Article
November 21, 2023

Langkah Antisipasi Pemulihan Bencana untuk Bencana Alam

Semakin majunya teknologi digital tentunya dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menyimpan data-data penting. Data perusahaan ini cukup krusial terutama bagi keberlangsungan perusahaan, maka dari itu salah satu prioritas yang dilakukan oleh perusahaan adalah menjaga keamanan data dengan baik, termasuk melakukan pemulihan bencana untuk bencana alam.

Keamanan Data saat terjadi Bencana Alam

Berbicara mengenai bencana alam, tentu tidak ada yang tahu dengan pasti bencana alam apa yang akan terjadi di masa mendatang yang kemungkinan besar bisa mengganggu keamanan data perusahaan. Bencana alam seperti gempa bumi, banjir, angin puting beliung, dan lainnya bisa datang kapan saja dan berpotensi merusak sistem yang menyimpan data penting perusahaan.

Jika demikian, apakah Anda yakin kalau perusahaan Anda sudah mengamankan data-data pentingnya dengan baik terutama dari bencana alam yang tidak bisa terprediksi? Lalu langkah antisipasi apa yang bisa perusahaan Anda lakukan? 

Untuk menjaga keamanan data penting perusahaan, terutama dalam jangka waktu yang panjang, Anda bisa menggunakan layanan DRC atau Disaster Recovery Center. DRC ini merupakan data center atau pusat data yang memang dirancang khusus untuk mengatasi permasalahan keamanan data akibat bencana alam.

Layanan DRC ini bertugas untuk membuat cadangan data perusahaan Anda. Jadi, saat perusahaan Anda menggunakan layanan DRC, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan data-data penting perusahaan saat terjadi bencana, karena DRC akan dengan cepat melakukan pencadangan (backup) dan pemulihan data (recovery) dari data center utama.

Penggunaan layanan Disaster Recovery Center ini merupakan langkah antisipasi terbaik untuk menjamin keamanan data penting perusahaan, apalagi jika digunakan untuk pemulihan bencana untuk bencana alam.

Manfaat DRC bagi Perusahaan 

Meskipun sudah menggunakan layanan DRC yang berkualitas, untuk mengantisipasi rusaknya sistem oleh bencana alam, Anda tetap harus mempertimbangkan lokasi DRC itu sendiri. Pastikan untuk memilih lokasi DRC yang secara teori aman dari kemungkinan terjadinya bencana alam.

Secara keseluruhan, DRC memberikan banyak manfaat penting bagi keberlangsungan perusahaan, beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah,

1. Memastikan bisnis tetap berjalan

Meskipun terjadi bencana alam yang membuat data atau aplikasi dalam sistem rusak atau bahkan hilang, perusahaan Anda masih tetap bisa berjalan karena layanan DRC sudah memiliki cadangan data dan bisa memulihkan data tersebut dengan cepat.

2. Mencegah hilangnya data penting perusahaan

Seperti yang telah disebutkan, bahwa DRC ini menyimpan cadangan atau salinan data secara terus menerus, sehingga Anda tidak perlu khawatir data dari sistem utama hilang, karena Anda sudah memiliki cadangannya.

3. Meningkatkan keamanan data perusahaan

DRC ini terpisah dari sistem utama, sehingga saat sistem utama terkena dampak bencana alam, Anda masih bisa mengandalkan DRC untuk menjaga keamanan data.

Pemulihan bencana untuk bencana alam perlu dilakukan dengan menggunakan DRC agar keamanan data terjaga dengan baik. Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan layanan DRC yang berkualitas dan terpercaya dari https://convergence.id/drc/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...