Daftar Isi
Tips Untuk Memilih Partner Outsourcing
Seringkali perusahaan menghadapi permintaan yang lebih besar dari kemampuan mereka, baik mereka yang memulai bisnis dengan modal kecil, maupun perusahaan besar. Di sini outsourcing dapat menjadi cara yang sangat berguna untuk mengelola kelebihan tugas-tugas tersebut.
Tapi faktor apa saja yang harus dipertimbangkan ketika memilih partner outsourcing? Inilah beberapa tips sederhananya.
Tetap pada peran Anda
Memilih untuk outsourcing mungkin memiliki arti bahwa Anda mencari perubahan dalam bisnis, jadi perlu diingat bahwa perusahaan Anda tetap masih bertanggung jawab pada proses tersebut. Partner outsourcing  tidak dapat bertanggung jawab jika terjadi perubahan ‘budaya kerja’ atau proses berbeda dalam bisnis Anda.
Tetap pada tujuan yang jelas
Ketika melakukan perjanjian, penting untuk kedua belah pihak mengerti apa tujuan yang ingin dicapai. Tentu saja kita bertujuan untuk mencapai keuntungan finansial, tetapi juga perbaikan di bidang lain seperti pelayanan pelanggan, respon cepat, dan peningkatan kualitas.
Pengukuran strategi juga menjadi kunci – bagaimana Anda saat ini melacak proses dan melaporkan hal itu? Apakah tugas ini diselesaikan dengan outsourcing, atau harus ada pembenahan? Sebuah rencana kuat di awal akan mengurangi permasalahan ketika pelaksanaan.
Apakah Anda memiliki sumber daya?
Meskipun outsourcing menjadi proses yang dapat membuat Anda meraih jauh lebih dari kemampuan dengan keterbatasan sumber daya perusahaan, proses ini tetap harus memiliki kehadiran dalam bisnis Anda. Mungkin Anda perlu berkaca pada aspek-aspek tertentu dari tim proyek partner outsourcing Anda, yang berarti bisa apa saja mulai dari manajer proyek hingga sumberdaya IT.
Jauhkan karyawan dari kekhawatiran
Tenaga kerja fulltime Anda mungkin akan mulai bertanya-tanya jika Anda mulai mulai memilih partner outsourcing. Mereka cenderung memiliki kekhawatiran tentang keamanan pekerjaan mereka sendiri. Tentu saja ini dapat menimbulkan kegelisahan yang terus berkembang. Jangan sampai kegelisahan mereka bertemu dengan kegagalan Anda dalam mengontrol akses komunikasi.
Anda harus bisa mengelola rumor yang ada dan berbagai berita-berita yang menimbulkan ketidakharmonisan dengan baik sehingga perubahan besar dapat disampaikan dan diperkenalkan kepada karyawan. Ingatlah, karyawan full time Anda juga memangku kepentingan dalam perubahan menuju kesuksesan!
Convergence.id adalah salah satu perusahaan Outsourcing yang bergerak di bidang jasa call center dan menyediakan berbagai layanan call center inbound dan outbound untuk membantu meningkatkan bisnis perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik disini.
Baca juga: Call Center Dapat Menghemat Biaya Operasional Perusahaan