Customer Service
Engagement
August 18, 2021

Tingkatkan Respon Survei dari Customer

Tingkatkan Respon Survei dari Customer

Kepuasan customer merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah bisnis. Hal ini berdampak kepada bisnis yang sedang dijalankan. Perusahaan harus mengetahui apakah customer puas terhadap produk dan jasa? Salah satu yang harus dilakukan adalah mengumpulkan survei kepuasan terhadap customer. Mengumpulkan survei customer juga menjadi cara untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dan customer. Perusahaan dapat mengetahui apa yang dibutuhkan customer dan mengetahui tingkat kepuasan terhadap produk dan jasa yang dipasarkan. 

Perusahaan dapat menanyakan kepada customer mengenai kepuasan terhadap produk dan layanan yang diberikan kepada customer. Namun, pengumpulan respon survei customer menjadi sebuah tantangan karena tidak semua customer akan berkenan mengisi respon survei yang disediakan perusahaan. Dalam mengumpulkan survei kepuasan harus memperhatikan waktu yang tepat. 

Waktu yang paling tepat dalam melakukan survei yakni saat pengalaman customer masih ada dalam benak pikiran. Jika melakukan survei kepuasan terlalu lama sejak customer mendapatkan pengalamannya maka respon mereka tidak akurat karena customer sudah melupakan pengalaman yang telah dirasakan dan menjawab tidak sesuai dengan kenyataannya.

Keberhasilan dalam melakukan pengumpulan respon survei yakni tergantung seberapa tinggi tingkat respon yang dilakukan oleh customer. Semakin tinggi respon survei maka akan semakin akurat data yang didapatkan sesuai dengan data statistik yang ada. Jika respon survei rendah maka data yang didapatkan kurang akurat karena tidak mencakup seluruh populasi yang ada. 

Memberikan Kesan yang Baik Saat Melakukan Survei

Berikan kesan terbaik saat melakukan survei agar customer berkenan untuk mengisi survei yang telah dikirimkan. Berikan kalimat pembuka yang baik dan berkesan bagi customer, secara singkat, padat dan jelas, bahasa yang baik dan benar serta petunjuk cara pengisian survei. Customer akan mengisi formulir survei jika mereka memahami secara jelas formulir. Gunakan survei yang memiliki bahasa yang sederhana untuk memudahkan pemahaman dan mempersingkat waktu pengisian. 

Memastikan Survei Mudah Diakses

Kesalahan umum saat melakukan survei adalah tidak semua customer dapat mengisi survei karena tidak dapat dibuka melalui smartphone atau media yang lain untuk melakukan pengisian survei. Survei harus dapat diisi dengan mudah untuk menghindari isi respon survei yang rendah

Tampilan yang Menarik akan Membuat Semangat Mengisi Survei

Gunakan tampilan menarik dan sederhana agar customer tidak bingung dalam melakukan pengisian survei. Tampilan menarik dapat mempermudah customer untuk membaca pertanyaan dan mengisi jawaban. Hal ini dapat meningkatkan tingkat respon survei dari customer. 

Memberikan Reminder / Pengingat Kepada Customer

Perusahaan dapat melakukan pengingat untuk memastikan customer telah melakukan pengisian survei. Pengingat ini dapat dilakukan melalui email notifikasi untuk mengirimkan formulir pengisian survei.

Sertakan Contact Perusahaan

Customer yang telah mengisi survei dapat mengetahui contact perusahaan untuk memastikan customer telah mengisi jawaban dan tidak menemui kesulitan.

Convergence.id menyediakan berbagai layanan call center terutama Customer Service untuk meningkatkan bisnis perusahaan Anda, Dengan dibekali para agen atau karyawan yang sudah berpengalaman, profesional dan berkualitas. Silahkan anda bisa kunjungi https://convergence.id/contact-us/contact/ untuk informasi lebih lanjut.

More Great Article

Tips Untuk Memilih Partner Outsourcing Seringkali perusahaan menghadapi permintaan yang lebih besar dari kemampuan mereka, baik mereka yang memulai bisnis dengan modal kecil, maupun perusahaan...

Penyandang Disabilitas Punya Kesempatan Untuk Bekerja Bekerja menjadi hal yang esensial bagi manusia. Dengan bekerja manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Tuntutan akan pemenuhan kebutuhan dan...

Apa itu Call Center dan Tujuannya ? Apa itu call center dan tujuannya ? Pengertian Call Center adalah sebuah layanan informasi yang disediakan oleh perusahaan...