cara menonjol saat melamar kerja
Article
February 27, 2023

7 Cara Menonjol Saat Melamar Kerja Untuk Karir Impian

Lowongan kerja menjadi hal yang banyak dicari, khususnya bagi fresh graduate yang baru saja menyelesaikan studi. Dengan banyaknya lulusan yang sama-sama mencari pekerjaan, sangat penting untuk mengetahui cara menonjol saat melamar kerja di tengah persaingan antar pelamar yang cukup ketat.

Apalagi dari segi kualifikasi, kebanyakan berasal dari jurusan yang sama dan dari aspek pengalaman pun mungkin sama yaitu sama-sama belum berpengalaman karena baru lulus. Agar kesempatan Anda diterima bekerja lebih tinggi, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar menonjol di pasar kerja,

Menunjukkan Keterampilan yang Dimiliki

Para pelamar kerja mungkin memiliki latar belakang pendidikan yang hampir sama. Yang membedakan biasanya adalah IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Namun, saat ini banyak juga pelamar yang memiliki IPK bagus. Untuk itu, pastikan Anda memiliki keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar sehingga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima.

Jika belum memiliki keterampilan tersebut, segera asah mulai sekarang sambil menunggu wawancara kerja. Jadi nanti ketika sampai di sesi wawancara, Anda dapat menceritakannya sebagai kelebihan yang patut dipertimbangkan.

Bersikap Sebagai Kandidat yang Tepat

Posisikan diri Anda sebagai kandidat yang paling tepat untuk menempati posisi tersebut. Hal ini cukup efektif sebagai cara menonjol di pasar kerja. Anda dapat menanyakan apa yang dicari oleh perusahaan dan permasalahan yang dihadapi. Dari sana Anda dapat menceritakan keterampilan atau potensi yang dapat memberikan solusi permasalahan tersebut. Namun pastikan untuk tidak berlebihan dalam menyampaikannya agar tidak terkesan sombong.

Menunjukkan Kepribadian yang Suka Belajar dan Suka Tantangan

Perusahaan biasanya menyukai kandidat yang senang belajar hal baru, bukan yang merasa paling pintar. Anda dapat meyakinkan perusahaan bahwa Anda dapat menyerap ilmu yang diberikan dengan cepat dan memiliki keinginan yang besar untuk tumbuh demi mengembangkan perusahaan dengan berbagai konsekuensinya.

Melampirkan Portofolio atau Riwayat Pekerjaan yang Relevan

Perusahaan akan mempertimbangkan pengalaman-pengalaman yang relevan dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Untuk itu jangan ragu untuk menuliskan riwayat pekerjaan yang pernah dilakukan. Bagi fresh graduate, Anda dapat menuliskan pengalaman magang misalnya. Atau jika posisi yang dilamar berkaitan dengan keahlian tertentu seperti desain, Anda dapat melampirkan portofolio karya yang pernah dibuat.

Percaya Diri

Kebanyakan pelamar sering merasa gugup saat melamar kerja. Ketika pelamar yang lain merasa gugup, ini adalah kesempatan Anda untuk memberikan impresi positif dengan tetap menunjukkan rasa percaya diri. Perlu digarisbawahi di sini bahwa percaya diri tidak sama dengan sombong. Kepercayaan diri dapat ditunjukkan melalui gesture dan keyakinan ketika menjawab pertanyaan yang diajukan saat wawancara.

Membuat CV yang Menarik

Di era perkembangan jaman dengan teknologi yang terus berubah, membuat CV yang menarik, dan representatif dapat menjadi salah satu cara menonjol saat melamar kerja. CV menjadi hal penting karena dapat menunjukkan kesan pertama sekaligus kepribadian Anda sebelum mereka melakukan wawancara. Untuk itu, siapkan CV sebaik mungkin untuk memberikan kesan yang bagus bagi perusahaan.

Mempelajari Perusahaan yang Akan Dilamar

Ketika melamar pekerjaan di suatu perusahaan. pastikan untuk mempelajari seluk beluk dan kiprah perusahaan tersebut, termasuk visi dan misinya. Pengetahuan ini akan sangat membantu khususnya ketika membuat surat lamaran dan nantinya juga dapat memberikan jawaban yang relevan ketika sesi wawancara.

Demikian beberapa tips atau cara menonjol saat melamar kerja. Dengan memperhatikan tips di atas, Anda tentu akan mendapatkan perhatian lebih banyak dari perusahaan dibandingkan kandidat yang lain. Jadi kesempatan untuk diterima di perusahaan impian pun akan lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...