Manfaat Magang
Article
February 12, 2023

Ternyata Sangat Berguna, Inilah Manfaat Magang untuk Pengembangan Karir

Ikut magang pada suatu perusahaan memberikan banyak manfaat untuk pesertanya yang rata-rata baru masuk ke dalam dunia kerja.

Peserta magang umumnya adalah pelajar yang menjelang akhir studi atau bahkan baru saja tamat studi. Dengan ikut magang, mereka cenderung lebih unggul daripada sebayanya yang tak pernah magang. Itu karena mereka yang magang akan mendapatkan banyak pengalaman kerja.

Tidak hanya pengalaman, mereka yang pernah mengikuti magang juga bisa mempunyai koneksi lebih luas untuk membantu dalam mencari pekerjaan tetap. Maka dari itu, jika ada kesempatan magang, Anda tak boleh sampai melewatkannya karena akan membantu sekali dalam pengembangan karir pada tahap awal. Selain itu, ada banyak manfaat magang untuk pengembangan karir.

Pengertian Magang

Magang atau internship merupakan penempatan kerja dengan perusahaan atau organisasi yang berikan pengalaman kerja serta keahlian baru, yang bisa berguna untuk karir di masa depan. Tujuan magang adalah memberikan kesempatan untuk mahasiswa menerapkan apa yang dipelajari di kelas ke dunia nyata, agar mereka lebih siap bekerja setelah lulus.b

Tergantung pada kondisi, Anda dapat bekerja pada satu atau beberapa departemen pada suatu organisasi atau perusahaan, serta membantu pekerjaan dari karyawan-karyawan di sana. Jenis serta posisi pekerjaan akan disesuaikan jurusan Anda.

Manfaat Magang untuk Pengembangan Karir di Masa Depan

  • Meningkatkan Keterampilan yang Terkait Pekerjaan

Magang memungkinkan pesertanya mempraktikkan serta meningkatkan keterampilan yang diperlukan pada dunia kerja yang sesungguhnya.

Keterampilan itu dapat berupa keterampilan dalam berbahasa asing untuk bisnis atau menggunakan komputer di dunia kerja.

Anda dan peserta magang jadi tahu bagaimana cara bekerja yang baik. Terlebih peserta magang pun akan mengetahui cara menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

  • Melatih Disiplin

Manfaat magang untuk pengembangan karir selanjutnya adalah melatih disiplin. Meskipun hanya magang, semua orang tetap harus disiplin di dunia kerja.

Dengan ikut magang, Anda belajar mengenai pentingnya manajemen waktu serta kebiasaan selalu tepat waktu. Dengan demikian, Anda jadi terbiasa disiplin dan bisa terhindar dari kebiasaan mengulur waktu ketika bekerja sebagai karyawan nantinya.

  • Mengetahui Tanggung Jawab dari Masing-Masing Posisi

Di suatu perusahaan, setiap posisi memiliki deskripsi atau tanggung jawab pekerjaan masing-masing.

Anda sebagai peserta magang menjadi tahu posisi-posisi tertentu ditugaskan untuk menjalankan pekerjaan apapun dan melaporkan ke mana.

Anda pun menjadi paham akan keterampilan serta pengetahuan seperti apa yang dibutuhkan untuk suatu posisi.

  • Memupuk Percaya Diri

Jika Anda sukses menjalankan tugas serta kewajiban selama masa magang, secara tak langsung akan menimbulkan perasaan percaya diri dan bangga pada diri sendiri.

Hal itu akan membuat Anda terpacu untuk belajar lebih giat dan bahkan lebih terbuka dalam menghadapi tantangan-tantangan di luar zona nyaman.

  • Mendapatkan Rekomendasi dari Para Profesional

Selesai magang, Anda dapat meminta surat rekomendasi ke atasan yang menggarisbawahi keterampilan dan potensi Anda selama masa magang.

Surat rekomendasi itu akan sangat membantu Anda dalam melamar pekerjaan nantinya.

  • Membuka Jalan untuk Mendapatkan Beasiswa

Jika setelah selesai magang Anda ingin melanjutkan studi pada jenjang lebih tinggi, maka magang bisa memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa.

Ini karena dengan ikut magang, Anda akan berkesan mempunyai ambisi serta tujuan hidup yang sedang berusaha untuk diwujudkan.

Anda menjadi terlihat seperti orang yang bertanggung jawab, dewasa, serta bersedia untuk bekerja keras untuk mendapatkan kesuksesan.

Demikianlah sejumlah manfaat magang untuk pengembangan karir. Bagi Anda yang mencari kesempatan magang, convergence.id bisa menjadi pilihan. Kunjungi http://career-page.com/convergence untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...