Tips Mudah Membangun CRM yang Baik
Article
September 6, 2022

Tips Mudah Membangun CRM yang Baik

Tips Mudah Membangun CRM yang Baik

Tips mudah membangun CRM yang baik, Anda sedang merintis bisnis dan ingin bisnis tersebut berkembang? Maka Anda harus membangun sistem Customer Relationship Management (CRM), yaitu mengelola hubungan dengan pelanggan. Untuk membangun sistem CRM yang efektif bukanlah perkara yang mudah. Selain mencari pelanggan, sistem ini juga harus mampu menjaga pelanggan tetap setia pada suatu bisnis.

CRM adalah sebuah sistem yang dapat mengumpulkan data pelanggan, percakapan, dan produk-produk yang diminati oleh para pelanggan. Seluruh informasi tersebut akan tersimpan dalam satu database yang bisa diakses kapan pun. Sistem ini memungkinkan perusahaan atau sebuah bisnis untuk lebih mengetahui kebutuhan pasar jika dilihat dari para pelanggannya. Sebelum melangkah lebih jauh, ketahui dahulu apa itu CRM.

Tips Mudah Membangun CRM yang Baik
Convergence.id

Pengertian CRM

CRM adalah sistem yang digunakan sebagai sarana pendekatan terhadap konsumen dengan berbagai cara. Salah satu contoh CRM adalah e-CRM atau yang disebut sebagai elektronik CRM. Sistem ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk terus terkoneksi dengan para pelanggannya, baik melalui web browser maupun email.

Tak hanya mampu menjaga hubungan dengan pelanggan, CRM juga dapat digunakan sebagai alat bantu manajemen kontak, proses alur kerja, dan produktivitas. Oleh karena itu, CRM tak hanya berhubungan dengan hasil penjualan, melainkan juga dengan kinerja para karyawannya.

Strategi Membuat CRM

1. Membuat Visi yang Jelas

Setiap perusahaan haruslah mempunyai visi yang jelas sebagai dasar dalam meningkatkan penjualan dan customer experience. Visi juga akan dibutuhkan untuk membangun sistem CRM, sehingga harus dibuat sejelas mungkin. Dari visi ini nantinya Anda bisa melacak perkembangan tim Anda dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Ketika Anda ingin mengelola hubungan baik dengan pelanggan, komunikasi adalah kuncinya. Selama berkomunikasi dengan pelanggan, pastikan Anda berbicara dan bersikap sebaik mungkin. Hal ini termasuk mendengarkan ketika mereka berbicara, jawab semua pertanyaan mereka, memperhatikan sopan santun, dan sebagainya. Pelayanan yang baik akan meninggalkan kesan positif di mata pelanggan, sehingga mereka merasa dihargai oleh Anda.

3. Selalu Terhubung dengan Pelanggan

Setiap hubungan perlu dijaga dengan baik supaya selalu erat, begitu juga dengan hubungan pelanggan. Pastikan Anda selalu terhubung dengan semua pelanggan Anda agar bisnis Anda selalu ada dalam pikiran mereka dan tidak berpindah kepada kompetitor. Caranya bisa dengan mengucapkan selamat ulang tahun, mengirimkan kartu hari besar agama, memberikan katalog produk terbaru, atau sekedar mengirimkan email tentang apresiasi Anda terhadap kepercayaan dan kesetiaan mereka.

4. Rutin Meminta Feedback dari Pelanggan

Selain membangun komunikasi yang baik, Anda juga harus meminta feedback dari pelanggan secara rutin. Feedback ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan agar bisa lebih baik lagi. Meminta feedback bisa melalui survey, email, media sosial, live chat, maupun kolom komentar. Apalagi saat ini kebanyakan konsumen selalu terhubung dengan gawai dan internet, sehingga meninggalkan feedback bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Tahapan dalam CRM

Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga tahapan dalam penggunaan CRM, mulai dari mendapatkan pelanggan, memberikan nilai produk, hingga mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Berikut penjelasannya.

1. Mendapat pelanggan baru

Proses pertama yang dapat dilakukan oleh CRM adalah memperoleh pelanggan baru. Hal ini bisa didapatkan dengan cara memberikan kesan yang baik pada pelanggan, sehingga mereka merasa disambut ketika mengunjungi bisnis Anda.

2. memberikan nilai produk

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga manajemen hubungan pelanggan adalah dengan melakukan cross selling dan up selling. Cross selling merupakan upaya pemasaran yang dilakukan dengan cara merekomendasikan produk tambahan untuk melengkapi produk yang telah dimiliki oleh konsumen. Sementara itu, up selling adalah teknik pemasaran dengan mempromosikan jenis produk yang sama dengan kualitas yang lebih baik. Kedua cara tersebut dapat Anda lakukan untuk meningkatkan intensitas hubungan dengan pelanggan.


3. mempertahankan pelanggan

Tak hanya fokus mencari pelanggan baru, dalam berbisnis juga diperlukan kemampuan untuk mempertahankan pelanggan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara menanggapi setiap saran maupun keluhan dari mereka, serta melakukan evaluasi untuk memberikan produk dan pelayanan yang lebih berkualitas kedepannya.

CRM adalah manajemen hubungan pelanggan yang penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Berkaitan dengan CRM, Convergence.id sebagai perusahaan yang berkecimpung dalam peningkatan pelayanan dan kepuasan pelanggan, menyediakan berbagai solusi bisnis untuk usaha yang sedang Anda jalankan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan Anda bisa Klik Disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More Great Article

Tips Untuk Memilih Partner Outsourcing Seringkali perusahaan menghadapi permintaan yang lebih besar dari kemampuan mereka, baik mereka yang memulai bisnis dengan modal kecil, maupun perusahaan...

Penyandang Disabilitas Punya Kesempatan Untuk Bekerja Bekerja menjadi hal yang esensial bagi manusia. Dengan bekerja manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Tuntutan akan pemenuhan kebutuhan dan...

Apa itu Call Center dan Tujuannya ? Apa itu call center dan tujuannya ? Pengertian Call Center adalah sebuah layanan informasi yang disediakan oleh perusahaan...