wawancara kerja virtual
Article
March 23, 2023

Tips Mempersiapkan Wawancara Kerja Virtual

Apakah Anda sedang mempersiapkan wawancara kerja? Tentunya melakukan wawancara untuk mendapatkan pekerjaan merupakan salah satu upaya yang perlu dipersiapkan dengan baik agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Apalagi jika Anda melakukan wawancara kerja virtual yang membuat Anda tidak berhadapan secara langsung. Lalu apa saja yang perlu Anda persiapkan?

Wawancara Kerja

Wawancara atau interview kerja merupakan salah satu seleksi masuk perusahaan yang perlu dilalui oleh pelamar kerja. Proses interview ini bisa menjadi salah satu proses yang cukup menentukan diterima atau tidaknya Anda bekerja di suatu perusahaan.

Saat wawancara kerja berlangsung, biasanya Anda sebagai pelamar kerja akan berhadapan dengan pihak HRD, user, atau bahkan langsung dengan direktur perusahaan, hal ini tergantung dengan posisi apa yang Anda lamar.

Nantinya akan ada berbagai pertanyaan yang perlu Anda jawab secara lugas dan jelas, pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya berkaitan dengan diri Anda, pengalaman Anda, hal-hal yang Anda kuasai, alasan Anda melamar pekerjaan tersebut, dan masih ada banyak pertanyaan lainnya.

Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan dengan baik wawancara kerja ini agar jawaban yang Anda berikan bisa dijadikan pertimbangan yang tepat untuk menerima Anda bekerja di perusahaan. Tunjukan bahwa Anda benar-benar serius melamar pekerjaan tersebut dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Wawancara Kerja Virtual

Jika dulu wawancara kerja dilakukan dengan pertemuan langsung antara Anda dengan pihak HRD di perusahaan, saat ini beberapa perusahaan sudah mulai menerapkan wawancara kerja secara virtual, terutama untuk pelamar kerja yang lokasinya jauh dari perusahaan.

Tentunya wawancara kerja secara virtual ini cukup membantu, karena Anda bisa melakukannya dimana saja. Namun karena wawancara ini menggunakan perangkat dan platform tertentu sebagai perantara dalam berkomunikasi, Anda juga harus mempersiapkan berbagai hal demi kelancaran wawancara kerja.

Jadi bukan hanya jawaban interview yang harus dipersiapkan, ada juga beberapa hal penting yang tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Nah, untuk Anda yang akan melakukan interview atau wawancara kerja secara virtual, berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan,

  1. Siapkan perangkat

Kelancaran wawancara secara virtual bergantung pada kelancaran perangkat yang Anda gunakan. Maka dari itu, sebelum Anda menggunakannya untuk wawancara, pastikan perangkat Anda tidak mengalami gangguan, baik dari platform yang digunakan maupun internetnya.

Sebelum waktu wawancara, Anda bisa mengujinya bersama teman atau anggota keluarga, untuk memastikan kualitas suara dan gambar yang dihasilkan bagus. Anda juga perlu membiasakan diri berbicara menggunakan mikrofon, dan pastikan Anda paham dengan fitur-fitur pada platform yang sekiranya Anda perlukan selama wawancara.

  1. Pilih lokasi yang tepat

Selama wawancara, pastikan Anda memilih tempat yang tenang, bebas dari gangguan suara, atau hal-hal yang mengganggu fokus Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan interview.

Latar belakang lokasi Anda tidak harus dinding putih, tapi pastikan terlihat rapi. Selain itu, Anda juga perlu memastikan lokasi yang digunakan untuk wawancara virtual memiliki pencahayaan yang bagus.

  1. Gunakan pakaian formal

Meskipun Anda tidak bertemu secara langsung dengan pihak perusahaan, Anda tetap harus menggunakan pakaian formal atau profesional, sebagaimana pakaian yang akan Anda gunakan jika datang ke kantor untuk melakukan wawancara secara langsung.

  1. Tepat waktu

Pastikan Anda tepat waktu saat akan melakukan wawancara, akan lebih bagus jika Anda sudah siap setidaknya 10 menit sebelum wawancara dimulai.

  1. Biarkan alur percakapan

Pastikan pewawancara sudah selesai memberikan pertanyaan, baru Anda menjawan pertanyaan tersebut. Jika Anda butuh waktu untuk memikirkan jawabannya, tanyakan berapa waktu yang pewawancara berikan.

  1. Jangan membaca jawaban

Meskipun Anda sudah mempersiapkan jawaban tentang diri Anda, pastikan Anda tidak membaca jawaban tersebut, usahakan untuk membuat wawancara terlihat alami. Jangan lihat ke layar, tetapi lihat ke kamera web yang Anda gunakan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda siapakan sebelum melakukan wawancara kerja virtual. Dapatkan informasi terkait pekerjaan hanya di http://career-page.com/convergence. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...