Perbedaan Whatsapp Business & Whatsapp Business API
Engagement
January 20, 2022

Perbedaan WhatsApp Business & WhatsApp Business API

Source: Wappin ID

Perbedaan WhatsApp Business & WhatsApp Business API

WhatsApp adalah aplikasi yang telah banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia dan menduduki urutan ketiga setelah Facebook dan YouTube. Jika dulu aplikasi ini hanya digunakan untuk berkomunikasi, kini manfaatnya sudah semakin meluas, yaitu untuk berbisnis.

Untuk Bisnis, jenis yang digunakan adalah jenis Whatsapp Business dan WhatsApp Business API. Lalu apa bedanya?

WhatsApp Business

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang dirilis secara resmi oleh pihak WhatsApp. Tujuan utamanya tentu untuk memudahkan pemilik bisnis atau UMKM dalam berkomunikasi dengan customernya.

Untuk penggunaannya sama seperti WhatsApp biasa, tapi untuk aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pengaturan pesan dan pesan otomatis. Kemudian ada juga fitur-fitur lainnya, seperti di bawah ini:

  • Perangkat pesan
  • Statistik
  • Profil bisnis
  • Quick Reply
  • Greeting Message
  • Conversation Label
  • Broadcast Message

Untuk menunjang interaksi kamu dengan customer, berbagai macam fitur tersebut sebaiknya kamu gunakan dengan baik untuk membuat interaksi dengan customer lebih efisien.

WhatsApp Business API

Bagi Anda yang telah memiliki bisnis dalam skala besar, maka WhatsApp Business API adalah pilihan yang tepat untuk memperlancar bisnis Anda. Beberapa dari Anda mungkin belum cukup familiar dengan apa itu API? API atau Application Programming Interface ini merupakan serangkaian kode yang kemudian tersambung dengan software perusahaan. Di mana software tersebut nantinya juga akan disambungkan dengan WhatsApp.

Fitur yang ada pada WhatsApp Business API sendiri sedikit berbeda dengan WhatsApp Business. Beberapa fitur yang bisa kamu temukan diantaranya:

  • Verified Business Profile
  • Multi-Agents Access
  • Use Automation
  • Chatbot
  • Send Bulk Notification

Fitur WhatsApp Business API yang paling menarik yakni chatbot. Di mana melalui fitur satu ini, customer bisa langsung mendapatkan balasan pesan otomatis yang telah ditentukan sebelumnya. Penggunaan dari chatbot sendiri digunakan untuk membalas pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh customer.

Dengan menggunakan chatbot, kinerja dari karyawan pun dapat lebih maksimal. Mereka tidak lagi perlu meluangkan waktu untuk membalas pesan yang hanya itu-itu saja. Sebaliknya, waktu yang dimiliki karyawan bisa lebih dioptimalkan pada hal lainnya yang lebih penting dan memang harus ditangani langsung oleh operator

WhatsApp Business API juga memungkinkan bisnis menyambungkan satu nomor WhatsApp miliknya ke kanal lain, sehingga bisa diakses hingga lebih dari 10 perangkat sekaligus. Dengan begitu, bisnis dapat memiliki lebih banyak agen Customer Service (CS) untuk melayani pesan dari customer di akun WhatsApp dan meningkatkan responsivitas secara aman melalui enkripsi end-to-end.

Manfaat WhatsApp Business API

Perangkat ini tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi bisnis, tapi juga bisa digunakan sebagai Customer Retention Tool. Dari fungsinya, WhatsApp Business API mirip seperti email marketing atau media komunikasi lainnya. Alasannya adalah sebagai berikut:

  • Memberikan fasilitas dalam membangun brand presence pada bisnis.
  • WhatsApp API dapat difungsikan sebagai Customer Service Support Tool.
  • Sangat mendukung pengguna untuk membangun profil bisnis yang kokoh serta bebas dari fraud.

Jadi, setelah mengetahui perbedaan dari WhatsApp Business dan WhatsApp API, Anda pun dapat memilih mana yang paling tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Apakah Anda siap untuk membangun customer experience yang menyenangkan?

Bila iya, untuk bisa mendapatkan WhatsApp Business API, kamu bisa langsung mengajukan kerjasama dengan Convergence.id. Convergence.id siap menjadi solusi terbaik untuk mengambangkan bisnis Anda menggunakan WhatsApp Business API.

Silahkan Anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

3 Responses

Comments are closed.

More Great Article

Tips Untuk Memilih Partner Outsourcing Seringkali perusahaan menghadapi permintaan yang lebih besar dari kemampuan mereka, baik mereka yang memulai bisnis dengan modal kecil, maupun perusahaan...

Penyandang Disabilitas Punya Kesempatan Untuk Bekerja Bekerja menjadi hal yang esensial bagi manusia. Dengan bekerja manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Tuntutan akan pemenuhan kebutuhan dan...

Apa itu Call Center dan Tujuannya ? Apa itu call center dan tujuannya ? Pengertian Call Center adalah sebuah layanan informasi yang disediakan oleh perusahaan...