Article
June 9, 2023

Cara Menggunakan BPO Company Untuk Meningkatkan Manajemen Rantai Pasokan UMKM

Penggunaan BPO Company memang umum diterapkan oleh perusahaan besar. Akan tetapi, demi kemajuan usaha seorang pemilik UMKM pun disarankan untuk mencobanya.

Telah digunakan sejak lama untuk mendapatkan sumber daya manusia terbaik. Apakah anda salah satunya yang masih awam dengan BPO? Mari simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu BPO?

BPO adalah singkatan dari business process outsourcing yakni suatu praktik bisnis yang berguna dalam mengatur organisasi dengan pelayanan eksternal untuk menjalankan fungsi bisnis yang esensial.

Biasanya suatu organisasi akan bekerja sama dengan bisnis lainnya (pihak ketiga). Meski sering kali BPO diaplikasikan dalam perusahaan manufaktur, namun ini juga digunakan sebagai cara outsourcing layanan dan produk.

Secara garis besar, BPO kerap dipraktikan di dua area utama, seperti belakang dan depan perusahaan. Pada bagian belakang, BPO berkaitan dengan suatu perusahaan yang bekerja sama untuk dukungan operasi seperti akuntan, layanan IT, dan sebagainya.

Sedangkan untuk di bagian terdepan, tugas BPO umumnya sebagai layanan konsumen, seperti marketing, penjualan, dan teknisi.

Singkatnya, BPO adalah layanan yang menyediakan tenaga kerja bagi perusahaan, hingga pemilik bisnis skala UMKM menyesuaikan kebutuhan.

Tujuan Adanya BPO

Lantas, apa tujuan dari BPO yang memudahkan perusahaan dalam menemukan pekerja yang tepat? Berikut di antaranya :

  • Pengurangan risiko dan ketidakpastian bisnis yang dialami perusahaan di masa mendatang.
  • Pelengkap layanan perusahaan yang sifatnya teknis.
  • Efisiensi biaya.
  • Operasional bisnis inti lebih difokuskan.
  • Perbaikan pekerjaan yang bersifat non-inti.

BPO memang diperuntukkan bagi perusahaan yang memerlukan layanan teknis hingga non-teknis. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih produktif, dan terfokus pada operasional inti.

Layanan yang Disediakan BPO

BPO Company menawarkan berbagai layanan yang biasa diperlukan dalam suatu perusahaan, bahkan UMKM. Berikut layanan yang disediakan :

  • Akuntan dan payroll
  • Administrasi
  • Pemasaran
  • Pengiriman dan logistik
  • Penjualan
  • Penelitian
  • Layanan konsumen
  • Managemen IT dan service
  • Manufaktur

Keuntungan BPO untuk UMKM

  • Segi biaya

Bila dilihat dari segi biaya, BPO sering kali melakukan proses bisnis yang rendah biaya, atau menguntungkan keuangan perusahaan lewat banyak cara.

Bagi UMKM yang masih terbatas dari segi pendanaan, menerapkan BPO adalah cara pas untuk memangkas biaya pengeluaran usaha.

  • Performa

Sebagai penyedia SDM, maka penyedia BPO memiliki performa kerja yang efisien, cepat, namun akurat. Tentu performa seperti ini amat dibutuhkan oleh UMKM yang sedang mulai menjajaki dunia bisnis.

  • Fleksibilitas

Durasi kerjanya berdasarkan kontrak, namun anda dapat memodifikasinya sembari mempertimbangkan dinamika pasar yang cepat berubah.

Cara Menggunakan BPO

Berikut ini beberapa cara menggunakan BPO yang bisa dilakukan :

  • Sistem kontrak

Sistem kontrak karyawan telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan, di mana jenis kontraknya berupa PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) dengan batasan waktu maksimal 3 tahun.

Karyawan dibebaskan dari masa percobaan, pemberhentian kerja, juga tidak mendapat pesangon.

  • Perekrutan dan pembayaran

Cara kedua adalah perekrutan yang melalui tahapan seleksi tes, wawancara, MCU, dan lainnya. perusahaan wajib membayarkan gaji tiap bulan melalui penyedia BPO.

Cara Memilih Penyedia BPO

Memilih penyedia jasa BPO tidak boleh sembarangan, sebab ini dapat mempengaruhi kinerja perusahaan dan hal penting lainnya. Lantas, apa saja cara tepat memilih BPO?

  • Data yang dimiliki anda adalah bersifat rahasia. Kedua belah pihak perlu memahami dan menanda tangani aturan mengenai hak, kewajiban, termasuk kerahasiaan data perusahaan.
  • Penyedia memahami jenis industri dan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan/UMKM.
  • Lokasi di mana penyedia berada, anda dapat memilih BPO dari lokal atau mancanegara.
  • Laporan bulanan sebagai cara menunjukkan bahwa pekerjaan telah dilakukan sesuai kontrak.
  • Memilih BPO yang mampu melakukan permintaan yang dibutuhkan oleh klien, baik di masa kini dan mendatang.

Apakah anda sudah paham bagusnya BPO Company untuk UMKM? Ternyata hadirnya inovasi seperti ini amat berguna untuk efisiensi kerja dan meningkatkan produktivitas.

Masih penasaran dengan dunia outsourcing? Kunjungi Convergence.id untuk informasi lebih lanjut, dan layanan outsourcing untuk kemajuan usaha anda. Semoga bermanfaat.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...