disaster recovery center
Article
December 16, 2022

Apa itu DRC (Disaster Recovery Center)

Saat ini dunia teknologi sedang berkembang sangat begitu majunya, sehingga tidak heran apabila era digital sekarang ini menjadi sebuah trend yang berkembang menjadi sebuah kebutuhan. Perkembangan ini dapat Anda lihat melalui banyaknya perusahaan-perusahaan yang melakukan digitalisasi dalam lingkungannya, baik itu perusahaan skala kecil hingga besar, banyak hal yang perlu diperhatikan salah satunya contact center yang memerlukan pentingnya drc.

Sebab apabila perusahaan Anda menunjang digitalisasi maka segala sesuatunya akan disimpan pada sistem data yang telah dibuat. Sehingga apabila hilang maka akan sangat membahayakannya, oleh karenanya dibutuhkan DRC dalam perusahaan bisnis yang Anda miliki. Tidak hanya sekadar mendigitalkan segalanya tetapi harus memperhatikan segala aspek yang akan menjadi penunjang dalam berjalannya kelangsungan digital ini.

Drc Sendiri merupakan singkatan dari disaster recovery center yang merupakan bagian yang sangat penting dalam melayani dan mengerjakan setiap pemulihan ketika terjadi sebuah kendala atau bencana. Sehingga mengapa DRC ini sangat dibutuhkan oleh contact center dalam menjalankan setiap tugas yang diembannya.

Dengan hadirnya DRC ini maka memungkinkan untuk dapat memulihkan aset perusahaan dapat kembali setelah menemukan bencana ataupun kendala, dalam kata lain DRC merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh setiap perusahaan dalam memulihkan serta menyelamatkan infrastruktur pasca sebuah kendala, sehingga betapa pentingnya DRC untuk perusahaan.

Tidak hanya itu saja tetapi ada banyak fungsi lainnya yang dimiliki oleh DRC sebagai sebuah sistem pemulihan yang harus dimiliki setiap perusahaan. Baik itu data yang bersifat internal maupun eksternal harus perusahaan pilih sebagai sebuah opsi yang harus diperhitungkan setiap pengembangannya.

Pentingnya DRC Untuk Perusahaan 

Data perusahaan merupakan sebuah aset yang sangat begitu penting sehingga sangat wajib untuk dilindungi serta dilakukan pencadangan apalagi di era digital seperti sekarang ini. Sehingga apabila terjadi bencana atau hal yang tidak diinginkan maka dapat dilakukan pemulihan dengan jauh lebih mudah.

Pastinya sekilas Anda sudah paham mengenai pentingnya DRC yang sebaiknya Anda ketahui, apalagi jika Anda sebagai seorang pemilik perusahaan. Berikut ini informasi mengenai seberapa penting drc untuk kelangsungan perusahaan Anda terutama untuk contact center.

Sebagai Antisipasi Akan Kegagalan Mesin Serta Hardware

DRC ini menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki, meskipun perusahaan telah membeli mesin maupun hardware canggih. Sebab dengan ini dapat mencegah terjadinya kehilangan data ketika terjadi eror yang disebabkan oleh fungsionalitas hardware atau mesin yang dapat mengalami kegagalan.

Antisipasi Kesalahan Manusia

Manusia adalah makhluk yang tidak luput dari kesalahan yang bisa menyebabkan error atau biasa disebut sebagai human error entah karena salah memencet atau yang lainnya. Sehingga hal ini akan berperan untuk merecovery seluruh data yang mungkin mengalami kerusakan akibat human error ini.

Optimalisasi Layanan

Seorang klien atau pelanggan pastinya selalu mengharapkan layanan yang cepat, salah satunya dengan infrastruktur perusahaan yang akan selalu bisa untuk diakses. Untuk itu penggunaan DRC bisa menjadi jawaban pengoptimalan layanan yang harus Anda lakukan  untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai klien inginkan.

Antisipasi Bencana Alam

Dengan hadirnya digitalisasi maka setiap data yang dimiliki oleh sebuah perusahaan akan disimpan secara digital dengan tujuan agar tidak mudah hilang. Namun hal ini dapat terwujud apabila digunakannya DRC sehingga ketika terjadi bencana alam atau hal yang tidak bisa diprediksi maka setiap data yang dimiliki akan tetap aman dan ter recovery dengan aman.

Demikianlah informasi mengenai pentingnya DRC untuk contact center sebagai penyedia layanan terbaik dalam sebuah perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...