Article
November 19, 2023

Cara Tepat Pemulihan Bencana untuk Ransomware

Kemunculan Ransomware tentunya sangat mengganggu dunia bisnis, karena kemunculan ancaman siber ini menargetkan cadangan data yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi di seluruh dunia. Jika data perusahaan hilang atau mengalami kerusakan, bisa berakibat fatal bagi perusahaan itu sendiri. Maka dari itu, perlu dilakukan pemulihan bencana untuk Ransomware dengan cara yang tepat.

Apa Itu Ransomware?

Ransomware sendiri merupakan bentuk serangan pemerasan, dimana pelaku akan mengincar data milik perusahaan, mencari backup datanya, kemudian mengenkripsi atau menghapus data file tersebut, dan membuat perusahaan tidak bisa mengakses sistem.

Setelah itu, pelaku akan meminta perusahaan untuk membayar sejumlah uang tebusan yang biasanya dalam bentuk cryptocurrency, uang tersebut akan ditukar dengan kunci deskripsi atau bisa juga dalam bentuk jaminan agar data sensitif milik perusahaan tidak dirilis di internet publik dan dark web.

Serangan Ransomware ini tentunya memberikan dampak yang tidak baik bagi perusahaan, jika perusahaan Anda tidak berhasil melindungi data penting dari Ransomware, maka perusahaan Anda akan sulit untuk mengakses data, terjadi gangguan operasi bisnis, mengalami kerugian finansial, berpotensi terhadap pencurian kekayaan intelektual, menurunnya kepercayaan pelanggan, reputasi perusahaan yang tercemar, dan perlu menanggung biaya hukum.

Tentunya Anda tidak ingin semua dampak tersebut terjadi pada perusahaan Anda bukan? Maka dari itu, perlu mengatasinya dengan melakukan pemulihan bencana untuk Ransomware dengan cara yang tepat. Lalu bagaimana caranya? Apakah Anda perlu membayar uang tebusan?

Pemulihan Data Ransomware 

Jika Anda mengalami hal tersebut, membayar uang tebusan bukanlah solusi yang tepat, karena hal tersebut tidak menjamin pelaku akan mengirimkan kunci deskripsi yang bisa membuka data perusahaan Anda.

Solusi paling tepat adalah melakukan backup dan recovery menggunakan sistem DRC (Disaster Recovery Center). DRC ini merupakan pusat pemulihan bencana, dimana sistem bisa mencadangkan (backup) dan memulihkan (recovery) data Anda dari sistem.

Dengan begitu, saat terjadi bencana yang disebabkan oleh serangan Ransomware, Anda bisa dengan cepat memulihkan data perusahaan, sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian dan tidak perlu membayar uang tebusan yang disyaratkan oleh pelaku.

Setiap perusahaan perlu menggunakan sistem DRC ini sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu data perusahaan mendapat serangan Ransomware yang membuat data menjadi hilang atau rusak.

Selain itu, DRC juga berguna bagi perusahaan karena beberapa hal lainnya, diantaranya adalah

  1. Memastikan bisnis tetap berjalan dengan baik dan menghindarkan perusahaan dari kerugian.
  2. Mencegah hilangnya data perusahaan yang krusial.
  3. Meningkatkan keamanan data perusahaan.
  4. Meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Langkah antisipasi pemulihan bencana untuk Ransomware memang perlu dilakukan dengan tepat dan sesuai dengan prosedur. Untuk mendapatkan layanan DRC yang berkualitas dan terpercaya gunakan saja https://convergence.id/drc/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...