Pemulihan Data
Article
December 9, 2023

Keuntungan Penggunaan DRC untuk Pemulihan Data Bisnis Anda

Layanan Pemulihan Data sangat dibutuhkan saat ini, dimana data menjadi inti dari bisnis di era modern. Hampir semua aspek dalam bisnis telah terdigitalisasi. Data menjadi bagian penting dari sistem tersebut dimana di dalamnya terdapat informasi penting tentang perusahaan maupun konsumen atau mitra bisnis. Bila tidak ada sistem yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan data tersebut saat terjadi masalah, perusahaan Anda akan merugi, bangkrut, dan hilang dari persaingan bisnis saat ini.

Di sinilah, peran Disaster Recovery Center (DRC) sangat dibutuhkan. Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan ini. Namun, untuk hasil yang lebih baik dan keamanan data Anda, maka Anda dapat menggunakan layanan dari Convergence. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan dari perusahaan ini, Anda dapat mengunjungi link berikut ini, https://convergence.id/drc/. Lalu, apa saja keuntungan yang bisa Anda dapat dari layanan pemulihan data ini?

Pemulihan Bencana karena Ransomware

Ransomware menjadi salah satu masalah terbesar untuk bisnis saat ini. Saat sistem data perusahaan Anda terjangkit penyakit digital ini, maka malware ini akan menahan file penting Anda. Ada beberapa kasus dimana malware ini bahkan mengambil dan menghapus data penting Anda, bila Anda tidak menuruti ancaman dari pengirim ransomware tersebut. 

Dengan adanya DRC, maka Anda tidak perlu khawatir. Tak perlu tunduk dengan tuntutan dari pengirim malware ini. Meskipun mereka menghapus data Anda, Anda masih memiliki cadangan di fasilitas DRC. Selain itu, Convergence juga memiliki keamanan maksimum, yang membuat Pemulihan Bencana untuk Ransomware berjalan lebih mudah.

Pemulihan Bencana karena Bencana Alam

Keuntungan lainnya adalah Pemulihan Bencana untuk Bencana Alam. Bencana alam dapat datang tanpa diduga. Lebih buruk lagi, bila bencana alam ini menimpa daerah tempat dimana pusat data perusahaan Anda berada. Dan, bila pusat data tersebut rusak atau hancur, maka Anda tidak akan dapat mengakses data perusahaan Anda. DRC dapat menjadi solusi untuk hal ini. Convergence memiliki dua lokasi, yaitu Jakarta untuk Disaster Recovery Plan dan Yogyakarta untuk Disaster Recovery Center. Jadi, Anda memiliki cadangan aman untuk data Anda.

Pemulihan Bencana Akibat Kesalahan Teknis

Kesalahan teknis juga dapat menjadi asal dari bencana yang menimpa data perusahaan Anda. Lebih buruknya, masalah teknis ini dapat muncul tanpa terdeteksi. Anda baru mengetahuinya saat masalah sudah menjadi sangat parah. Disinilah layanan DRC sangat membantu dalam proses Pemulihan Bencana untuk Bencana Teknis. 

Convergence menyediakan layanan yang selalu ter-update. Adanya fitur Continuous Data Protection, membuat data yang tersimpan di fasilitas DRC akan selalu terbaharui. Dan, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data dari pusat data. Semuanya sudah ada di fasilitas DRC.

Pemulihan Bencana Akibat Kesalahan Manusia atau Human Error

Tenaga ahli yang mengatur dan memonitor data perusahaan diperlukan agar data dapat sesuai dan terintegrasi dengan sistem yang Anda gunakan dalam perusahaan. Namun, ada saat dimana manusia yang berada dibalik pusat kendali data dari perusahaan Anda menjadi penyebab masalah. Dan, hal ini terjadi karena ketidak sengajaan. Meskipun begitu, ketidak sengajaan ini dapat menyebabkan kerugian besar untuk perusahaan Anda. Data bisa hilang atau lebih buruk lagi, data bocor dan dilihat oleh publik atau bahkan dicuri oleh kompetitor.

Bila hal tersebut terjadi, maka Anda membutuhkan data cadangan yang dapat sesegera mungkin menyelesaikan masalah karena human error ini. Di sinilah Convergence menjadi solusi yang dibutuhkan. Layanan Pemulihan Bencana untuk Bencana Manusia akan memastikan bila data yang hilang atau rusak akibat human error dapat dipulihkan. Dan, perusahaan Anda pun akan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Hukum Tentang DRC untuk Perusahaan

Bila melihat beberapa keuntungan dari DRC di atas untuk kepentingan Pemulihan Data, maka sudah dipastikan bila Anda harus menggunakannya. Selain itu, DRC juga diatur dalam hukum dan undang-undang, yang menjadikan layanan ini patut digunakan karena sudah didasari oleh hukum di Indonesia. Beberapa regulasi yang mengatur DRC di Indonesia antara lain:

Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 pada pasal 25 ayat 2 yang mengatur tentang lokasi dari DRC yang wajib ada di Indonesia. 

Peraturan OJK No 4/POJK.05/2021 yang mengatur penerapan Manajemen Krisis dalam Pemulihan Bencana untuk Lembaga Jasa Keuangan Non Bank.

Peraturan Presiden 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada pasal 40 Ayat (1) tentang keamanan SPBE.

Pertimbangan Untuk Menggunakan Layanan DRC untuk Pemulihan Data

Apakah Anda masih ragu untuk menggunakan layanan fasilitas DRC? Bila keuntungan yang kita jelaskan di atas dan juga aturan pemerintah dan hukum belum meyakinkan Anda, berikut ini ada tiga hal yang bisa Anda gunakan sebagai dasar untuk menggunakan layanan ini.

Tanggung Jawab

Sebagai pemilik perusahaan, Anda juga memiliki tanggung jawab atas data yang konsumen berikan pada Anda saat menggunakan layanan Anda. Karena itu, dibutuhkan perlindungan maksimal untuk data Anda dengan menggunakan layanan DRC.

Pencegahan

Anggap saja bila layanan DRC sebagai bagian dari pencegahan bencana yang terjadi akibat berbagai faktor, mulai dari faktor teknis hingga Pemulihan Bencana untuk Bencana Lingkungan. Bila masalah tersebut terjadi, maka Anda dapat mencegah masalah yang lebih besar menimpa perusahaan Anda.

Konsumen

Pertimbangan ketiga adalah konsumen Anda. Anda ingin konsumen Anda tetap merasa puas dengan layanan perusahaan Anda, bukan? Oleh karena itu, layanan DRC akan membantu Anda untuk menciptakan layanan yang memuaskan untuk konsumen Anda.

Selain ketiga hal tersebut, Anda juga mungkin perlu mempertimbangkan Pemulihan Bencana untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Anda mungkin menyimpan data dari pekerja Anda, seperti data gaji mereka, pensiun, jaminan, asuransi, dan lain sebagainya. Bila data ini hilang akibat bencana yang terjadi pada pusat data perusahaan, maka sudah pasti hal ini akan menjadi masalah besar untuk mereka. Kesehatan dan keselamatan kerja mereka akan terancam gara-gara masalah data hilang seperti ini. Karena itu, layanan DRC akan melindungi data-data penting tersebut. Sehingga, jaminan untuk kenyamanan dan keselamatan bekerja dari pegawai Anda tidak akan hilang.  Hal inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan modern saat ini.

Penutup

Bisa disimpulkan, layanan Disaster Recovery Center menjadi sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan Anda. Convergence menjadi contoh bagaimana layanan ini dapat menjadi solutsi untuk berbagai masalah di perusahaan Anda, mulai dari Pemulihan Bencana untuk Bencana Industri hingga human error. Lalu, perusahaan Anda pun akan dapat bersaing dan bahkan memenangkan kompetisi dengan kompetitor di industri yang Anda geluti.

Jadi, tidak usah ragu lagi untuk menggunakan layanan DRC. Bila Anda memiliki perusahaan dan ingin membuat perusahaan Anda menjadi lebih baik lagi, layanan ini sangat Anda butuhkan. Gunakan layanan dari penyedia layanan terbaik, dan dapatkan semua keuntungan untuk kepentingan Pemulihan Data Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...