Article
June 7, 2023

Menggunakan BPO untuk Meningkatkan Jangkauan Global Perusahaan: Mungkingkah?

Untuk meningkatkan jangkauan global, perusahaan membutuhkan partner yang dapat memberikan solusi terhadap berbagai masalah yang dihadapi organisasi secara tepat dan cepat. Disinilah BPO memegang peranan penting terhadap perkembangan perusahaan. Berikut segala hal yang perlu Anda ketahui mengenai peranan BPO untuk meningkatkan jangkauan global perusahaan.

Apa Itu BPO?

Pada dasarnya, BPO atau Business Process Outsourcing merupakan kegiatan yang melibatkan pengalihdayaan proses bisnis. BPO menawarkan berbagai layanan yang menjadikan suatu perpanjangan dari perusahaan yang menjadi klien mereka. Dengan kata lain, BPO menggunakan penyedia layanan eksternal atau pihak ketiga untuk melakukan tugas-tugas tertentu bagi perusahaan klien.

Tim outsourcing yang dikontrak oleh perusahaan merupakan sekelompok individu yang memiliki kemampuan yang baik untuk memecahkan masalah. Mereka juga para profesional di bidang masing-masing dengan pemikiran yang inovatif. Singkatnya, tim outsourcing ini didukung oleh individu-individu yang dapat diandalkan dalam memenuhi kebutuhan perusahaan yang menjadi klien mereka.

BPO sendiri memiliki 2 struktur yang berbeda; front-office dan back-office. Front-office pada BPO biasanya melibatkan segala hal yang berhubungan dengan aspek internal. Hal ini termasuk pembelian inventaris, penagihan, dan penggajian.

Sementara itu, back-office merupakan struktur BPO yang berhubungan dengan berbagai aspek kegiatan di luar perusahaan. Yang termasuk di dalamnya adalah layanan pelanggan dan pemasaran.

Manfaat BPO

Sistem layanan pada BPO memiliki tujuan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Bentuk layanan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari agen customer service sampai instruktur perangkat server. Perusahaan sebagai klien dari BPO company hanya perlu memberikan instruksi sesuai dengan SOP mereka.

Degan efisiensi yang ditawarkan, perusahaan memiliki lebih banyak energi dan sumber daya untuk lebih berfokus kepada segala hal inti yang berhubungan dengan bisnis. Tidak heran, jika hal itu pada akhirnya dapat meningkatkan jangkauan perusahaan di pasar global. Berikut manfaat penggunaan BPO untuk meningkatkan jangkauan global perusahaan.

Efisiensi Waktu dan Biaya

BPO akan membantu Anda menyediakan individu-individu dan tenaga kerja yang diperlukan untuk menangani berbagai masalah perusahaan. Dengan tambahan sumber daya manusia yang cukup melimpah, perusahaan akan dapat menyelesaikan segala sesuatu dengan lebih cepat. Dengan demikian, usaha untuk menciptakan efisiensi waktu dan biaya dapat tercapai.

Sebagai contoh, perusahaan Anda memiliki banyak klien. Kemudian, BPO menyiapkan tim yang terdiri dari individu-individu profesional dan berpengalaman sebagai bagian dari pemberian solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan pelanggan. 

Anda tidak perlu lagi melakukan program pelatihan dan semacamnya untuk tim customer service karena BPO akan menyiapkan segala sesuatunya untuk Anda. Perusahaan akan dapat menghemat biaya dan waktu hanya dengan memberikan SOP yang diperlukan kepada BPO.

BPO sebagai partner perusahaan akan membantu organisasi untuk memangkas biaya yang sebelumnya dialokasikan untuk pekerjaan non primer. Tidak hanya itu, dengan adanya tim profesional yang mendukung bisnis Anda, perusahaan akan dapat bersaing di pasar global dengan lebih baik.

Meningkatkan Produktivitas

Dengan pengalihdayaan pekerjaan kepada BPO, Anda akan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional perusahaan secara keseluruhan. Tim profesional yang disediakan oleh BPO akan membuat perusahaan mampu menjalankan operasional perusahaan dengan lebih baik. Pekerjaan yang mereka lakukan tidak hanya berdasarkan keterampilan saja tetapi juga didukung oleh data dan analisa bisnis yang akurat.

Baca Juga: Apakah Benar BPO Dorong Inovasi Pada Perusahaan Yang Menggunakannya?

Peningkatan Kualitas Pelayanan

Dengan dukungan dari tim yang disediakan oleh BPO, perusahaan akan mempunyai lebih banyak energi untuk fokus terhadap kepuasan dan kenyamanan pelanggan. Perusahaan akan memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan strategi yang tepat untuk membuat pelanggan merasakan pengalaman yang berbeda saat menggunakan jasa dan produk yang ditawarkan. Kepuasan yang dirasakan para klien akan dapat membantu perusahaan meningkatkan reputasi di pasar global.

Lebih Fokus Kepada Inti Bisnis

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu tahu bahwa perusahaan memiliki kegiatan operasional yang cukup kompleks. Hal ini tentunya membutuhkan fokus yang lebih agar segala sesuatunya dapat berjalan tanpa hambatan berarti. Untuk itu, beberapa jenis pekerjaan, khususnya yang bersifat penunjang atau non primer sebaiknya dialihkan kepada pihak lain, dalam hal ini BPO. 

Dengan menyerahkan tugas-tugas tertentu kepada BPO, perusahaan tidak perlu lagi mengurusi hal-hal administratif yang menghabiskan waktu. Perusahaan dapat memanfaatkan energi dan sumber daya yang ada untuk fokus kepada inti bisnis dan meningkatkan jangkauan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...