Article
November 25, 2023

Pemulihan Bencana untuk Bencana Manusia

Sebelum melakukan pemulihan bencana untuk bencana Manusia, ada baiknya Anda bisa mengetahui langkahnya terlebih dulu untuk antisipasi termasuk dalam membentuk pemulihan bencana tersebut. Dengan begitu, pada saat mulai melangkah tidak akan merasa bingung apa yang akan dilakukan lebih dulu.

Cara Kerja Pemulihan Bencana

Bicara mengenai pemulihan bencana untuk bencana manusia, Anda harus mengetahui dengan detail bagaimana cara kerja pemulihan bencana hingga cara membentuk tim pemulihan bencana tersebut.. dimulai dari cara kerjanya seperti misalnya:

1. Pencegahan

Cara kerja yang pertama kali adalah pencegahan sebelum melakukan antisipasi, dengan tujuan untuk mengurangi kemungkinan bencana terkait teknologi yang masih bisa dihindari. Yaitu, dengan melakukan pencegahan seperti masalah jaringan, risiko keamanan dan juga kesalahan manusia. 

Ada alat dan teknik dan yang harus Anda siapkan terkait pencegahan ini, yaitu dengan menyiapkan perangkat lunak pengujian sistem yang bisa memeriksa secara otomatis semua file yang ada.

2. Antisipasi 

Antisipasi merupakan cara kedua yang dilakukan dengan memprediksi sebuah kondisi sebelum bencana datang dan apabila hal tersebut terjadi, yaitu dengan melakukan persiapan berdasarkan pengetahuan konsekuensi yang akan terjadi. Diantaranya merencanakan prosedur pemulihan bencana yang tepat, seperti pencadangan dan juga persiapan pemulihan data. 

3. Mitigasi

Salah satu cara kerja yang lainnya adalah mitigasi, yaitu sebuah tindakan bagaimana bisnis merespon setelah sebuah skenario bencana yang diprediksi. Strategi dari cara mitigasi sendiri memiliki tujuan untuk  mengurangi dampak negatif yang terjadi. Langkah-langkah dari mitigasi ini adalah:

  • Memperbarui dokumentasi
  • Melakukan pengujian pemulihan bencana secara rutin dan berkala
  • Mengidentifikasi prosedur operasi secara manual pada saat terjadi pemadaman
  • Mengkoordinasi strategi pemulihan bencana dengan beberapa personal terkait

Cara Membentuk Tim Pemulihan Bencana

Dengan melakukan cara dan tahapan di atas sebagai bentuk rencana pemulihan bencana untuk bencana manusia, maka Anda membutuhkan tim khusus yang harus dibentuk. Bagaimana cara membentuk tim tersebut agar bisa terkoordinasi dengan baik. Yaitu, dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Manajemen Krisis

Manajemen krisis adalah cara pertama dalam membentuk tim, yaitu dimana individu yang bertanggung jawab atas hal tersebut harus segera mengimplementasikan rencana pemulihan bencana tersebut. Dengan cara saling berkomunikasi dengan tim lain dan juga pelanggan.

2. Kelangsungan Bisnis

Diketahui bahwa manajer kelangsungan bisnis harus langsung memastikan rencana berjalan sesuai dengan hasil dan analisis dampak bisnis.

3. Pemulihan dan Penilaian Dampak

Untuk poin terakhir adalah pemulihan dan penilaian dampak, manajer penilaian dampak ini berasal dari ahli infrastruktur IT dan aplikasi bisnis. Dimana tim ini juga bertugas untuk mengelola tugas pemulihan bencana lainnya.

Itulah beberapa fakta yang merupakan informasi penting dalam melakukan pemulihan bencana untuk rencana manusia. Seperti yang dilakukan oleh https://convergence.id/drc/ saat itu terjadi sudah memiliki tim dan cara kerja sendiri yang bisa diandalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...