manfaat crm excel
Article
December 5, 2022

5 Manfaat dan Kelebihan CRM Excel, Salah Satunya Melakukan Penggalian Data

Seperti yang kita tahu, customer memiliki peran penting dalam kemajuan bisnis terutama dalam naik dan turunnya pendapatan. Hal ini dikarenakan customer adalah individu yang membeli produk atau jasa. Bisa dipastikan tanpa customer, bisnis tidak akan berjalan. Oleh karena itu, anda membutuhkan CRM Excel agar anda selalu terhubung dengan pelanggan.

Manfaat CRM

Tapi sebelum itu, ketahui dulu apa saja manfaat menggunakan sistem CRM. Ini detailnya!

  1. Membangun hubungan baik dengan customer

Sebagai pebisnis yang baik, tentu anda tidak boleh hanya berfokus memperoleh pelanggan baru lantas melupakan pelanggan lama. Keduanya harus seimbang, mengapa? karena dari pelanggan lama ada kemungkinan anda mendapatkan insight penting yang akan berguna untuk bisnis anda di masa depan.

Tidak hanya itu, pelanggan lama juga berpeluang besar untuk melakukan repeat order bila respon anda dinilai baik oleh mereka. Jadi, pastikan anda menjaga hubungan baik dengan semua pelanggan.

  1. Memproses data

Software CRM akan membantu anda mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan menganalisis seluruh data pelanggan anda secara cepat dan otomatis. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir data akan tercecer bahkan hilang, serta memudahkan untuk memonitor data lengkap pelanggan secara menyeluruh.

Dimulai dari nama, email, kontak, penawaran produk sampai analisis lengkap tentang kebiasaan pelanggan.

  1. Memahami customer

CRM excel membantu anda menganalisis kebiasaan pelanggan, sehingga anda bisa mengoptimalkan customer experience. Dengan mengetahui preferensi atau kebiasaan pelanggan, anda bisa lebih mudah untuk mengetahui keinginan pelanggan dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis akan semakin kuat nantinya.

  1. Mendongkrak performa dan keuntungan bisnis

Kepuasan pelanggan secara tidak langsung akan mendorong profit bisnis menjadi semakin maksimal. Apabila pelanggan puas, maka mereka akan kembali membeli produk anda.

Sebaliknya, jika pelanggan tidak puas, mereka akan beralih ke perusahaan kompetitor. Kabar buruknya, mereka bisa saja menceritakan pengalaman negatif tentang bisnis anda ke orang lain.

  1. Meningkatkan komunikasi antar tim

CRM juga berperan dalam meminimalisir miskomunikasi antar tim, membantu memperlancar pekerjaan dalam tim dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Sistem yang terorganisir tersebut, akan membuat proses komunikasi menjadi lebih efektif.

Kelebihan Menggunakan CRM Excel

Berikut ini kelebihan CRM yang harus anda ketahui:

  1. Mengakses data dari mana saja

CRM memiliki aplikasi mobile CRM yang bisa anda akses melalui smartphone. Sistem CRM ini memungkinkan anda untuk mengakses data dari mana saja dan tetap update dengan segala perubahan yang terjadi.

  1. Melakukan penggalian data

CRM membantu melihat laporan penjualan dan melakukan analisis lainnya. Sehingga secara cepat dan tepat perusahaan dapat mengetahui laporan kelebihan dan kekurangan database marketing dan telemarketing.

Demikian penjelasan singkat mengenai crm excel, semoga bisa menjadi referensi anda kedepannya. Silahkan klik convergence.id untuk detail informasi selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...