Article
September 9, 2023

Teknologi Pemulihan Bencana: Elemen dan Jenis Teknologi

Teknologi pemulihan bencana adalah salah satu cara untuk memulihkan kondisi dan situasi setelah terjadinya bencana baik alam ataupun human error. Anda perlu merencanakan rencana yang sangat matang untuk mengatasi bencana seperti komunikasi internal dan eksternal, waktu penulisan, pencadangan data, pengujian data, dan manajemen krisis. Semua elemen tersebut amat penting sebelum menerapkan teknologi untuk pemulihan bencana pada perusahaan Anda. 

AWS Sebagai Teknologi Pemulihan Bencana Pilihan 

Ada berbagai jenis teknologi untuk pemulihan bencana yang bisa dipilih untuk mengatasi bencana yang terjadi. Elastic Disaster Recovery merupakan suatu layanan pemulihan bencana AWS. Alat ini berguna untuk mengurangi waktu dan data dengan cara memulihkan aplikasi on-premise dan juga berbasis cloud. Cara kerjanya juga cepat dan efektif sehingga Anda bisa mempercayakannya. Layanan teknologi ini bisa mengurangi RPO beberapa detik sehingga jauh lebih cepat. Anda bisa mengatasi kejadian tak terduga dan mengatasi operasi buruk akibat bencana. Ini adalah solusi terbaik untuk mengatasi server yang bermasalah yang mengakibatkan bencana. Ada beberapa manfaat yang didapatkan dengan teknologi ini seperti mengurangi biaya, konversi aplikasi, pemulihan aplikasi, dan memulihkan bencana. 

Jenis Teknologi Pemulihan Bencana 

Disaster recovery center adalah pihak yang berwenang untuk melindungi dan menyelamatkan data saat terjadinya bencana. Hal ini berlaku untuk bencana alam dan bencana yang diakibatkan kelalaian manusia. Inilah beberapa jenis teknologi pemulihan bencana yang bisa dipilih untuk mengatasi bencana yang sudah terjadi. 

1. Disaster Recovery Virtual 

Teknologi ini mengandalkan virtualisasi untuk pemulihan data diakibatkan bencana. Disaster recovery virtual ini digunakan untuk menggantikan server sebagai perangkat utamanya. Tentu saja, ini akan menawarkan layanan restore dan backup yang baik. Saat terjadi bencana dan kerusakan, maka teknologi untuk pemulihan bencana virtual ini akan melakukan tindakan penyelamatan data dengan baik. 

2. Disaster Recovery Jaringan 

Jenis teknologi yang kedua adalah disaster recovery jaringan. Metode ini berpusat pada jaringan suatu data dan perusahaan. Ini berarti jaringan tersebut harus diselamatkan saat terjadinya bencana. Biasanya prosedur teknologi ini melibatkan hubungan koneksi antara tim IT, jaringan, dan usaha lainnya untuk mengembalikan konektivitas yang bermasalah. 

Baca Juga: Dukung Tujuan Perusahaan, Begini Tips Melatih dan Mengelola Karyawan BPO

3. Disaster Recovery di dalam Pusat Data 

Teknologi untuk pemulihan bencana ini berpusat pada data yang disimpan dalam sistem khusus. Ini dianggap sebagai solusi terpenting dan efektif untuk beberapa perusahaan. Prosedur penanganannya adalah meliputi lokasi, pegawai, pengaturan ruangan, dan pemantapan perangkat. 

4. Disaster Recovery Based Cloud 

Teknologi pemulihan bencana yang terakhir adalah disaster recovery based cloud. Teknologi ini berpusat pada penyimpanan cloud dan pemulihan data dari penyedia pihak ketiga. Anda akan mempunyai pusat data yang aman di dalam cloud tanpa gangguan dan bencana sehingga lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...