telemarketing b2b
Article
January 13, 2023

Butuh Jasa Telemarketing B2B? Langsung Saja Hubungi Convergence

Telemarketing menjadi salah satu kegiatan dalam dunia bisnis dengan tujuan menjual produk atau layanan jasa. Salah satu model ini adalah telemarketing B2B.

Sebelum membahasnya lebih jauh, telemarketing artinya sebuah strategi dalam pemasaran langsung, di mana seorang sales force melakukan pendekatan dan menghubungi calon pelanggan melalui saluran telekomunikasi.

Sedangkan B2B atau Business to Business dapat diartikan sebagai model bisnis dengan menjual produk dan jasa melalui target pasar sebuah organisasi atau bisnis lainnya. Sebagai contoh, Anda menjual bahan mentah, lalu dijual ke restoran.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan kalau telemarketing B2B adalah model bisnis untuk menjual produk dan jasa ke sebuah industri atau bisnis lain melalui saluran telekomunikasi.

Tidak hanya telemarketing B2B, ada model lainnya dalam melakukan penjualan produk atau jasa, yakni telemarketing outbound.

Yang dimaksud dengan telemarketing outbound adalah para telemarketer melakukan kontak dengan calon pelanggan yang berpotensi menggunakan produk atau jasa dari industri Anda. Kontak ini harus dilakukan secara terus menerus agar informasi tentang produk atau jasa dari perusahaan Anda tersampaikan dengan sangat jelas.

Penjelasan Customer Service

Penjelasan tersebut memastikan kalau semua perusahaan membutuhkan tenaga telemarketer untuk membantu mendapatkan keuntungan. Bahkan, seorang telemarketer perlu mempunyai skill untuk memanjakan dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Salah satu keahlian yang wajib dimiliki adalah customer service. Tujuan customer service dalam sebuah perusahaan yakni memberikan kenyamanan sehingga pengalaman para pelanggan dalam bertransaksi menjadi lebih baik.

Fungsi utama call center adalah menjawab pertanyaan dan menyelesaikan permintaan pelanggan saat dibutuhkan. Di mana fungsi tersebut dapat bekerja baik berkat dukungan teknologi canggih yang telah diadaptasi.

Keahlian yang Harus Dimiliki Customer Service

Berikut ini ada beberapa keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang customer service atau telemarketer:

  1. Memberi salam.
    Salam merupakan hal yang penting dalam segala hal. Berilah salam secara ramah untuk memulai pembicaraan dalam hal menjual produk.
  2. Menanyakan informasi dasar tentang pelanggan.
    Anda harus menanyakan informasi dasar pelanggan, seperti nama, usia, pekerjaan, keluhan, hingga barang yang dibutuhkan. Ini sangat penting karena bisa mengidentifikasi kebutuhan pelanggan hingga menjadi database sebuah perusahaan.
  3. Tidak bertele-tele
    Seorang telemarketer harus bertanya secara singkat, jelas, dan padat. Keahlian ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar seorang telemarketer bisa menangani banyak pelanggan.
  4. Durasi telepon singkat
    Biasanya para perusahaan yang menggunakan jasa telemarketer menetapkan durasi telepon sekitar tiga hingga lima menit. Ini sangat berkaitan dengan efisiensi dan anggaran yang dikeluarkan perusahaan.
  5. Memahami produk dengan baik
    Keahlian yang terakhir adalah memahami produk atau jasa yang ditawarkan dengan baik. Keahlian ini bisa menimbulkan customer experience yang berkesan. Jika telemarketer menawarkan produk dengan baik, bisa saja pelanggan langsung melakukan transaksi setelah telepon ditutup.

Tugas Seorang Customer Service

Tugas seorang customer service sangat berbeda. Tugas mereka tergantung pada industri dan bidang pekerjaan di tempat bekerja. Namun, secara garis besar, berikut ini tugas seorang customer service:

  1. Tugas yang pertama, yakni merekrut pelanggan potensial dengan cara merekomendasikan barang atau jasa. Mereka juga harus menjelaskan bagaimana produk perusahaan dapat menguntungkan mereka.
  2. Tugas selanjutnya adalah, menjawab segala pertanyaan yang dimiliki pelanggan tentang produk dan layanan perusahaan.
  3. Membantu pelanggan membuat akun baru. Selain itu, customer service juga harus mencatat informasi akun dalam bentuk tertulis atau digital.
  4. Seorang customer service harus mendengarkan keluhan pelanggan agar dapat mengidentifikasi penyebab masalah.
  5. Customer service juga harus memberikan tanggapan yang tepat untuk masalah pelanggan. Customer service harus berusaha menyelesaikannya dengan cepat dan tepat.
  6. Tugas selanjutnya adalah menyampaikan kasus ke manajemen apabila diperlukan untuk penyelesaian.
  7. Mengelola dan memperbarui informasi akun keuangan secara rutin menggunakan software tertentu agar finansial perusahaan terjaga.
  8. Tugas terakhir seorang customer service adalah mengantisipasi kebutuhan pelanggan, menindaklanjuti keluhan pelanggan sebelumnya untuk menawarkan pemesanan ulang, layanan tambahan, atau solusi lainnya.

Bahasa Customer Service yang Baik

Bagi seorang customer service bahasa merupakan hal yang penting. Kalimat yang kita pilih ketika berkomunikasi dengan pelanggan bisa meninggalkan efek yang sangat besar.

Pelayanan dari seorang customer service bisa menentukan kualitas dari sebuah perusahaan. Jadi, seorang customer service harus sebisa mungkin memperlakukan konsumen dengan baik.

Jadi, pilihlah kata yang sopan agar tidak menimbulkan pengalaman buruk kepada pelanggan. Jika harus berkomunikasi dengan bahasa Inggris, terdapat frasa-frasa sopan yang bisa digunakan.

Jenis Call Center

Untuk Anda pahami terlebih dahulu, call center merupakan pusat layanan informasi yang menerima panggilan telepon (inbound call) dari pelanggan yang mengandalkan perusahaan Anda. Tujuan dengan adanya call center di perusahaan Anda adalah untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Di bawah ini ada beberapa jenis call center yang biasanya digunakan di dunia bisnis, yakni:

  1. Inbound Call, yakni jenis call center yang tugasnya menerima semua panggilan masuk dari pelanggan atau customer.
  2. Outbound Call, yakni call center yang tugasnya melakukan panggilan keluar kepada pelanggan atau mitra bisnis.
  3. Panggilan Domestik, yakni call center yang hanya menerima panggilan dari pelanggan yang asalnya masih satu negara.
  4. Panggilan Internasional, yakni call center yang bertugas menerima panggilan pelanggan dari luar negeri. Jenis panggulan ini biasanya dimiliki oleh perusahaan yang sudah go international.

Solusi Telemarketing B2B Ada di Convergence

Nah, jika Anda membutuhkan telemarketing B2B yang sudah memiliki sertifikasi contact center, percayakan saja kepada Convergence. Convergence merupakan solusi digital dengan sumber daya manusia yang profesional dalam bidang telemarketer.

Dengan sumber daya yang profesional, Convergence bisa menciptakan pelanggan yang kuat untuk membedakan Anda dari para pesaing. Mereka juga punya kelebihan yang sangat diunggulkan dari kompetitor, yakni flexible pricing dan all in one solution.

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2016 sebagai perusahaan BPO. Kendati belum lama, Convergence memiliki tiga kantor cabang dengan kapasitas lebih dari 1.000 kursi.

Dengan 150 staff profesional, Convergence sudah memiliki lebih dari 30 klien yang membutuhkan jasa mereka. Bahkan, sekitar 80 persen klien mereka berasal dari dunia teknologi.

Sebagai tambahan agar Anda yakin, Convergence memiliki sertifikat ISO 270001:2013 untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi dan ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu.

Beberapa layanan yang disediakan oleh Convergence adalah Inbound Call Center, Outbound Call Center, People Management, dan Omnichannel Call Center. Untuk layanan People Manajemen, Convergence menyediakan agen yang memiliki ekstensif pengalaman menyampaikan hak pesan untuk berbagai jenis pelanggan.

Dengan segala pelayanan yang dimilikinya, Convergence menjadi solusi digital di dunia telemarketing B2B dengan sumber daya manusia profesional agar perusahaan Anda mendapatkan pelanggan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...