Article
September 7, 2023

Inilah Tahapan Proses Pemulihan Bencana

Proses pemulihan bencana sangat dibutuhkan agar kondisi lingkungan tetap stabil dan aktivitas berjalan normal. Pemulihan bencana ini adalah suatu proses penanganan dan antisipasi bencana dengan memanfaatkan teknologi. Pemulihan bencana ini biasanya meliputi prosedur dan arahan terhadap kebijakan untuk bisa pulih dan kembali normal dari bencana. 

Alasan Mengapa Pemulihan Bencana Penting 

Ada beberapa hal yang termasuk dalam bencana yaitu seperti bencana alam, ketidaksesuaian sistem, kesalahan manusia, dan kegagalan teknologi. Saat Anda menghadapi bencana, Anda bisa menghubungi disaster recovery center untuk mendapatkan saran mengenai langkah-langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Pemulihan bencana ini sangat penting dikarenakan ada beberapa alasan yang mendasarinya seperti berikut;

1. Kelangsungan Bisnis 

Saat terjadinya bencana, maka akan ada banyak kerugian yang ditimbulkan untuk aspek bisnis. Jika bencana dibiarkan, maka ini akan membutuhkan banyak biaya sehingga pastinya akan mengganggu kelangsungan bisnis. Hal ini mengganggu produktivitas bisnis dan tentunya menghambat perekonomian masyarakat dan kegiatan sekitar. Tentu saja ini berdampak buruk terhadap semua pihak. 

2. Meningkatkan Keamanan Sistem 

Pemulihan bencana ini juga berdampak pada keamanan sistem. Adanya integrasi terhadap pencadangan, pemulihan data, dan perlindungan ke dalam rencana pemulihan bencana pastinya membatasi kegiatan bisnis. Anda harus memastikan keamanan sistem lebih terjaga. 

Proses Pemulihan Bencana 

Ada beberapa tahap proses pemulihan bencana yang bisa dilakukan. Pemulihan ini bisa memfokuskan diri pada strategi yang tepat agar semuanya segera berjalan dengan normal. 

1. Pencegahan 

Untuk mengantisipasi beberapa dampak buruk dari bencana, maka Anda bisa melakukan pencegahan terlebih dulu. Anda bisa memastikan semua sistem bisa dijaga sebaik mungkin. Ini mungkin sedikit berbeda terkait pencegahan terjadinya bencana alam karena hal ini adalah kuasa Tuhan. Pencegahan ini hanya berlaku terhadap bencana yang ada andil dari kesalahan manusia, jaringan, dan keamanan. Maka Anda harus menyiapkan beberapa alat untuk pencegahan bencana tersebut. 

2. Antisipasi 

Langkah selanjutnya adalah melakukan antisipasi. Ini adalah cara untuk memprediksi terjadinya bencana yang akan terjadi di masa depan, merencanakan prosedur, dan mengetahui konsekuensi yang terjadi. Ini cukup sulit untuk memprediksi kejadian yang terjadi di masa depan. Namun, Anda bisa mencoba menemukan solusi terbaik untuk melakukan pemulihan bencana. Salah satu caranya adalah dengan menganalisis situasi dan kejadian sebelumnya. 

3. Mitigasi 

Tahapan selanjutnya adalah mitigasi. Ini adalah tahapan dimana Anda merespons bencana sesaat setelah terjadi. Strategi ini memiliki tujuan yang baik yaitu untuk mengurangi beberapa dampak buruk terhadap bencana yang terjadi. Anda bisa melakukan beberapa langkah cepat dan bijak dengan memperbaiki dokumentasi, pengujian, dan  strategi proses pemulihan bencana. Hal ini juga berlaku untuk memulihkan kondisi dari bencana alam yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...