Ada beberapa kejadian seseorang mengajukan lamaran dan mendapatkan balasan tawaran kerja. Masalahnya, saat banyak tawaran untuk kerja datang sekaligus, orang tersebut bisa saja bingung. Melewatkan kesempatan kerja di tempat yang menarik akan hasilkan rasa kecewa mendalam. Jadi bagaimana solusinya?
Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan langkah – langkah mudah berikut ini dalam menimbang dan menghadapi tawaran kerja tersebut!
Daftar Isi
1. Pastikan Dulu Pilihan Tawaran Kerja yang Formal Tertulis
Langkah awal yang harus diambil adalah memastikan hanya pertimbangkan penawaran kerja yang formal tertulis. Jika ada yang hubungi Anda lewat telepon untuk menawarkan pekerjaan, pastikan tolak dengan sopan. Hal ini karena tawaran tidak tertulis mudah diubah ketentuannya. Jika tertulis, Anda memiliki bukti apabila terjadi perubahan pada ketentuan tawaran kerja awal.
2. Usahakan Membalas Tiap Tawaran dengan Rasa Antusias
Saat ingin memilih penawaran bekerja yang banyak, pastikan kontak masing – masing dengan antusias. Jangan sampai Anda kena blacklist karena penolakan yang kurang sopan ataupun masalah saat tawaran kerja kedepannya.
Baca Juga: Keunggulan BPO dalam Meningkatkan Manajemen Hubungan Pelanggan
3. Komunikasikan dengan Pihak Penawar Kerja dengan Baik
Dalam proses memilih, pastikan berkomunikasi terus dengan pihak penawar kerja. Hal ini untuk pastikan Anda masih tertarik dengan tawaran kerja tapi perlu waktu untuk pertimbangkan berbagai hal yang penting. Posisi kerja dan situasinya tidak boleh dianggap enteng, apalagi dengan banyaknya pilihan tawaran kerja yang datang pada Anda.
4. Sampaikan Bila Anda Butuh Waktu
Bila butuh waktu untuk research dan pertimbangkan semua opsi, pastikan komunikasikan dengan jujur. Sampaikan bahwa Anda butuh waktu menentukan pilihan karena kondisi dan situasi pribadi saat itu. Hindari penyampaian info bahwa ada banyak tawaran kerja yang datang pada Anda.
Waktu yang berharga dari hasil diskusi ini dapat Anda gunakan untuk menggali lebih dalam seputar opsi kerja. Setiap tawaran dan background perusahaan dapat menjadi pertimbangan penting dalam karir.
5. Research Semua Informasi Lengkap Seputar Tawaran Kerja
Pastikan research mendalam semua informasi lengkap seputar penawaran kerja yang diberikan. Hal seperti gaji, bonus, situasi kerja, beban kerja, posisi, potensi rekan kerja, pamor perusahaan, situasi perusahaan dan bahkan potensi karir selanjutnya, harus benar – benar dipikirkan.
6. Mulai Membandingkan dan Menimbang
Setelah mendapatkan semua data dari research, bandingkan tiap penawaran bekerja yang datang. Pastikan mana yang menarik dan memberikan hal positif lebih baik untuk Anda.
7. Sesuaikan Opsi dengan Tujuan Kerja Anda
Jika masih bingung karena banyak yang bagus, cara hadapi banyak tawaran untuk bekerja selanjutnya adalah dengan evaluasi diri. Apakah dari banyak opsi pilihan kerja ada yang cocok dengan tujuan Anda? Cita – cita dan target pribadi dapat menjadi outline dalam menentukan pekerjaan.
8. Negosiasi dan Penyesuaian Pada Pilihan yang Paling Menarik
Setelah menemukan yang cocok, pastikan negosiasi untuk penyesuaian. Contoh saja penyesuaian seputar gaji, kondisi kerja, waktu mulai kerja dan berbagai hal yang lain. Hal ini agar Anda mendapatkan leverage maksimal saat aktif bekerja nantinya.
9. Komunikasikan Penolakan Sopan Bagi yang Tidak Anda Pilih
Jika sukses memilih penawaran bekerja yang paling cocok, pastikan hubungi tawaran yang lain untuk melakukan penolakan. Pastikan hindari komunikasi negative. Buat relasi dan pastikan image Anda tetap bersih untuk jalin peluang kerja di masa mendatang dengan pihak – pihak tersebut.
Sekarang Anda sudah tahu bagaimana menyelesaikan masalah banyak opsi kerja yang datang bersamaan. Banyak tawaran adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.
Banyaknya pilihan tawaran kerja memastikan pilihan terbaik dapat diambil. Namun, membandingkan kerjaan mana yang cocok perlu waktu dan pertimbangan serius. Karena itu, gunakan saja solusi di atas untuk tentukan pilihan yang tepat. Jangan buang kesempatan saat banyak tawaran kerja datang!