Article
May 21, 2023

Business Process Outsourcing Adalah: Dampak Bagi Pekerjaan

Menggunakan jasa Business Process Outsourcing adalah hal lumrah di kalangan pelaku bisnis. Merekrut karyawan outsourcing berarti Anda mempercayakan operasional bisnis sehari-hari kepada pihak ketiga. Itulah kenapa Anda harus memilih jasa BPO yang profesional dan terpercaya.

Berbicara soal BPO, ada sejumlah keuntungan yang bisa Anda rasakan jika menggunakan jasanya. Salah satu yang paling terasa adalah bagaimana mereka mengerjakan tugas sesuai dengan posisinya masing-masing. Lalu, apa saja dampak penggunaan layanan BPO bagi pekerjaan?

  • Strategi Tepat Mendapatkan Tenaga Ahli Di Bidang Tertentu

Mengelola suatu bisnis tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi setiap harinya dan jumlah kompetitor yang terus bertambah dari waktu ke waktu.  

Untuk bisa memajukan suatu bisnis, diperlukan tenaga ahli di bidang tertentu. Masalahnya, seiring berkembangnya suatu bisnis, makin banyak pekerjaan yang harus ditanggung. Terkadang, jumlah tenaga ahli yang dimiliki pun tidak sebanding dengan beban kerja.

Jika merekrut fresh graduate, perusahaan tidak bisa langsung menggunakan kontribusinya karena harus melewati sesi training terlebih dahulu. Bila merekrut karyawan profesional secara langsung, terkadang besaran gaji yang harus dibayarkan jadi masalah tersendiri.

Lain halnya ketika menggunakan jasa BPO. Anda bisa mendapatkan tenaga ahli di bidang tertentu secara mudah, sebab tenaga outsourcing sudah mengikuti pelatihan dari perusahaan layanan BPO. Soal besaran gaji ataupun teknis lainnya, Anda dapat membahasnya dalam kontrak dengan penyedia layanan BPO.

  • Perusahaan Bisa Menyerahkan Tugas yang Sulit untuk Segera Dikerjakan

Dampak lain dari Business Process Outsourcing adalah perusahaan dapat menyerahkan tugas yang sulit untuk segera dikerjakan. Karyawan profesional yang memiliki skill dan pengalaman di bidang tertentu memiliki respon kerja yang lebih baik dibanding newbie.

Selain itu, seorang expert sudah terbiasa dengan tugas-tugas mudah hingga ringan sekalipun. Dengan pengalaman dan skill yang dimiliki, mereka mampu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan sulit yang menyangkut operasional bisnis.

  • Meningkatkan Persaingan Kerja

Menggunakan tenaga outsourcing yang telah terlatih dari jasa BPO secara tidak langsung turut meningkatkan persaingan kerja. Tiap anggota dari sebuah divisi akan terpacu etos kerjanya ketika ada karyawan ahli di sekitar mereka.

Jika disikapi dengan baik, hal ini dapat berdampak positif pula. Sebab yang berkembang tidak hanya satu atau dua orang, tapi satu tim dalam divisi tertentu. Meningkatnya persaingan kerja yang positif dalam jangka panjang akan mempengaruhi performa dari perusahaan itu sendiri.

  • Memacu Pertumbuhan UMKM 

Bagi UMKM, pemanfaatkan jasa BPO juga memiliki dampak yang positif. Berbeda dari perusahaan besar yang secara finansial lebih stabil, UMKM cenderung sedang berkembang dari berbagai segi. Dengan menggunakan jasa outsourcing yang profesional, UMKM menjadi lebih cepat berkembang.

Bertumbuhnya UMKM bisa dilihat dari berbagai aspek, mulai dari meningkatnya jumlah penjualan dan pemasukan bulanan. Peningkatan ini secara tidak langsung turut mempengaruhi reputasi dari bisnis UMKM yang Anda geluti.

  • Proses Penerimaan Karyawan yang Lebih Mudah

Dampak positif lain dari Business Process Outsourcing adalah membuat proses penerimaan karyawan yang lebih mudah. Dalam penerimaan karyawan baru, recruiter memiliki tugas yang cukup berat. Mereka harus menyaring ratusan bahkan ribuan para pelamar kerja untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan.

Jika salah memilih kandidat, maka akan berdampak pada operasional perusahaan. Namun ketika Anda menggunakan jasa outsourcing, proses penerimaan karyawan baru menjadi lebih sederhana dan mudah. Anda dapat melihat latar belakang dan kemampuan mereka melalui jasa BPO terkait.

Bahkan, ketika karyawan yang Anda gunakan tidak sesuai dengan standar dan peraturan di perusahaan, Anda dapat mengajukan permintaan penggantian kepada jasa BPO. Proses ini lebih mudah dibanding Anda harus memecat karyawan bermasalah dan menggantinya dengan merekrut karyawan baru yang belum berpengalaman.

Itulah beberapa dampak dari penggunaan jasa BPO untuk pekerjaan. Business Process Outsourcing adalah pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan tenaga profesional untuk mengembangkan suatu bisnis tanpa harus menanggung banyak risiko.

Kendati demikian, Anda tetap harus selektif dalam memilih perusahaan penyedia layanan BPO. Periksa reputasi dan rekam jejaknya sebelum bekerjasama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...