manajemen reputasi online
Article
March 13, 2023

Penting! Strategi Manajemen Reputasi Online untuk Merawat Nama Baik Perusahaan

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, semua lembaga, organisasi, instansi, bahkan individu mempunyai reputasi online. Oleh karena itu, manajemen reputasi online penting untuk dilakukan oleh semua orang ataupun perusahaan.

Reputasi atau nama baik ini akan berdampak pada kepercayaan, kredibilitas, dan pastinya penjualan atau kemajuan dari perusahaan. Kita bisa dengan mudah cek reputasi online dengan cara mengetikkan nama kita atau nama lembaga di Google.

Di halaman hasil pencarian itu, akan muncul data, berita, dan juga apa yang pengguna internet bicarakan tentang Anda. Apabila nama Anda tidak muncul sama sekali, dapat dikatakan bahwa Anda tidak mempunyai reputasi online.

Mengapa Manajemen Reputasi Online itu Penting?

Kurangnya manajemen reputasi online dapat merugikan basis pelanggan Anda. Sebab 81 persen pembeli akan melakukan riset online sebelum akhirnya melakukan pembelian. Cara Anda terlihat online merupakan faktor penentu dalam keputusan akhir mereka.

Reputasi online Anda benar-benar menjadi pemeriksaan kualitas bisnis dengan 88 persen konsumen membaca review atau ulasan untuk menentukan apakah bisnis Anda cukup bisa diandalkan. Sebanyak 85 persen konsumen menganggap ulasan online sebagai rekomendasi pribadi. Jadi, sesuatu yang baik jika ulasan terkait bisnis Anda sempurna.

Strategi Manajemen Reputasi Online

Strategi manajemen reputasi online ini tidak jauh berbeda dengan strategi pemasaran online, yakni optimalisasi website, media sosial, dan berbagai perangkat digital yang tersedia untuk membangun citra lembaga ataupun brand bisnis.

Hanya saja, manajemen reputasi online ini hanya berfokus pada pemeliharaan nama baik atau citra perusahaan. Media monitoring memiliki peran lebih karena pihak marketer harus memantau pemberitaan ataupun perbincangan terkait suatu brand.

Berikut ini adalah beberapa strategi manajemen reputasi online yang perlu dipahami, antara lain:

  1. Selalu Pantau Keyword yang Berhubungan dengan Brand

Keyword atau kata kunci adalah elemen yang cukup penting supaya brand Anda bisa dengan mudah dicari di mesin pencarian. Oleh karena itu, di media sosial yang berperan sebagai media utama untuk manajemen reputasi online, Anda harus memonitor keyword dan juga tagar yang berhubungan dengan brand, produk, atau kompetitor.

  1. Respons Cepat

Komentar atau ulasan negatif di salah satu akun media sosial bisnis Anda bisa dengan cepat dibaca oleh ribuan konsumen. Supaya tidak menyebabkan rumor yang negatif, maka pastikan perusahaan Anda mempunyai karyawan yang bertugas khusus untuk menanggapi ulasan yang ada di media sosial.

Selain bertujuan untuk meredam dampak negatif yang mungkin saja muncul, sikap tersebut juga menunjukkan bahwa perusahaan Anda mempunyai citra yang cepat dan tanggap.

  1. Usahakan Jangan Hapus Komentar di Akun Media Sosial

Banyak perusahaan yang memilih untuk menghapus komentar buruk yang ada di media sosial mereka. Karena mereka beranggapan bahwa konsumen lain tidak boleh melihat komentar tersebut. Akan tetapi, hal itu justru menjadi ide yang buruk.

Menghapus komentar atau kritik yang buruk di akun media sosial hanya akan menunjukkan bahwa perusahaan tidak senang memperoleh kritikan dan berusaha untuk membungkamnya. Sebaliknya, Anda bisa membalas komentar tersebut dengan profesional dan bijaksana.

Perlu diingat, sebaiknya cukup menghapus komentar yang benar-benar mengganggu saja. Seperti halnya komentar yang mengandung unsur SARA atau verbal bullying.

  1. Atur Konten di Media Sosial

Untuk bisa menjangkau konsumen dari berbagai kalangan, Anda dapat menggunakan banyak media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Akan tetapi, jangan hanya mempunyai banyak media sosial tanpa adanya konten yang kontinu.

Supaya Anda mempunyai reputasi yang baik, maka kelola media sosial Anda secara rutin dengan memasukkan informasi perusahaan yang bisa dihubungi dan isi dengan berbagai konten yang terus diperbaharui.

  1. Buat Konten yang Berkualitas

Cara alami supaya manajemen reputasi online brand Anda semakin baik yaitu dengan membuat konten yang berkualitas. Bila brand Anda sudah mempunyai website, maka cobalah untuk menambahkan kolom blog yang berisi tentang artikel menarik seputar bidang bisnis Anda.

Jangan lupa juga untuk memasukkan keyword yang relevan supaya bisa menaikkan posisi brand Anda di mesin pencarian. Dengan rutin membuat konten berkualitas, maka dijamin brand Anda akan mempunyai reputasi online yang baik.

Demikian penjelasan mengenai strategi manajemen reputasi online untuk merawat nama baik perusahaan atau lembaga terkait. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...