicine merupakan layanan medis yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempermudah dalam pemberian layanan kesehatan bagi pasien. Telehealth umumnya bisa diakses melalui perangkat komputer, tablet hingga smartphone. Dengan begitu, pasien tidak perlu repot datang langsung ke rumah sakit untuk bisa mendapatkan perawatan

Dalam layanan telehealth, dokter akan melakukan pemantauan kesehatan jarak jauh. Untuk bisa berkomunikasi langsung dengan dokter, pasien dapat menggunakan fitur video conference yang tersedia dalam sistem telehealth. Pasien juga bisa mengirim dan menerima pesan dari dokter secara online lewat pertukaran file yang aman dan cepat, mulai dari file teks, gambar digital, hingga video. 

Informasi yang pasien kirimkan nantinya akan membantu dokter dalam mengetahui progress kesehatan dan menentukan treatment pengobatan yang paling tepat. 

Jenis Perawatan yang dapat Menggunakan Telehealth

Tidak semua jenis layanan medis bisa dilakukan secara online. Untuk itu, sebelum mengetahui manfaat  layanan telehealth untuk rumah sakit atau instansi kesehatan, simak terlebih dahulu beberapa jenis perawatan yang dapat menggunakan layanan telehealth meliputi:

  • Konsultasi online atau telekonsultasi
  • Hasil tes lab berupa rontgen, cek darah lengkap, MRI, radiologi, dan masih banyak lagi
  • Konseling atau terapi online
  • Manajemen resep
  • Perawatan kesehatan ringan namun mendesak seperti batuk, pilek, sakit kepala dan sakit perut
  • Pemeriksaan keluhan kesehatan yang berulang
  • Pemeriksaan masalah kulit
  • Persiapan melakukan prosedur operasi dan tidak lanjut pasca operasi. 

Apa Saja Manfaat Layanan Telehealth?

Selama pandemi, banyak pasien merasa khawatir ketika harus mengunjungi rumah sakit, baik untuk pemeriksaan kesehatan maupun melakukan kontrol rutin. Hadirnya telehealth tentu dapat menjadi solusi peningkatan layanan medis yang diberikan oleh sebuah rumah sakit atau layanan kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat telehealth yang perlu diketahui:

  • Sangat efektif dalam jenis perawatan kesehatan tertentu
  • Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pasien terhadap masalah kesehatan yang dialami serta patuh dalam penggunaan obat untuk mengurangi komplikasi.
  • Mempermudah dalam melakukan monitoring pasien dengan penyakit kronis
  • Perawatan lebih efisien karena layanan telehealth bisa diakses kapan saja dan dimana saja
  • Meningkatkan kepuasan pasien terhadap pengalaman menggunakan fasilitas kesehatan. 
  • Meminimalkan segala permasalahan yang timbul pada era new normal dimana pasien tidak perlu berada di tempat yang ramai ketika melakukan pemeriksaan langsung ke rumah sakit atau klinik. 

Dalam penerapan telehealth, tentu dibutuhkan tenaga ahli yang berpengalaman dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Mengingat segala hal yang berhubungan dengan penanganan kesehatan membutuhkan kehati-hatian guna meningkatkan layanan yang diberikan kepada pasien.

Untuk mendapatkan SDM profesional untuk mendukung layanan telehealth, rumah sakit atau instansi kesehatan bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa perusahaan outsourcing yang kredibel seperti Convergence.id.

Convergence.id merupakan perusahaan ousourcing yang bergerak pada jasa call center, customer service dan profesional IT untuk layanan telehealth di berbagai jenis fasilitas layanan kesehatan. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan bekerja sama dengan Convergence.id diantaranya oll in one solution dan flexible pricing. 

Demikianlah ulasan mengenai pengertian serta manfaat telehealth untuk rumah sakit atau instansi kesehatan lainnya. Jika berminat menggunakan jasa Concergence.id, segera hubungi nomor kontak yang tersedia di situs resminya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...