Article
November 29, 2023

Alasan Pentingnya Pemulihan Bencana untuk Bencana Industri Bagi Bisnis Perusahaan

Tahukah Anda, bahwa hadirnya sistem pemulihan bencana untuk bencana industri atau dikenal dengan nama disaster recovery center (DRC) umumnya menjadi bagian penting bagi bisnis perusahaan. Dikarenakan dengan adanya DRC, maka aset perusahaan bisa segera dikembalikan setelah bencana terjadi. Terlepas dari hal itu, Anda tentunya penasaran bukan mengenai apa alasan pentingnya penggunaan DRC bagi sebuah bisnis perusahaan? Oleh karena itulah, untuk menjawab rasa penasaran Anda mengenai pentingnya DRC bagi bisnis perusahaan, maka bisa simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut.

Mengapa DRC pemulihan data sangat penting bagi bisnis perusahaan?

Pada dasarnya, DRC berguna untuk mempermudah menangani masalah pemulihan terkait bencana yang terjadi pada bisnis. Lebih daripada itu, alasan yang melatarbelakangi bisnis perusahaan perlu menggunakan DRC antara lain yakni sebagai berikut.

1. Mampu menghindari bencana yang tak terduga

Salah satu alasan penting kenapa DRC sangat penting bagi bisnis perusahaan yakni karena memiliki manfaat penting yakni dapat menghindari bisnis dari bencana yang terjadi tidak terduga sebelumnya. Sebagai contoh yakni ketika terjadi bencana gempa bumi yang menjadikan data center bisnis rusak di tengah berjalannya kegiatan penting. Dengan menggunakan sistem DRC, maka hal inilah yang dapat menghindari dampak kerusakan pada kegiatan penting bisnis perusahaan. Sehingga hal inilah yang menjadikan kegiatan operasional bisnis perusahaan Anda nantinya bisa tetap berjalan dengan normal lantaran adanya server cadangan yang ada di dalam cloud. 

2. Dapat mencegah terjadinya resiko kehilangan data

Penggunaan sistem DRC / pemulihan bencana untuk bencana industri juga memiliki manfaat penting untuk mencegah terjadinya resiko kehilangan data penting yang bisnis perusahaan miliki. Pada saat nantinya terjadi masalah human error yang membuat data perusahaan hilang, maka sudah pasti hal ini akan menjadikan server mengalami downtime. Untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan tersebut, maka Anda bisa menggunakan sistem DRC tersebut. Dikarenakan sistem DRC ini dikatakan masih menyimpan data penting Anda di tempat pencadangan atau pihak ketiga yang memiliki data tersebut. Dengan demikian, maka masalah downtime bisa diminimalisir dengan baik.

3. Membantu menghindari risiko kehilangan pelanggan

Adapun alasan lain yang menjadikan bisnis perusahaan perlu menggunakan sistem DRC yakni karena berguna untuk menghindari risiko kehilangan pelanggan. Masalah ini bisa saja terjadi ketika pengunjung sedang mengakses website untuk melihat produk atau layanan yang ditawarkan, namun tiba – tiba saja terjadi downtime. Hal inilah yang akhirnya menjadikan pelanggan akan menjadi kehilangan kepercayaan atas layanan website Anda. Namun dengan menggunakan sistem DRC, maka Anda dapat menghindari risiko kehilangan pelanggan ini agar tidak mengalami dampak kerugian di dalamnya.

Itulah tadi ulasan menarik bagi Anda seputar alasan pentingnya penggunaan sistem pemulihan bencana untuk bencana industri / DRC yang sangat penting bagi bisnis perusahaan. Adapun salah satu sistem DRC yang bisa Anda gunakan untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan pada bisnis perusahaan yakni dari Convergence atau bisa langsung ke situs websitenya di https://convergence.id/drc/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...