Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai Desk Collection
Article
September 13, 2022

Tugas dan Tanggung Jawab Desk Collection

Tugas dan Tanggung Jawab Desk Collection

Seperti kita ketahui, layanan pinjaman, baik online maupun offline belakangan kerap dijadikan solusi di tengah kebutuhan hidup yang terus meningkat. Sayangnya setelah dana pinjaman tersebut habis digunakan, beberapa nasabah belum juga membayar cicilan meski tanggal jatuh tempo pembayarannya sudah dekat.

Mereka seolah cuek dengan ancaman denda akibat melewati batas waktu pelunasan. hal ini menjadi masalah serius untuk perusahaan jika terjadi terus menerus dengan banyak nasabah sehingga desk collection lah yang turun tangan untuk mengingatkan.

Fungsi Seorang Desk Collection?

Fungsi desk collection sendiri itu penting untuk menelpon dan mengingatkan nasabah agar segera melakukan pembayaran.

Dalam melakukan penagihan, yang terpenting yaitu tentu berfikir bagaimana cara untuk menagih hutang kepada para nasabah Anda tanpa menyinggung perasaan mereka mengingat adanya hubungan baik yang harus dijaga oleh Anda dengan para nasabah tersebut guna keberlangsungan kerjasama antara Anda dengan nasabah Anda.

Beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Desk Collection adalah sebagai berikut:

  1. Menelpon, mengingatkan dan menagih nasabah untuk pembayaran yang telah melewati batas tanggal yang telah ditentukan sesuai dengan SOP yang berlaku diperusahaan.
  2. Melakukan monitoring atau pengecekan setiap nasabah yang mengalami permasalahan dalam pembayaran angsuran yang tidak tepat waktu sesuai dengan apa yang telah disepakati sebelumnya.
  3. Melakukan follow up berupa pemberian informasi melalui media perpesanan seperti SMS, Whatsapp maupun telepon. Follow up ini diberikan hanya untuk nasabah yang tidak kunjung membayar saja, jika sudah melakukan follow up dan mendapatkan kesepakatan dengan nasabah maka desk collection akan menunggu pembayaran dari Anda.
  4. Bertanggung jawab terhadap setiap informasi yang disampaikan dalam proses penagihan terhadap nasabah.
  5. Bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai target yang diberikan.

Namun sekarang ini sudah ada teknologi yang cukup efisien untuk melakukan penagihan pembayaran dengan cara yang mudah dan cepat, yaitu menggunakan media perpesanan seperti Whatsapp. Sekarang whatsapp pun juga memiliki fitur untuk mengirimkan pesan untuk banyak penerima dengan mudah,  yaitu menggunakan Whatsapp API.

Convergence.id menyediakan berbagai layanan call center untuk meningkatkan bisnis Anda. Terutama dengan menyediakan layanan outbound Desk Collection. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More Great Article

Tips Untuk Memilih Partner Outsourcing Seringkali perusahaan menghadapi permintaan yang lebih besar dari kemampuan mereka, baik mereka yang memulai bisnis dengan modal kecil, maupun perusahaan...

Penyandang Disabilitas Punya Kesempatan Untuk Bekerja Bekerja menjadi hal yang esensial bagi manusia. Dengan bekerja manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Tuntutan akan pemenuhan kebutuhan dan...

Apa itu Call Center dan Tujuannya ? Apa itu call center dan tujuannya ? Pengertian Call Center adalah sebuah layanan informasi yang disediakan oleh perusahaan...