telemarketing
Article
October 20, 2022

Telemarketing Inbound vs Outbound, Apa Perbedaannya?

Secara garis besar, baik telemarketing inbound maupun outbound memiliki fungsi yang sama. Hanya saja, masing-masing memiliki tujuan dan fungsi spesifik yang berbeda sehingga bisnis yang dinamis akan menggunakan keduanya untuk mempercepat pertumbuhan usaha.

Meski begitu, Anda perlu ketahui dan pahami terlebih dahulu perbedaan di antara keduanya agar dapat mengeksekusi strategi telemarketing dengan tepat dan efisien. Simak penjelasannya berikut ini.

Inbound Telemarketing

Inbound telemarketing merupakan jenis telemarketing reaktif di mana pelanggan lah yang menghubungi perusahaan terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda perlu memasang iklan, melakukan aktivitas networking, ataupun upaya dan strategi pre-sale sebelumnya agar pelanggan terdorong untuk menelepon. Anda juga bisa melakukannya dengan cara meninggalkan pesan atau contact informasi melalui berbagai channel seperti media sosial, DM, ataupun website.

Dalam telemarketing inbound, pelanggan yang menelepon sudah memiliki ketertarikan terhadap produk/jasa Anda. Oleh karena itu, tugas Anda adalah menjawab seluruh pertanyaan dan menyediakan informasi lebih lanjut tentang produk/jasa yang ditanyakan.

Outbound Telemarketing

Telemarketing outbound ini bisa dibilang merupakan aktivitas yang terlintas di kepala banyak orang ketika mereka membayangkan soal “telemarketing”. Pasanya, jenis telemarketing yang satu ini bersifat lebih proaktif, di mana bisnis Anda lah yang menghubungi prospek sasaran dan belum pernah dihubungi sebelumnya. Secara umum, tujuannya adalah untuk meningkatkan awareness mengenai produk/jasa Anda di kalangan target pelanggan dan membujuk mereka agar melakukan transaksi.

Dibandingkan dengan inbound calling, outbound calling di sini lebih sulit dilakukan. Sebab, yang Anda hubungi adalah pelanggan yang belum menunjukkan ketertarikan dengan produk/jasa yang Anda tawarkan. Ditambah lagi, tak sedikit orang yang menganggap agen sales dan outbound call sebagai sesuatu yang ingin dihindari dan menjengkelkan.

Layanan Telemarketing Profesional dan Andal

Baik itu strategi inbound maupun outbound telemarketing, Anda perlu pastikan bahwa ada SDM profesional dan berpengalaman yang menangani tugas ini. Hanya saja, prosesnya jelas butuh training dan waktu yang tak sedikit. Oleh karena itu, layanan outsource telemarketing bisa jadi solusi yang lebih praktis sekaligus efisien untuk bisnis Anda.

Mengapa? Karena penyedia jasa outsource telemarketing telah diisi oleh para SDM yang memang ahli dan berpengalaman di dunia telemarketing. Dengan begitu, strategi telemarketing Anda akan bisa berjalan dengan segera untuk mendapatkan hasil yang optimal, terutama untuk pertumbuhan bisnis lewat peningkatan angka penjualan.

Salah satu penyedia layanan outsource telemarketing adalah Convergence. Dengan solusi dan layanan end-to-end. Convergence bisa bantu perkuat brand, mentransformasi bisnis, dan memperkenalkan produk Anda ke target pelanggan lebih luas. Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan outsource telemarketing inbound dan outbound dari Convergence, Anda bisa langsung klik convergence.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...