Pemulihan Bisnis
Article
December 7, 2023

Perang Penting DRC dalam Proses Pemulihan Bisnis

Rencana Pemulihan Bisnis harus dimiliki oleh setiap perusahaan karena kita tidak tahu apa yang akan atau bisa terjadi di masa depan. Rencana cadangan ini dapat membantu disaat genting. Bisnis Anda rentan akan kerugian saat ada perubahan atau masalah yang datang tanpa Anda ketahui. Jadi, memiliki rencana seperti ini akan menghindarkan Anda dari masalah besar, termasuk kehilangan pelanggan atau bahkan kebangkrutan.

Layanan atau alat yang paling tepat untuk keperluan perlindungan data dan aset bisnis adalah Disaster Recovery Center atau DRC. Lalu, apakah DRC itu? Apa sajakah keuntungan yang didapat pemilik bisnis dari layanan ini? Artikel ini akan membahas lebih rinci tentang hal-hal tersebut. 

Apakah Layanan Disaster Recovery Center Itu?

Disaster Recovery Center adalah sebuah tempat dimana sistem, data dan aset dari sebuah perusahaan disimpan. Hal ini dilakukan untuk kebutuhan pemulihan saat krisis. Oleh karena itu, layanan ini juga disebut sebagai layanan Pemulihan Bencana yang Terukur. 

Dengan adanya pusat pemulihan seperti ini, maka data dan aset penting dari sebuah bisnis dapat terselamatkan, bila terjadi bencana yang menimpa perushaaan. Misalnya, ada bencana alam yang melanda daerah perusahaan tersebut beroperasi. Gedung dimana perusahaan tersebut digunakan untuk menyimpan data dan aset bisnis hancur. Tanpa adanya DRC, maka data dan aset tersebut akan hilang. DRC berguna sebagai cadangan bila hal seperti itu terjadi.

Salah satu contoh penggunaan layanan DRC untuk bisnis sudah diterapkan di bank-bank di Indonesia. Bank Indonesia menyarankan agar setiap bank yang beroperasi di negara kita agar memiliki unit DRC sebagai salah satu Infrastruktur Pemulihan Bencana mereka. Hal ini diperlukan agar data dari klien dapat terlindungi bila ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Selain itu, ada lagi persyaratan yang harus dipatuhi oleh perusahaan di Indonesia berkaitan dengan DRC ini. Salah satunya adalah unit DRC harus berjarak minimal 35 kilometer dari pusat penyimpanan data persuahaan tersebut. Hal ini diwajibkan untuk perusahaan yang memiliki jangkauan pemasaran luas. Jarak ini dirasa sangat aman saat terjadi bencana pada daerah pusat penyimpanan data. Selain itu, DRC dengan jarak aman akan memudahkan Proses Bisnis Utama dalam Pemulihan Bencana.

Tipe-Tipe Pusat Pemulihan Bencana

Ada beberapa jenis DRC yang bisa Anda gunakan sebagai cadangan dan perlindungan data bisnis. Berikut beberapa diantaranya:

  • Cold DRC – tipe DRC ini memiliki sistem yang sama dengan pusat data. Data akan disimpan dalam pusat penyimpanan sebelum fasilitas DRC dapat digunakan. Lalu, proses pemindahan data dari pusat data ke pusat penyimpanan di fasilitas DRC dilakukan secara manual. Tipe ini terbilang sangat aman, karena jauh dari jangkauan serangan cyber. Namun, dalam hal efisiensi, Cold DRC tidak cocok digunakan untuk Pemulihan Bisnis di masa modern saat ini, dimana perpindahan data dan perubahan terjadi sangat cepat.
  • Warm DRC – tipe ini sudah dilengkapi dengan link komunikasi dan aplikasi untuk mengatur data yang tersimpan. Link komunikasi dapat digunakan untuk menghubungkan pusat data dengan fasilitas DRC. Namun, untuk perpindahan data, tipe ini masih membutuhkan metode manual. Hanya saja presentasenya lebih kecil dibandingkan dengan tipe Cold DRC.
  • Hot DRC – tipe ini menggunakan sistem terintegrasi dengan pusat data. Jadi, koneksi dan perpindahan data saat diperlukan berlangsung sangat cepat. Selain itu, proses backup data juga terjadi secara real-time. Artinya, bisnis dapat terus berjalan meskipun terjadi bencana pada pusat data. Hal ini mempermudah proses Pemulihan Bencana untuk Aplikasi Kritis.

Pentingnya Menggunakan DRC untuk Bisnis

Mengapa setiap perusahaan saat ini harus memiliki DRC? Bahkan, Anda sebagai pemilik bisnis juga harus mengadakan sesi Pelatihan Pemulihan Bencana. Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa DRC menjadi bagian terpenting untuk bisnis modern. 

  • Perlindungan Data Konsumen

Salah satu fungsi dari DRC adalah untuk melindungi data konsumen Anda. Bila data ini hilang, maka konsumen Anda pasti akan meninggalkan bisnis Anda. Yang lebih buruk lagi, ada kalanya konsumen akan menuntut perusahaan Anda. 

  • Pemulihan Data Lebih Mudah

Karena sudah ada cadangan di fasilitas DRC, maka Anda tidak perlu khawatir bila terjadi masalah pada bisnis Anda. Aset dan informasi penting perusahaan, termasuk data konsumen sudah memiliki cadangan yang mudah untuk dipulihkan. Hal ini sangat berguna dalam hal Pemulihan Bencana setelah Serangan Siber. Serangan yang bisa menghapus bahkan mencuri data bisnis Anda dapat melumpuhkan perushaaan Anda. Dengan adanya DRC, maka data yang hilang tersebut dapat dipulihkan dengan lebih mudah.

  • Meminimalisir Kerugian Finansial dan Non-Finansial

Tidak dapat dipungkiri bila bencana yang terjadi pada daerah pusat data dapat menyebabkan kerugian finansial dan non-finansial. Meskipun, Anda sebagai pemilik bisnis sudah melakukan langkah pencegahan, efek tersebut masih tetap ada saat bencana terjadi. Sekarang, coba bayangkan kerugian yang Anda alami bila Anda tidak memiliki cadangan data tersebut. Pasti kerugian yang diderita akibat tidak adanya fasilitas DRC jauh lebih besar. Karena itu, DRC akan meminimalisir kerugian tersebut.

  • Sumber Informasi dalam Proses Audit

Saat perusahaan Anda sedang diaudit, Anda wajib menyediakan informasi detail tentang perusahaan Anda. Ada kalanya, informasi yang dibutuhkan tidak ditemukan karena ada masalah pada pusat data. Disinilah Peran Pemulihan Bencana dalam Audit dan Compliance sangat membantu.

Anda tidak perlu repot-repot mencari informasi yang dibutuhkan karena semuanya sudah ada dan disimpan dalam fasilitas DRC. Anda hanya perlu mengaksesnya dan mendapatkan informasi tersebut. Hal itu akan memperlancar proses audit perusahaan Anda.

  • Mencegah Masalah yang Terjadi Akibat Human Error

Banyak masalah yang menyangkut informasi dan data dari sebuah perusahaan datang dari kesalahan yang dilakukan oleh pengolah data tersebut, alias manusia. Dengan adanya DRC, maka masalah tersebut dapat dihindari. Misalnya, ada data yang hilang karena ketidak sengajaan, maka Anda hanya perlu mengakses DRC untuk mendapatkan data yang hilang itu kembali.

Tentu saja, Anda juga perlu mengadakan pelatihan lebih banyak lagi untuk tim yang menangani data dan informasi di perusahaan Anda. Seperti yang kita semua tahu, mencegah lebih baik daripada mengobati masalah yang muncul akibat kehilangan data di perusahaan Anda.

Kesimpulan

Dengan meningkatnya peran data digital dalam dunia bisnis saat ini, maka diperlukan DRC yang memadai. Data menjadi jantung dari perusahaan modern. Bila Anda tidak melindunginya dengan DRC, seperti Pemulihan Bencana untuk Pengguna Cloud, maka ada resiko besar bila perusahaan Anda akan mengalami masalah besar di kemudian hari.

Oleh karena itu, dibutuhkan penyedia layanan DRC yang dapat diandalkan. Salah satunya adalah Convergence. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang layanan DRC mereka melalui link ini, https://convergence.id/drc/. Dengan layanan ini, Anda akan memiliki rencana Pemulihan Bisnis yang diperlukan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...