Article
June 13, 2023

Penting! Ini Dia Peran Business Process Outsourcing

Kemajuan teknologi memberikan kemudahan dalam segala hal, salah satunya pada teknik pemasaran. Kini teknik pemasaran bisa dilakukan dengan teknologi digital. Digital marketing bahkan dinilai sangat efektif dan efisien.

Meski demikian, kemajuan teknologi tidak akan berarti jika tidak diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusianya. Nah dalam hal ini, peran Business Process Outsourcing (BPO) memiliki andil penting dalam pemasaran digital.

Apa Itu BPO?

BPO berarti mengontrak kegiatan dan fungsi bisnis non-primer kepada pihak ketiga. BPO dikenal sebagai layanan yang memungkinkan teknologi informasi atau ITES. Teknologi ini sangat membantu perusahaan untuk memaksimalkan pendapatan bisnis dan mengurangi biaya.

Business Process Outsourcing adalah praktik bisnis dimana satu organisasi mempekerjakan perusahaan lain untuk melakukan tugas yang diperlukan. Nah bisasanya layanan ini meliputi penggajian, sumber daya manusia, akuntansi, hingga hubungan pelanggan atau call center.

Digital Marketing

Digital marketing ialah pemasaran produk atau layanan menggunakan teknologi internet, baik melalui media sosial, telepon seluler, serta media digital lainnya. Istilah ini umum digunakan di dunia bisnis akhir-akhir ini.

Digital marketing dapat mengumpulkan dan menganalisis data dari perilaku pelanggan yang berbeda. Analisis inilah yang memungkinkan mereka untuk memfasilitasi konten dan iklan yang lebih personifikasi kearah audiens. Dengan demikian akan muncul keterlibatan dan hasil yang lebih baik.

Peran Penting BPO Dalam Pemasaran Digital

BPO tidak berada di bawah perusahaan, melainkan sebagai mitra yang sejajar. Jenis pekerjaan dan segala sesuatunya telah tertuang dalam kontrak kerjasama. Lalu apa saja peran penting BPO dalam digital marketing?

Meningkatkan penjualan

Tujuan bisnis perusahaan tentu menghasilkan laba. Keuntungan diperoleh dari penjualan. Nah dengan adanya layanan BPO, perusahaan bisa memaksimalkan pendapatan karena teknik digital marketing yang digunakan. Apalagi BPO company sudah pasti berpengalaman dalam hal ini.

BPO memberikan layanan dengan sistem IT yang terbarukan. Layanan ini memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mengembangkan promosi dan iklan lebih luas sehingga mampu meningkatkan penjualan produk/layanan.

Jangkauan luas dan tertarget

Peran Business Process Outsourcing memberikan layanan ahli teknologi pemasaran yang cepat dan tepat. Teknologi ini mampu menghemat biaya dengan jangkauan pasar sesuai target. Bahkan BPO membantu pekerjaan menjadi lebih kreatif.

Misalnya jika perusahaan ingin memperluas target pasar, BPO mampu memberikan layanan digital marketing melalui desain gambar atau situs. Selain desain, adapun pengenalan melalui media online berupa penulisan konten kreatif dan kekinian.

Ekspansi global

BPO membantu dalam meningkatkan ekspansi global. Hal ini terbukti jika perusahaan memutuskan untuk memasuki pasar luar negeri, maka BPO bisa membantu aktivitas yang dibutuhkan.

Aktivitas tersebut misalnya dalam hal pengetahuan pasar, keahlian hukum nasional, atau kefasikan dalam bahasa asing. Keahlian inilah yang sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan digital marketing.

Efisiensi yang tinggi

Salah satu alasan penting perusahaan membutuhkan business process outsourcing yaitu untuk mengurangi biaya. Perusahaan tidak perlu lagi membeli peralatan IT dan mempekerjakan lebih banyak karyawan lagi.

Dengan demikian, BPO bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan biaya overhead. Biaya ini ialah biaya bisnis yang tidak bisa dilacak ke unit biaya atau aktivitas bisnis tertentu.

Perusahaan BPO telah berpengalaman di berbagai bidang dan berkinerja di level tertinggi. Mereka telah mengadopsi praktik teknologi terbaru dan terbaik. Hal inilah yang menghasilkan efisiensi dan produktivitas yang lebih tinggi bagi perusahaan.

Bidang Layanan BPO

Perlu dipahami bahwa layanan utama BPO ada dua bidang, yaitu operasi back office dan front office. Nah terkait dengan pemasaran digital tentu termasuk ke dalam operasi front office. Disini BPO company mengacu pada aktivitas bisnis terkait komunikasi, periklanan, pengiriman, hingga penjualan produk.

Demikian penjelasan terkait peran business process outsourcing dalam pemasaran digital. Tunggu apalagi! Segera optimalkan teknik pemasaran produk Anda dengan company BPO Convergence. BPO ini telah terintegrasi sebagai penyelenggara operasi jasa di Indonesia.

Terdapat berbagai solusi dan layanan end-to-end untuk memberdayakan perusahaan Anda. Untuk informasi selengkapnya dapat mengunjungi convergence.id. Dengan BPO company ini, Anda bisa membawa bisnis Anda ke pasar global dengan platform teknologi Omni-Channel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...