telemarketing inbound
Article
January 23, 2023

Telemarketing Inbound

Mendengar istilah telemarketing inbound bagi sebuah dunia bisnis atau perusahaan merupakan hal yang penting. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan istilah tersebut? Pada artikel ini Kita akan mengulas lebih dalam lagi mengenai telemarketing inbound dan outbound. Simak dan ikuti terus penjelasan berikut ini!

Apa Itu Telemarketing Inbound

Sebelum memahami telemarketing inbound Kita pecah terlebih dahulu dua istilah ini pertama telemarketing yaitu orang yang dipekerjakan oleh suatu perusahaan untuk menawarkan produk maupun jasa dari perusahaan tersebut kepada pelanggan. Tugas pokoknya adalah melakukan potensi-potensi penjualan yang bisa dicapai perusahaan.

Dengan demikian Telemarketing Inbound merupakan suatu kegiatan pemasaran yang dipakai oleh perusahaan untuk mendapat pesanan dan menerima informasi dari pelanggan. Atau secara sederhananya adalah strategi yang diterapkan suatu perusahaan dengan cara menerima telepon dari para pelanggan baik baru atau lama.

Misalnya: terdapat sebuah iklan yang memberikan info kontak perusahaan pengiklanan tersebut kepada calon customer. Biasanya hal tersebut akan diarahkan ke nomor customer service jadi kegiatan ini masih terdapat sangkut pautnya dengan posisi CS.  Dengan begitu CS akan memainkan tugas dan perannya untuk memberi informasi terkait iklan barang yang diinginkan oleh customer tersebut.

Telemarketing inbound erat kaitannya dengan Inbound Call Center di mana memang sebagian besar pelanggan percaya bahwa telepon bisnis merupakan metode yang efektif  sebagai komunikasi sebagai respon yang cepat. Dengan adanya Inbound Call Center dapat membantu suatu perusahaan dalam menjawab atau merespon panggilan penjualan yang masuk dengan professional.

Telemarketing Outbound

Maksud dari Telemarketing Outbound kegiatan telemarketing dilakukan dengan cara melakukan kontak kepada calon pelanggan secara terus menerus untuk menawarkan produk barang atau jasa. Jadi sebagai telemarketer harus lebih aktif dalam menjalankan tugasnya.

Kelebihan Telemarketing 

  • Dapat meningkatkan efisiensi karena dapat menjangkau banyak calon pelanggan lewat telepon
  • Memudahkan produsen dalam berinteraksi dengan calon pelanggan
  • Lebih hemat biaya
  • Mudah memperluas relasi atau wilayah pemasaran
  • Hasilnya sangat terukur, dan lain sebagainya.

Melihat kelebihan-kelebihan di atas mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan telemarketing baik inbound atau outbound dalam perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan.

Saat ini Anda juga tidak perlu bersusah payah dalam mencari jasa telemarketing, terdapat beberapa perusahaan outsourcing yang menyediakan layanan people management. Salah satu penyedianya yaitu convergence.id perusahaan ini menyediakan beberapa layanan seperti : Inbound-Outbound Call Center, People Management, dan Call Center System.

Lewat perusahaan seperti inilah pekerjaan yang dibutuhkan lebih ringan karena ditangani oleh ahli yang profesional. Dengan management pihak penyedia jasa yang bagus dan tenaga terlatih skillnya terutama sebagai seorang telemarketer.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang Telemarketing inbound dan hal lain terkait, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...