pekerjaan sementara
Article
April 13, 2023

Cara Memanfaatkan Waktu dalam Pekerjaan Sementara dengan Lebih Efektif

Performa kerja nantinya akan ditentukan oleh berbagai hal. Bukan hanya kemampuan dan pengalaman dalam bidang yang ditekuni, cara untuk memanfaatkan waktu di dalam pekerjaan sementara dengan baik menjadi salah satu aspek yang akan mempengaruhi produktivitas perusahaan. 

Ketika jam bekerja dimanfaatkan secara baik, otomatis produktivitas bisa meningkat dan efektif dalam menyelesaikan seluruh tanggung jawab pada hari itu. Itulah mengapa perlu mencari tahu cara untuk memanfaatkan waktu pada pekerjaan sementara dengan baik. 

1. Mulailah Berhenti untuk Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan ini merupakan awal dari manajemen waktu Anda yang berantakan. Jika setiap hari ada 3 pekerjaan yang harus diselesaikan sedangkan Anda menunda salah satunya, maka keesokannya akan ada 5 pekerjaan yang menanti Anda. 

Jumlah ini akan semakin banyak yang mana pada akhirnya Anda bisa benar-benar tertinggal dan gagal untuk menyelesaikan seluruhnya. Cara pemanfaatan waktu pekerjaan sementara dengan baik berawal dari Anda mulai berhenti untuk menunda pekerjaan. 

Jika bisa dilakukan pada hari itu, maka jangan pernah menundanya. Hal ini akan membuat Anda bisa menghindari stres di tempat kerja karena beban pekerjaan yang semakin menumpuk.

2. Meminta Bantuan dari Rekan Kerja

Jika Anda merasa beban pekerjaan kontrak terlalu banyak, jangan pernah ragu untuk meminta bantuan dari rekan kerja dengan catatan pekerjaan yang dilakukan teman Anda sudah selesai. Apalagi jika Anda adalah seorang team leader yang memiliki beberapa anggota. 

Belajar mendelegasikan pekerjaan kepada bawahan bisa membantu pengaturan waktu dalam pekerjaan dengan baik. Hal yang harus selalu diingat adalah pekerjaan ini nantinya akan tetap menjadi tanggung jawab personal walaupun dalam pengerjaannya dibantu oleh rekan sejawat.

Jadi, pastikan Anda sudah memeriksanya sebelum pekerjaan akan diserahkan kepada atasan maupun klien, agar nantinya tidak akan ada masalah di belakangnya. Jangan lupa memberikan ucapan terima kasih supaya relasi dan teman kantor tetap baik kepada Anda.

3. Membuat Daftar Prioritas

Tips agar rambu pekerjaan sementara Anda bisa berjalan dengan efektif adalah dengan melatih diri untuk bisa menentukan prioritas bisa dengan cara membuat sebuah daftar. Menentukan prioritas ini akan menjadi kemampuan dimana Anda bisa menentukan pekerjaan mana yang nantinya harus didahulukan dan mana yang dapat dinomorduakan. Adanya susunan skala prioritas ini bisa menjadi lebih mudah untuk Anda dalam menyelesaikan seluruh tanggung jawab pada setiap harinya tanpa ada yang tertinggal nantinya. 

Anda nantinya juga akan lebih fokus dengan satu pekerjaan untuk satu waktu yang berdasarkan urutannya, sehingga pikiran Anda juga tidak akan terbagi dan memiliki tekanan yang bisa mengakibatkan burn out.

4. Menentukan Target

Supaya nanti bisa untuk menyelesaikan lowongan pekerjaan sementara dengan tepat waktu dan menjadi produktif di tempat kerja, maka Anda wajib untuk menentukan target pencapaian dalam kurun waktu tertentu. Contohnya, pada kurun waktu 2 tahun, Anda sudah bisa diangkat sebagai karyawan tetap.

Memasang target yang seperti ini, tidak hanya memiliki tujuan supaya Anda bisa mengerjakan segalanya dengan tepat waktu. Namun, Anda juga harus memastikan akan terus bergerak maju dan bisa membuat progress di setiap waktunya.

5. Memiliki Komitmen untuk Melakukan Sesuatu

Anda harus memiliki sebuah komitmen yang mana ini  bersifat pribadi karena tidak ada yang bisa memaksa untuk berkomitmen dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut selain diri Anda sendiri. Mempunyai komitmen tinggi agar bisa menyelesaikan pekerjaan bisa memanfaatkan pekerjaan tersebut menjadi lebih efektif dan juga produktif. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...