Tips Membuat CV Fresh Graduate Yang Menarik dan Benar
Article
June 27, 2022

Tips Membuat CV Fresh Graduate Yang Menarik dan Benar

Tips Membuat CV Fresh Graduate Yang Menarik dan Benar

Source: Freepik.com

Fresh graduates adalah seseorang yang baru lulus dari perguruan tinggi dan mendapatkan gelar akademik baik jenjang diploma atau sarjana. Biasanya status fresh graduate bertahan berapa lama? Kebanyakan sebutan ini bertahan 1-2 tahun setelah lulus.

Kamu telah menyelesaikan tahun-tahun menempuh pendidikan formal dan sudah siap bergabung kedalam angkatan kerja. Mungkin sekarang kamu merasa senang dan ingin cepat-cepat memulai karir fresh graduate ataupun takut karena persaingan pekerjaan di dunia luar yang terkesan begitu menyeramkan.

Bagaimana ya cara membuat CV Fresh graduate yang baik dan benar?

Kalau belum memiliki pengalaman kerja ataupun internship, emang bisa membuat CV fresh graduate? 

Di bawah adalah 3 tips untuk mengisi CV fresh graduate yang menonjol di mata recruiter, bagaimana cara untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki oleh fresh graduate dalam selembar kertas.

1. Perhatikan Tata Letak Informasi

Saat membuat CV jangan lupa perhatikan tata letak informasi yang dicantumkan. Bagian personalia atau HRD biasanya akan membaca mulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.  

Karenanya, pastikan semua informasi penting dicantumkan pada bagian kiri atas. Cantumkan nama hingga keterangan pendidikan dan informasi seperti magang hingga organisasi di bagian yang mudah dibaca.

2. Menggunakan Foto Formal

Jika ingin mencantumkan foto pada CV, gunakan foto yang formal. Pilih foto yang profesional dan menarik. Hindari menggunakan foto dengan gaya bebas seperti selfie atau foto dengan banyak orang.  

Foto yang tidak formal membuat daftar riwayat hidup Anda menjadi terkesan tidak formal meskipun terlihat menarik.

3. Menggunakan Bahasa Yang Baik dan Benar

Sebenarnya, penggunaan bahasa bisa disesuaikan dengan instansi yang dilamar. Jika perusahaan tersebut membutuhkan keahlian bahasa Inggris, gunakan CV berbahasa Inggris.  

Yang terpenting adalah menulis CV dengan bahasa yang baik dan santun. Perhatikan ejaan dan tata bahasa agar mudah dibaca HRD.

4. Tambahkan Karir Objektif Pada CV Fresh Graduate

Selain berfokus pada pendidikan, tambahkan karir objektif pada bagian deskripsi diri saat membuat CV untuk fresh graduate. Karir objektif adalah pernyataan mengenai jenis karir yang dicari pelamar serta keterampilan yang dimiliki dan juga cara pelamar memandang masa depannya. Karir objektif dibutuhkan recruiter untuk melihat arah fokus pelamar dan kecocokkan dengan lowongan pekerjaan.

5. Sisipkan Link Portfolio

Yang nggak kalah penting agar CV-mu makin menarik meski tanpa pengalaman kerja adalah portofolio. Kamu bisa menambahkan link portofolio di dalam CV kamu.

Portofolio bisa berupa karya tulis, desain, hasil terjemahan, hasil fotografi atau cetak biru bagi seorang arsitek. Portofolio ini punya pengaruh besar lho dalam seleksi CV, apalagi buat kamu yang melamar posisi di bidang kreatif, karyamu harus bisa diperhitungkan.

6. Buat Simple dan To The Point

CV itu nggak perlu berlembar-lembar, cukup satu lembar aja. HR nggak akan membaca halaman kedua dari CV kamu, jadi rangkum daftar riwayat hidup kamu dengan singkat dan padat, nggak bertele-tele.

Buat poin-poin dari setiap informasi, mulai dari pendidikan, deskripsi singkat, pengalaman organisasi, kepribadian dan keterampilan. Buat dengan desain yang simple dan menarik, atau yang menggambarkan karakter kamu.

Itu tadi 6 tips membuat CV yang menarik HRD meski tanpa pengalaman kerja. Temukan lowongan pekerjaan yang cocok buat kamu Disini. Dan dapatkan juga informasi seputaran tips tentang melamar kerja Disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More Great Article

Tips Untuk Memilih Partner Outsourcing Seringkali perusahaan menghadapi permintaan yang lebih besar dari kemampuan mereka, baik mereka yang memulai bisnis dengan modal kecil, maupun perusahaan...

Penyandang Disabilitas Punya Kesempatan Untuk Bekerja Bekerja menjadi hal yang esensial bagi manusia. Dengan bekerja manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Tuntutan akan pemenuhan kebutuhan dan...

Apa itu Call Center dan Tujuannya ? Apa itu call center dan tujuannya ? Pengertian Call Center adalah sebuah layanan informasi yang disediakan oleh perusahaan...