virtual contact center solutions
Article
September 23, 2023

Mengenal Apa Itu Virtual Contact Center Solutions

Saat ini, komunikasi yang sering dilakukan adalah dengan cara virtual. Kata virtual sendiri sangat erat kaitannya dengan istilah maya, teknologi, internet, perangkat, dan aplikasi, Dengan kata lain, virtual adalah komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung menggunakan teknologi. 

Virtual sendiri digunakan dibanyak bidang, Salah satu bidang pekerjaan yang menggunakan cara ini adalah contact center. Pada dunia kerja, khususnya yang bergerak di telekomunikasi, bekerja secara virtual sama artinya dengan berkerja jarak jauh. 

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait virtual contact center, bagaimana cara bekerjanya, dan contoh perusahaan yang bergerak dibidang ini. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Apa itu virtual contact center solutions?  

Virtual contact center solutions adalah sistem yang mengatur para agen atau karyawan layanan pelanggan untuk bekerja dari mana saja (remote) dengan dilengkapi customer support tools seperti komputer, internet, telepon, dan software lainnya. 

Bekerja secara remote atau jarak jauh mulai dikenal sebagai dampak dari wabah corona. Namun hingga kini, cara ini semakin sering digunakan karena dirasa efektif untuk mengurangi pengeluaran perusahaan, meningkatkan kinerja dan kepuasan karyawan, 

Bagaimana cara bekerja virtual contact center solutions?

Cara bekerja secara virtual dan secara offline di kantor sejatinya tidak jauh berbeda. Namun, sebelum memulai pastikan semua perangkat dan koneksi terhubung dengan baik. 

Langkah pertama yang dilakukan adalah memastikan para agen terhubung pada sistem contact center secara online. Setelah itu, agen baru akan menerima panggilan masuk dari pelanggan. Panggilan tersebut akan diarahkan oleh sistem secara otomatis pada agen yang saat itu sedang available. 

Dalam menangani pertanyaan dan komplain pelanggan, agen dapat mengakses data dan informasi pelanggan. Setelah melakukan pengecekan menyeluruh, agen baru dapat menindaklanjuti keluhan tersebut melalui telepon maupun email. Tak hanya itu, agen juga bisa melakukan melihat tingkat kepuasan pelanggan sebagai bahan evaluasi kinerja agen. 

Contoh perusahaan virtual contact center 

Contoh perusahaan di Indonesia yang mempunyai remote agent services adalah Convergance. Tak hanya itu, Convergance juga telah memiliki Layanan Disaster Recovery Center (DRC).

Layanan ini dinilai sangat penting demi keberlangsungan sebuah bisnis. DRC dapat mengantisipasi bencana bahkan kejahatan teknologi (cyber attack) yang dapat menghilangkan atau menyerang data-data penting perusahaan. Dengan DRC, perusahaan akan tetap bisa mengakses data dan sistem.

Tak hanya melindungi data, convergance juga akan merancang recana pemulihan apabila ada masalah yang timbul. Dengan begitu, perusahaan bisa tetap mempertahankan tingkat layanan.

Dengan penjelasan di atas, Anda dapat mengetahui lebih jauh terkait apa itu virtual contact center solutions, bagaimana virtual contact center berkerja dan contoh perusahaan yang miliki layanan ini. Apabila Anda ingin informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses laman berikut ini https://convergence.id/remote-agent/ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...