Article
May 19, 2023

5 Peran dan Manfaat Business Process Outsourcing Dalam Meningkatkan Fleksibilitas Bisnis

Awal-awal merintis bisnis, para pelaku usaha memilih mengerjakan semuanya secara mandiri. Namun, seiring berjalannya waktu dan bisnis yang makin berkembang, banyak orang memilih menggunakan layanan Business Process Outsourcing (BPO). Tak bisa dipungkiri bahwa manfaat Business Process Outsourcing amatlah menguntungkan bagi pemilik perusahaan.

Di tengah perkembangan yang kian pesat, makin banyak kompetitor yang muncul. Jika ingin bertahan, Anda harus bisa mengelola bisnis secara efisien. Nah, disinilah salah satu manfaat BPO dalam meningkatkan fleksibilitas bisnis bisa Anda rasakan.

  • Lebih Fokus Mengurus Pekerjaan Inti

Kenapa BPO dinilai lebih fleksibel? Alasannya karena Anda bisa lebih fokus dalam mengurus pekerjaan inti. Kegiatan operasional suatu bisnis membutuhkan fokus tinggi karena banyak hal yang harus diurus. Dalam hal ini, Anda harus lebih cermat dalam memilah jenis pekerjaan.

Untuk pekerjaan yang bersifat non-primer, Anda dapat mempercayakannya pada pihak ketiga dengan mengalihdayakan ke penyedia layanan BPO. Dengan begitu, perusahaan Anda tidak akan kewalahan dalam mengurusi hal-hal yang tidak menjadi inti dari bisnis tersebut. Sebab karyawan outsourcing yang akan mengurusi tugas-tugas tersebut.

  • Kontrak Kerja yang Jelas dengan Penyedia Layanan BPO

Sebagian perusahaan tidak mau repot merekrut dan melatih tenaga kerja baru. Tidak sedikit pula yang beranggapan kalau mengajari tenaga baru hanya membuang-buang waktu dan menghambat perusahaan untuk mengejar target.

Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa menggunakan jasa BPO lebih menguntungkan. Terlebih lagi, ada kontrak kerja yang jelas antara kedua belah pihak. Anda dapat menentukan berapa lama ingin menggunakan tenaga outsourcing. 

Sebagai user, perusahaan Anda tak perlu melatih tenaga outsourcing. Rata-rata tenaga outsourcing telah memiliki skill sesuai dengan bidangnya. Bahkan, user bisa meminta penyedia layanan BPO untuk mengganti tenaga outsourcing jika dirasa karyawan yang bersangkutan tidak sesuai dengan dengan aturan di perusahaan Anda.

  • Tenaga Outsourcing Bisa Menghemat Waktu dan Biaya

Manfaat Business Process Outsourcing yang selanjutnya adalah dapat menghemat waktu dan biaya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa user tidak perlu menghabiskan waktu untuk melatih karyawan baru agar menguasai job desc-nya.

Dengan kata lain, Anda bisa langsung menggunakan tenaga outsourcing untuk menyelesaikan tugas-tugas di perusahaan. Perlu dipahami bahwasanya selain menghabiskan waktu, melatih karyawan baru juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu, team leader ataupun manajer perusahaan juga harus meluangkan waktunya untuk melatih karyawan baru. Hal ini tentunya menghambat pekerjaan mereka dan dapat berdampak pada kinerja perusahaan.

  • Pelayanan Perusahaan Menjadi Lebih Maju dan Berkualitas

Ketika suatu perusahaan fokus pada urusan intinya, maka performa perusahaan pun akan meningkat. Performa yang meningkat turut mempengaruhi kualitas pelayanan dari suatu perusahaan terhadap pelanggan.

Secara tidak langsung, hal ini akan mempengaruhi reputasi perusahaan Anda di mata masyarakat. Brand reputation yang meningkat akan memperbesar peluang masyarakat untuk lebih mengenal perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih banyak menjaring konsumen yang loyal terhadap jasa atau produk Anda.

  • Produktivitas Kerja yang Kian Meningkat

Manfaat Business Process Outsourcing lainnya yang membuat perusahaan lebih fleksibel adalah meningkatkan produktivitas kerja. Selain itu, dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan dapat memangkas alokasi anggaran pada bagian non-primer. 

Terlebih lagi, layanan BPO cukup beragam, mulai dari proses akuntansi, bidang teknologi, hingga pekerjaan kreatif. Hal ini akan membuat perusahaan Anda makin berkembang tanpa harus menyia-nyiakan sumber daya.

Itulah manfaat Business Process Outsourcing yang membuat perusahaan makin fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...