Article
November 11, 2023

Apa itu Proses Bisnis Utama dalam Pemulihan Bencana

Apa sih yang dimaksud dengan proses bisnis utama dalam pemulihan bencana? Sebenarnya pemulihan bencana merupakan salah satu proses antisipasi dan juga penanganan bencana yang berkesinambungan dengan teknologi oleh organisasi. Tidak ada yang pernah menduga bahwa, sistem IT di perusahaan bisa tiba-tiba mati karena pemadaman listrik, bencana alam, pun juga masalah keamanan. Informasi lengkapnya, yuk simak ulasan berikut!

Pentingnya Proses Pemulihan Bencana

Kebijakan perusahaan untuk pulih dengan cepat pasca terjadinya keadaan yang tak terduga mencakup prosedur yang tidak semua perusahaan bisa menanganinya sendiri. Adapun kejadian-kejadian tak terduga yang berujung pada proses bisnis utama dalam pemulihan bencana antara lain adalah ketidakcocokan sistem, gempa bumi, kesalahan operator, akses dari pihak ketiga, dan kegagalan teknologi.

Beberapa bencana tersebut tentu mengganggu berlangsungnya operasi bisnis dan sudah tentu akan menyebabkan masalah pada layanan pelanggan. Bahkan, bencana tersebut bisa sampai mengakibatkan pada hilangnya pendapatan perusahaan.

Maka dari itu, bisnis pemulihan bencana seperti https://convergence.id/drc/ sangat membantu organisasi untuk segera merespons kejadian yang mengganggu dan memberikan manfaat utama. Dengan adanya proses pemulihan bencana, roda perekonomian bisnis akan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Berikut merupakan manfaat penggunaan layanan ini!

  1. Keamanan Sistem Meningkat

Manfaat pertama dari penggunaan layanan ini adalah meningkatkan keamanan sistem. Bagaimana bisa? Melalui layaya ini, integrasi proses perlindungan, pencadangan, serta pemulihan data ke dalam rencana pemulihan bencana akan membatasi dampak malware, ransomware, pun juga risiko keamanan lain dalam bisnis. Seperti misal pencadangan yang dilakukan di cloud memiliki layanan keamanan bawaan yang berfungsi menjadi pembatas aktivitas mencurigakan.

  1. Kelangsungan Bisnis dapat Dipastikan

Pada saat tiba-tiba terjadi bencana, tentu kerugian besar akan terjadi pada semua lini bisnis. Tanpa disadari, hal ini akan mengganggu operasi bisnis yang seharusnya dapat berjalan dengan normal, sebab produktivitas tim berkurang akibat keterbatasan alat pendukung pekerjaan. Keberadaan rencana pemulihan bencana akan meminta mulai ulang secepat mungkin sehingga operasi akan berlanjut sesuai jadwalnya.

  1. Mengurangi Biaya Pemulihan

Rencana  Pemulihan Bisnis yang tangguh akan menghindarkan perusahaan Anda dari kerugian yang cukup besar, bahkan bisa terhindar dari biaya kerugian sama sekali. Bagaimana bisa? Rencana pemulihan bencana yang sigap akan segera memulihkan sistem yang sempat mati tiba-tiba usai kejadian. Misalnya Anda menggunakan cloud, sistem ini dapat dikelola, dipantau, dan dipelihara pada waktu bisnis beroperasi seperti biasanya.

Demikian informasi perihal proses bisnis utama dalam pemulihan bencana dan tiga manfaat penggunaannya. Selain itu, penggunaan bisnis pemulihan bencana https://convergence.id/drc/  juga berdampak pada peningkatan retensi pelanggan. Hal ini terjadi karena karyawan telah terlatih untuk menanggapi pertanyaan pelanggan secara cepat pasca terjadinya bencana. Dengan demikian, maka tingkat kepercayaan pelanggan akan meningkat, dan mereka akan paham bahwa bisnis ini akan siap dalam kondisi apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...