Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Customer Service
Article
August 27, 2022

Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Customer Service

Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Customer Service

Salah satu cara untuk meningkatkan bisnis adalah melakukan interaksi dalam meningkatkan pelayanan terhadap customer. Perusahaan yang memiliki hubungan baik dengan customer dapat menjaga dan menciptakan loyalitas terhadap customer.

Memberikan pelayanan melalui customer service yang berkualitas adalah hal yang utama sebab customer service akan membuat seorang customer puas dan senang untuk melakukan transaksi dengan perusahaan. Ketika seorang customer tertarik dengan perusahaan, maka customer tidak perlu ragu untuk menanyakan seputar informasi atau pembelian tanpa perlu ragu.

Perusahaan memberikan pelayanan kepada customer melalui customer service agent yang berkualitas. Customer service agent harus meningkatkan kualitas serta produktivitas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada customer.

Meningkatkan produktivitas dan kualitas customer service bermanfaat untuk menjaga interaksi dengan customer karena customer service menjadi garda terdepan jika terjadi permasalahan dalam pelayanan customer.

Perkuat Skills Dasar untuk menjadi Customer Service

Untuk menjadi seorang customer service yang profesional, harus memiliki skill yang sudah tertanam sejak dini. Skill untuk menjadi customer service harus diimbangi dengan pengetahuan umum terhadap cara berinteraksi dengan seorang customer. Skill apa saja yang harus dimiliki?

Kesabaran dan Penyesuaian

Customer service tidak mengetahui kondisi seorang customer saat melakukan panggilan. Customer service akan dihadapkan oleh berbagai macam kondisi saat terhubung dengan customer. Customer harus tetap melayani customer service sesuai dengan prosedur yang telah disediakan. Customer service harus mengetahui bagaimana cara untuk menangani customer dengan sabar dan beradaptasi terhadap suasana hati customer dengan profesional

Pengetahuan

Customer memiliki kepercayaan penuh terhadap customer service dalam menangani permasalahannya. Dalam menjawab berbagai macam pertanyaan dan keluhan, customer service harus mengetahui segala bentuk pengetahuan mengenai produk yang perusahaan miliki. Customer service harus merespon seluruh pertanyaan yang diajukan oleh customer dengan detail dan secara jujur.

Komunikasi

Customer akan mendapatkan informasi secara lengkap dan jelas ketika seorang customer service berhasil dalam menyampaikan informasi secara baik. Gunakan bahasa yang sederhana dan tidak berbelit serta tetap dalam keadaan cerita untuk membangun suasana positif saat berinteraksi dengan customer.

Manajemen waktu yang baik

Manajemen waktu menjadi salah satu aspek penting menjadi customer service. Customer service akan dihadapkan dengan waktu yang terbatas dalam melayani customer. Customer service harus menjelaskan secara detail mengenai permasalahan yang ada pada customer dengan tidak memakan waktu yang banyak.

Maksimalkan Interaksi dengan Customer 

Memiliki skill dalam menjadi customer service sangat diperlukan. Customer service masih diharuskan untuk melakukan interaksi dengan maksimal dengan customer untuk menjawab seluruh pertanyaan. 

Menjadi Pendengar yang baik

Customer service harus menjadi pendengar yang baik untuk mengetahui setiap permasalahan yang ada pada customer. Setiap keluhan yang disampaikan oleh customer harus didengarkan agar customer service dapat menjawab setiap permasalahan.

Respon Panggilan dengan cepat

Saat customer service mendapatkan telepon panggilan dari customer, pastikan customer service menjawab respon panggilan dengan cepat, tidak menghiraukan dan malas untuk mendengarkan keluhan customer. Customer service yang berkualitas akan mendengarkan setiap keluhan, permasalahan dengan cepat dan tanggap. Hal ini akan mempengaruhi tingkat customer experience dan kepuasan terhadap layanan customer service. 

Penuhi Kebutuhan Customer

Setelah merespon panggilan dan mendengarkan seluruh keluhan dan pertanyaan, customer service harus memenuhi dan menjawab kebutuhan customer. Fokus terhadap customer butuhkan untuk memberikan customer experience yang berkesan. 

Memberikan Kesempatan Customer Memberikan Feedback

Setelah customer service melakukan respon panggilan terhadap customer, ukur tingkat kepuasan yang didapatkan customer.

Berikan kesempatan kepada customer untuk memberikan penilaian terhadap performa customer service seperti tingkat kepuasan terhadap keramahan customer service, permasalahan atau pertanyaan customer telah terjawab atau tidak, penilaian kemudahan akses terhadap pelayanan, dan beberapa aspek yang lain. Kunjungi website kami melalui convergence.id atau  Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...