solusi kerja dari rumah
Article
December 11, 2023

Pengertian, Jenis dan Kelebihan Sistem Remote Working Sebagai Solusi Kerja dari Rumah Bagi Karyawan

Di zaman serba modern seperti sekarang ini, sudah banyak perusahaan di Indonesia yang menerapkan aturan bekerja yang lebih fleksibel. Dimana, para karyawan kini bisa melakukan sistem kerja remote working sebagai solusi kerja dari rumah (Work From Home) ataupun bekerja dari mana saja (Work From Anywhere). Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah, tahukah Anda apa sebenarnya sistem remote working tersebut, simak informasi selengkapnya di uraian penting di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan sistem remote working?

Pada dasarnya, remote working dikenal sebagai salah satu model kerja yang mana memungkinkan bagi para karyawan atau tenaga kerja untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dari rumah atau bahkan dari mana saja sesuai dengan keinginan mereka. Dengan sistem kerja layanan remote agent untuk dukungan multibahasa inilah, maka mereka akan merasakan bahwa pekerjaan yang dilakukan jauh lebih menyenangkan. Sebab, disini mereka tidak perlu harus pergi ke kantor pagi – pagi buta dan terburu – buru lantaran bisa melakukan pekerjaan secara remote. Yang mana, pekerjaan yang dilakukan ini bisa Anda lakukan cukup dari rumah, kedai kopi dan lain – lain sesuai dengan keinginan.

Berbicara lebih lanjut mengenai remote working sendiri, sudah banyak sekali perusahaan – perusahaan luar negeri yang kerap kali menerapkan metode ini sehingga memudahkan karyawan untuk bekerja dari mana saja tanpa harus pergi ke kantor. Adapun dalam pelaksanaannya sendiri, perusahaan biasanya akan menerapkan sistem kerja jarak jauh dengan memanfaatkan internet dan berbagai tools. Sehingga tidak mengherankan jika internet dan teknologi sangat berperan penting dalam mendukung sistem kerja remote satu ini. Bahkan saat ini sudah banyak sekali perusahaan di Indonesia yang menerapkan metode remote working sejak adanya pandemi Covid-19 yang mana menggunakan sistem kerja jarah jauh.

Kelebihan menggunakan opsi layanan remote agent yang fleksibel

Sistem kerja remote working umumnya hadir dengan menawarkan segi fleksibilitas dalam melakukan pekerjaan sehingga tidak mengherankan jika banyak karyawan yang menilai jika metode ini lebih nyaman lantaran dapat mencari work life balance. Bahkan keuntungan yang bisa diperoleh dari karyawan dengan menerapkan sistem kerja remote working ini yakni dapat mengerjakan hal lain secara bersamaan. Terlepas dari hal tersebut, di bawah ini ada beberapa kelebihan yang ditawarkan sistem kerja remote working dengan layanan remote agent untuk penjualan yang bisa Anda ketahui dan pahami.

1. Sistem kerja remote working lebih hemat waktu, biaya dan tenaga

Salah satu kelebihan dari sistem kerja remote working yakni Anda akan jauh lebih menghemat waktu, biaya dan tenaga. Dimana dalam hal ini Anda tidak perlu lagi mempersiapkan diri untuk pergi ke kantor, membayar biaya transportasi dan terjebak masalah macet di jalanan. Sebab, semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah dari mana saja tanpa harus datang ke kantor.

2. Dapat mengurangi risiko stress

Umumnya, setiap perusahaan akan memberikan aturan khusus secara ketat untuk dipatuhi bagi setiap karyawannya. Seperti misalnya yakni wajib datang ke kantor tepat waktu, durasi istirahat yang singkat, larangan meninggalkan kantor dan lain – lain. Banyaknya aturan tersebut sudah pasti akan menjadikan karyawan merasa stress dan tertekan. Akan tetapi jika Anda menggunakan sistem kerja remote working, maka hal ini bisa menjadikan Anda dapat mengurangi risiko stress yang dialami.

3. Membantu meningkatkan produktivitas karyawan

Mengingat sistem kerja remote working sendiri menggunakan integrasi layanan remote agent dengan sistem CRM, maka kelebihan yang ditawarkan yakni dapat membantu meningkatkan produktivitas bagi karyawan. Sebab dengan kondisi lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif, menjadikan karyawan dapat memaksimalkan produktivitas kerjanya. Sehingga tidak heran jika saat ini banyak sekali orang yang tertarik untuk bekerja dengan sistem remote working.

4. Membantu dalam mencapai work life balance

Bisa dikatakan, bahwa sistem kerja remote working menjadi salah satu cara paling recommended bagi Anda yang mendambakan work life balance. Hal ini dikarenakan, disini Anda dapat mengatur sendiri kapan waktu untuk bekerja, beristirahat dan bersenang – senang. Sehingga hal inilah yang menjadikan Anda lebih senang dengan pekerjaan menggunakan sistem remote working.

5. Menjadikan pekerjaan dengan sistem remote working lebih fleksibel

Adapun kelebihan lain dari sistem kerja menggunakan remote working yakni dinilai jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan bekerja di kantor. Ini lantaran para karyawan dapat bekerja dimana saja untuk bisa mencari inspirasi sehingga dapat menciptakan kreativitas dalam bekerja. Bahkan dengan sisi fleksibilitas yang ditawarkan inilah menjadikan seseorang bisa mengambil lebih dari satu bidang pekerjaan.

Jenis – jenis pekerjaan remote working sebagai solusi kerja dari rumah 

Meskipun sudah banyak sekali perusahaan yang menerapkan sistem kerja dengan remote working bagi karyawannya, akan tetapi Anda perlu tahu bahwa sebenarnya metode ini tidak berlaku bagi semua jenis profesi. Dimana, beberapa jenis pekerjaan yang umumnya cocok dengan sistem remote working layanan remote agent untuk layanan kesehatan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Content writer / editor

Pilihan pekerjaan pertama dengan menggunakan sistem remote working yakni content writer atau content editor yang cocok dijalani bagi seseorang yang senang dengan dunia kepenulisan. Dalam hal ini, Anda bisa bekerja secara remote lantaran tugasnya hanya menulis, mengedit dan mengirimkan dokumen yang bisa diselesaikan tanpa bertatap muka sekalipun. Yang terpenting disini, Anda hanya perlu mempersiapkan segala perlengkapan pendukung seperti halnya laptop dan koneksi internet saja.

2. Sales

Berikutnya ada pekerjaan sales yang juga sering kali menggunakan layanan remote agent untuk layanan asuransi dengan sistem kerja tanpa perlu pergi ke kantor. Hal ini dikarenakan seorang sales bisa bekerja secara fleksibel seperti menawarkan layanan tanpa perlu harus datang ke tempat kerjanya. Bahkan, setiap perusahaan biasanya juga sudah memberikan kebebasan bagi karyawannya untuk menawarkan produk ataupun layanan di berbagai tempat selama target penjualannya terpenuhi.

3. Programmer

Apabila Anda sendiri memiliki keahlian dalam bidang bahasa pemrograman dan tertarik bekerja dengan sistem remote working, maka bisa menjajal karier sebagai programmer. Di sini Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dari mana saja baik itu di rumah, kedai kopi dan lain – lain sesuai dengan keinginan. Dan hal yang paling penting untuk Anda persiapkan ketika menjalani bidang pekerjaan ini yakni harus punya perangkat pendukung dan jaringan internet stabil.

4. Desainer grafis

Tidak hanya pekerjaan dari bagian sales layanan remote agent untuk layanan keuangan maupun layanan lainnya, Anda juga bisa mencoba peruntungan di bidang desainer grafis dengan sistem remote working. Dalam melakukan pekerjaan ini, Anda perlu menjaga komunikasi dengan klien agar desain visual yang diinginkan klien sesuai dengan yang diinginkan. Adapun jika Anda ingin memperoleh pekerjaan ini, pastikan membuat portofolio yang menarik.

Itulah tadi informasi lengkap bagi Anda seputar sistem kerja remote working baik dari segi pengertian, kelebihan dan jenis pekerjaan yang bisa dijalankan sebagai solusi kerja dari rumah. Adapun dalam mendukung sistem kerja remote working, pastikan menggunakan perangkat pendukung yang memadai seperti layanan remote yang ditawarkan dari https://convergence.id/remote-agent/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...