people management
Article
November 4, 2022

People Management, Membenahi Skill Leader Agar Karyawan Nyaman Bekerja

Pernahkah Anda mendengar tentang istilah people management?

Sebagian besar orang akan mendefinisikan dengan sesuatu kemampuan cara mengatur orang atau karyawan agar bisa bekerja sesuai tugasnya. Sedikit banyak, arti tersebut benar adanya tetapi dalam artikel ini yang dimaksud people management merupakan sebuah tata aturan yang lebih kompleks.

Apa itu people management? 

Adalah sebuah keahlian yang dimiliki oleh seorang leader atau karyawan dalam mengatur, mengelola dan memberikan potensi solusi dari sebuah tugas. Jadi, people management bukanlah orang yang bekerja dengan jobdesk yang ada saja tetapi juga memberikan sebuah arahan kepada lainnya agar saat bekerja bisa memberikan kontribusi yang baik, memberikan aura atau efek positif bagi rekan kerja sehingga tidak terjadi suasana tenaga kerja keluar masuk dalam waktu yang singkat.

Apabila seorang manajer memiliki skill people management yang baik dipastikan tenaga kerja yang dinaunginya akan lebih totalitas selama bekerja. Namun, jika manajer tidak memiliki skill penting itu yang baik maka dipastikan tenaga kerja yang dinaunginya juga kurang maksimal.

Siapa saja yang memerlukan? 

Untuk people management umumnya dimiliki oleh seorang manager atau supervisor dan mungkin jabatan yang lebih tinggi lagi. Ketika seorang manajer bisa mengelola atau memberikan perlakuan yang baik untuk semua karyawan maka bisa dipastikan kinerjanya makin bagus.

Awal saat Anda ingin belajar adalah komunikasi yang baik sesama karyawan, memakai bahasa yang santun dan lebih rendah nada bicaranya. Ajaklah karyawan untuk sharing saling terbuka bagaimana kondisi kerjaan, bagaimana solusinya dan seberapa banyak kendala yang mungkin kedepannya akan dihadapi.

Siapa saja yang bisa mengarahkan? 

Dari seseorang yang lebih senior, tidak harus dalam satu tempat kerja tetapi bisa dalam lingkup lainnya seperti outsourcing. Orang yang telah sukses dan banyak memiliki karyawan tetap bisa dikatakan bahwa beliau punya people management yang mumpuni. Amatilah, respon dan penilaian dari ragam orang terhadap manajer tertentu, jika rata-rata mereka menilai sangat bagus maka Anda patut mengambil ilmu yang penting tersebut.

Anda jangan hanya menguasai satu bidang saja tetapi akan lebih baik jika menguasai beberapa bidang, tujuannya ketika ada yang bertanya kepada Anda tentang penjualan yang tak capai target sedikit banyak bisa memberikan solusi walaupun sebenarnya bukan tugas Anda untuk mengatasi pencapaian omzet.

People management adalah sebuah kemampuan non fisik yang tidak berhubungan langsung dengan kerjaan seperti tugas di perusahaan tetapi lebih mengarah kepada pengaturan emosi, psikis hubungan sesama karyawan di sebuah perusahaan. Saat perusahaan dipimpin oleh leader yang baik maka dijaminkan semua tenaga di dalamnya akan merasa lebih semangat bekerja, nyaman dan menaikkan kualitasnya untuk tempat kerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...