crm system
Article
October 30, 2022

Mengenal CRM, Sistem yang Bisa Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Anda yang memiliki sebuah bisnis tentu perlu selalu mencari cara yang manjur untuk mengembangkan bisnis yang Anda jalankan bukan? Mengembangkan bisnis tidak selalu tentang layanan dan produk yang Anda tawarkan tetapi juga tentang bagaimana Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan Anda. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda adalah dengan menggunakan sistem CRM.

CRM merupakan singkatan dari customer relationship management. Arti dari sistem ini adalah kegiatan untuk mengelola hubungan yang terjalin antara Anda sebagai pihak pemilik bisnis dengan pelanggan Anda.

Tujuan dari dilakukannya kegiatan yang memakai sistem Customer Relationship Management ini adalah untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga hubungan tersebut terpelihara dengan baik dan terlaksana untuk waktu yang lama.

Apa Manfaat Sistem CRM?

Jika sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan sistem CRM, untuk selanjutnya benak Anda mungkin akan mempertanyakan apa saja manfaat yang dapat Anda peroleh dengan memakai sistem CRM. Terdapat beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan memakainya.

Manfaat yang pertama adalah membantu Anda untuk menghemat biaya operasional bisnis perusahaan. Ketika memakai sistem Customer Relationship Management, semua informasi dan data yang Anda butuhkan telah tersusun dengan rapi di dalam dashboard.

Data tersebut sudah terbagi ke dalam beberapa kategori yang menunjukkan kebutuhan dari masing-masing pelanggan tersebut. Dengan begitu, Anda akan dipermudah ketika hendak melakukan proses remarketing lewat email maupun melakukan promosi produk nantinya.

Selanjutnya, CRM juga akan membantu Anda untuk meningkatkan baik produktivitas dari bisnis Anda maupun kepuasan dari pelanggan Anda. Kemudahan yang ditawarkan sistem ini akan meningkatkan performa layanan bisnis Anda yang artinya, usaha Anda  bisa memberi layanan yang lebih cepat pada pelanggan.

Convergence, Penyedia Sistem CRM yang Siap Membantu Anda

Jika Anda tengah mempertimbangkan untuk menggunakan sistem CRM dalam bisnis Anda maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menemukan pihak ketiga atau outsourcing yang menyediakan sistem CRM yang tepat untuk Anda.

Salah satu pihak penyedia sistem  yang dapat Anda pertimbangkan adalah Convergence. Convergence merupakan perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2016. Perusahaan ini telah memiliki lebih dari 30 klien yang 80 % diantaranya adalah orang yang berkecimpung dalam dunia industri teknologi.

Dengan dukungan kurang lebih 150 staff, Convergence siap membantu Anda untuk menerapkan sistem CRM dalam usaha Anda.

Kelebihan memakai jasa sistem CRM dari Convergence adalah harga yang fleksibel serta mampu memberikan solusi bagi Anda dalam satu sistem yang ditawarkan. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Convergence dan segala layanan yang ditawarkannya, maka Anda bisa melihatnya di website resmi Convergence di  convergence.id.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...