Article
June 5, 2023

BPO untuk Peningkatan Analisis dan Pelaporan Data: Seberapa Efektifkah?

Saat mendengar istilah BPO, mungkin Anda akan langsung mengaitkannya dengan perekrutan karyawan melalui pihak ketiga. Tetapi sebenarnya, BPO lebih dari sekedar perekrutan tenaga kerja.

Praktik bisnis ini juga memiliki peran penting bagi perusahaan dalam menyediakan pelaporan analisis dan data. Lalu seberapa efektifkah analisa dan data yang dihasilkan? Cari tahu lebih banyak mengenai keefektifan BPO untuk peningkatan analisis dan pelaporan data pada artikel berikut.

Mengenal BPO

Sebelum membahas lebih jauh mengenai efektivitas BPO dalam pelaporan data dan peningkatan analisa, ada baiknya Anda mengetahui apa sesungguhnya praktik bisnis ini dan cara kerjanya. BPO atau Business Process Outsourcing pada dasarnya adalah kegiatan bisnis dimana perusahaan mengontrak pihak luar atau penyedia layanan eksternal untuk melakukan berbagai tugas bisnis.

Pada umumnya, perusahaan melakukan kerjasama secara tertulis dengan vendor untuk menyediakan tenaga kerja. Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa kedudukan perusahaan dan vendor bukanlah sebagai atasan dan bawahan, melainkan sebagai partner. Dengan kata lain, kerjasama diantara keduanya diharapkan memberikan keuntungan dari semua aspek.

BPO Company

BPO company merupakan perusahaan yang beroperasi dalam pengalihdayaan proses bisnis. Layanan yang diberikan oleh perusahaan jenis ini berperan penting sebagai perpanjangan perusahaan klien. Karena keuntungan yang ditawarkan oleh bisnis ini, saat ini ada banyak perusahaan yang melakukan outsourcing tim.

Tim outsourcing ini pada umumnya didukung oleh individu-individu yang memiliki kemampuan sebagai pemecah masalah. Mereka adalah individu yang memiliki pemikiran inovatif dan dapat diandalkan.

Baca Juga: BPO Penting Untuk Perusahaan, Bagaimana Cara Memilihnya?

Peningkatan Analisis dan Pelaporan Data dengan BPO

Lalu, bagaimana Anda dapat menggunakan BPO untuk meningkatan analisis dan pelaporan data? Anda perlu tahu bahwa BPO memiliki berbagai bentuk layanan dan salah satu diantaranya adalah KPO. 

KPO atau Knowledge Process Outsourcing adalah bagian dari BPO yang berperan dalam pengalihdayaan proses pengetahuan. Penyedia jasa layanan outsourcing ini memungkinkan perusahaan untuk mengalihkan tugas mereka kepada pihak-pihak yang memiliki kemampuan mumpuni dalam bidang tersebut.

Tugas-tugas yang dialihdayakan kepada KPO biasanya melibatkan analitis dan pekerjaan-pekerjaan khusus lainnya. Hal ini meliputi proses pengelolaan, pengumpulan, analisis, dan presentasi data. Penyedia jasa layanan ini akan mencarikan tenaga kerja yang terampil di bidang-bidang tersebut untuk perusahaan yang menjadi klien.

KPO dalam hal ini akan membantu perusahaan untuk meneliti berbagai hal yang dapat membantu bisnis mereka. Hal ini termasuk melakukan penelitian terhadap pasar, produk, layanan, kompetitor, dll. Tidak hanya itu, KPO juga akan membantu perusahaan untuk menangani berbagai masalah yang mungkin muncul dalam prosesnya. 

Selain itu, penyedia jasa layanan ini juga dapat membantu dalam hal peningkatan efisiensi melalui administrasi. Secara umum, proses dalam KPO meliputi analisis, konsultasi, dan penelitian. Beberapa tipe pekerjaan yang biasa disediakan oleh KPO diantaranya konsultan finansial, web design IT, konsultan manajemen, akuntan, dan research & development. 

KPO akan membuat perusahaan semakin mudah mendapatkan ahli di bidang tertentu untuk membantu kemajuan bisnis. Sehingga efisiensi dalam penyelesaian tugas terutama yang menyangkut analisis data dapat tercapai.

Kategori Layanan KPO

Berikut kategori layanan dalam KPO yang dapat membantu BPO untuk peningkatan analisis dan pelaporan data yang perlu Anda ketahui.

Riset Pasar

Salah satu layanan yang ditawarkan oleh KPO adalah penelitian dan konsultasi strategi. Hal ini akan mempermudah klien untuk memperoleh solusi atas berbagai masalah perusahaan yang bersifat urgent secara cepat, ringkas, dan akurat.

Data dan Wawasan

Layanan data dan wawasan yang disediakan oleh KPO akan memudahkan Anda untuk menyelesaikan semua masalah bisnis di seluruh industri. Hal ini dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan wawasan yang didukung oleh analisis data.

Manajemen Data

Manajemen data oleh KPO didesain secara khusus untuk memberikan solusi efisien kepada klien. Dengan layanan ini, KPO akan membantu pemilik bisnis untuk mengumpulkan, menyimpan, mengintegrasikan, dan membagi data untuk membuat analisis bisnis beserta laporannya.

Pelaporan Global dan Manajemen Kerja

Jenis layanan KPO berikutnya adalah pelaporan dan manajemen data. Layanan ini diberikan untuk menyediakan laporan dan pengukuran kinerja kepada perusahaan. Sehingga produktivitas dan keunggulan operasional perusahaan tersebut dapat dicapai secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...