Article
June 17, 2023

Tentang dan Cara Menggunakan BPO untuk Meningkatkan Proses Keuangan dan Akuntansi

Bagaimanakah cara menggunakan BPO untuk meningkatkan proses keuangan dan akuntansi? Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai pemanfaatan layanan usaha BPO, ada baiknya jika Anda mengetahui definisi dari BPO itu sendiri.

BPO dalam dunia bisnis dan perusahaan merupakan singkatan dari Business Process Outsourcing. Layanan ini berperan untuk membantu perusahaan lain dalam hal penyediaan tenaga kerja atau SDM. Seringkali perusahaan memang tidak mampu untuk merekrut SDM sendiri karena keterbatasan waktu atau biaya. Sehingga, menggunakan jasa BPO merupakan solusi yang tepat untuk menemukan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan.

BPO juga seringkali digunakan dalam hal proses keuangan dan akuntansi. Dibandingkan dengan merekrut karyawan yang ahli di bidang keuangan dan akuntansi, bekerja sama dengan BPO dianggap lebih mudah dan murah. Nah, berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan dalam hal peningkatan proses keuangan dan akuntansi dengan layanan BPO yang disediakan oleh Convergence.id.

Apakah Kegiatan Keuangan dan Akuntansi Itu?

Kegiatan keuangan dan akuntansi di sebuah perusahaan merupakan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan pencatatan dan pengklasifikasian transaksi. Dengan demikian laporan keuangan dapat dibuat dengan cara yang tepat dan akurat.

Kegiatan yang berhubungan dengan keuangan dan akuntansi sangatlah penting bagi perusahaan. Sehingga, tidak salah jika perusahaan harus mempekerjakan jajaran staff akuntansi yang tepat. Hal ini bertujuan agar laporan keuangan yang dibuat bisa benar-benar tepat dan akurat.

Apa Sajakah Tugas-Tugas Dari Staf Keuangan dan Akuntansi?

Secara garis besar, tugas dari para staf keuangan dan akuntansi adalah membuat pembukuan yang berisi neraca laba dan rugi. Namun tentu saja, ada banyak detail dari kegiatan pembukuan ini yang cukup banyak dan rumit. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Membukukan Keuangan Perusahaan

Detail tugas yang pertama adalah melakukan pembukuan keuangan perusahaan. Secara umum di dunia akuntansi, terdapat format tersendiri dalam hal pembukuan ini. Akan tetapi, perusahaan Anda mungkin memiliki standar format tersendiri yang harus dimengerti oleh para staff tersebut.

  • Mencatat Jurnal Operasional

Berikutnya, staff akuntansi perusahaan juga bertugas untuk melakukan pencatatan jurnal operasional. Jurnal operasional meliputi berbagai aktivitas pemasukan dan pengeluaran berdasarkan kegiatan operasional perusahaan. Data yang dicatat berikutnya akan dimasukkan ke dalam buku besar akuntansi perusahaan.

  • Membukukan Transaksi Keuangan Perusahaan

Setelah mencatat jurnal operasional, maka hal berikutnya yang harus dilakukan oleh staf keuangan dan akuntansi adalah membukukan transaksi-transaksi tersebut. Perlu diketahui bahwa proses pembukuan ini harus dilakukan secara akurat. Sedikit saja kesalahan akan berakibat fatal seperti kerugian di dalam perusahaan.

  • Membuat Laporan Keuangan

Yang dianggap sebagai inti pekerjaan dari staf bagian keuangan dan akuntansi adalah membuat laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan rekapitulasi data keuangan perusahaan resmi yang sudah dibubuhi tanda tangan. Berikutnya, akan langsung diserahkan pada pimpinan. 

  • Memasukkan Laporan-Laporan ke Sistem Perusahaan

Staff bagian keuangan dan akuntansi juga bertugas untuk memasukkan laporan-laporan yang sudah dibuat ke dalam sistem perusahaan. Job desk ini juga disebut dengan entry data sementara itu, sistemnya sendiri sudah disediakan oleh pihak perusahaan. Meskipun terkesan sepele, pekerjaan ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak melakukan kesalahan.

Cara menggunakan BPO untuk meningkatkan proses keuangan dan akuntansi

Lalu, bagaimanakah cara menggunakan layanan BPO untuk meningkatkan proses keuangan dan akuntansi di perusahaan Anda? Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, BPO merupakan agen atau perusahaan yang berfungsi sebagai pihak ketiga dalam perekrutan karyawan bagi perusahaan lainnya.

Jika Anda berminat untuk menggunakan jasa BPO, hal pertama yang wajib dilakukan adalah memilih agen BPO yang tepat dan terpercaya. Convergence adalah agen BPO yang terdepan yang ada di Indonesia. Agen yang satu ini terbukti sudah memberikan pelayanan memuaskan untuk banyak perusahaan.

Salah satu jasa yang ditawarkan adalah di bidang pembukuan keuangan dan akuntansi. Convergence merekrut para agen berpengalaman dan ahli di bidang tersebut.

Anda cukup membuka website Convergence.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Berikutnya, hubungi agen BPO ini melalui sambungan telepon atau email. Utarakan keinginan Anda dalam hal jasa keuangan dan akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Convergence akan memberikan pelayanan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...