Hubungan Baik dengan Pelanggan
Engagement
March 20, 2022

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan satu hal yang penting dalam menjalankan sebuah usaha. Sebagai pemilik usaha, tentunya harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Hubungan Baik dengan Pelanggan

Hubungan yang baik terhadap pelanggan dapat membantu untuk mengetahui keluhan, kepuasan dan kebutuhan mereka. Tentunya menjaga hubungan dengan konsumen saat ini memberikan keuntungan lebih besar daripada mencari pelanggan baru.

Tidak heran jika banyak perusahaan yang semakin terpuruk karena pelanggan mereka berangsur meninggalkan perusahaan tersebut dan memilih untuk mencari perusahaan lain yang peduli kepada pelanggan-pelanggannya.

Maka jangan pernah biarkan pelanggan yang sudah datang pergi meninggalkan bisnis yang kamu jalankan. Jagalah hubungan tersebut dengan membangun interaksi yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Jika berhasil menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, bisnis akan semakin berkembang. Berikut ini adalah strategi yang dapat membangun hubungan yang baik terhadap pelanggan :

  • Berkomunikasi dengan baik

Dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, tentunya kita butuh komunikasi. Namun jangan hanya berkomunikasi dan merayu pelanggan di awal saja lalu membiarkannya pergi. Tetap menjaga komunikasi tersebut dengan meminta nomor kontak, email dan lainnya baik sebelum, selama atau setelah proses penjualan.

  • Berikan sesuatu yang melebihi harapan

Pelanggan yang datang juga membawa harapan tentang produk yang akan dibeli. Sebagai pemilik usaha, perlu berpikir satu langkah di depan pelanggan. Perusahaan juga perlu meningkatkan standar lebih dari apa yang ditawarkan. Berikan penawaran dan promosi, lalu berikan mereka lebih dari apa yang di promosikan. Berikan pelanggan kepuasan melebihi apa yang mereka duga. Ketika pelanggan terkesan, maka mereka akan kembali lagi.

  • Mendengarkan masukan dari pelanggan

Mendengarkan pendapat para pelanggan di media sosial akan membawa lebih banyak keberuntungan bagi usaha yang kamu jalankan.

Sebaik apapun ide bisnis yang kamu buat, selalu ada kemungkinan akan komentar-komentar negatif dengan usaha yang kamu jalankan, maka sangat penting untuk mendengarkan keluhan pelanggan dengan cermat.

Membangun hubungan dengan pelanggan adalah kunci kesuksesan dari sebuah bisnis dan tidak harus dengan bertemu secara fisik. Meskipun melakukan pertemuan secara fisik dengan pelanggan adalah merupakan hal yang utama.

Convergence.id kini hadir dengan memberikan solusi dan pengalaman terbaik dalam membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan yang baik. Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

One response to “Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan”

  1. Thanks for attending one of our past events!

    As a member, we will give you exclusive deals and offers from our partners which are not available to the public.

    We will be sending you a few special offers every single day for the next year.

    Our partner: https://www.mrflavour.co.uk

    Kind regards

    Allegra Events Limited
    106 Arlington Road
    Camden Town, London
    NW1 7HP
    United Kingdom
    Registered in England No. 6754003
    Tel: +44(0)20 7691 8800

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...