Article
May 15, 2023

Mengetahui Peran BPO Dalam Mendukung Transformasi Digital

Keberadaan BPO dinilai sangat membantu bagi banyak perusahaan, mulai dari start up hingga perusahaan skala besar. BPO menyediakan sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan pekerjaan di era digital, mulai dari pekerjaan yang berkaitan dengan layanan pelanggan, administrasi perkantoran, IT hingga manufaktur. Lantas, apa saja peran BPO dalam transformasi digital?

Sebelum membahasnya lebih jauh, simak terlebih dahulu apa itu BPO dan transformasi digital  lewat ulasan singkat di bawah ini. 

Apa Yang Dimaksud Dengan BPO?

BPO atau Business Process Outsourcing merupakan kegiatan pengalihdayaan (outsourcing) sebagai proses bisnis perusahaan kepada pihak ketiga untuk efisiensi biaya, peningkatan penjualan serta meminimalisir segala risiko pada perusahaan. Hal ini dapat membuat perusahaan lebih fokus dalam merencanakan perkembangan bisnis. 

BPO company akan melakukan beberapa tugas yang dibutuhkan perusahaan agar bisnis bisa berjalan dengan efisien. Umumnya perusahaan menggunakan jenis dan layanan BPO untuk mengerjakan tugas yang tidak berhubungan dengan inti bisnis. 

Dengan bekerja sama dengan BPO company yang terpercaya, perusahaan dapat lebih mudah mendapatkan tenaga kerja profesional dan sesuai kebutuhan. Tujuan layanan jasa BPO sendiri adalah sebagai penunjang atau pelengkap untuk tugas yang bersifat teknik dan mengurangi risiko ketidakpastian bisnis di masa depan.  

Pengertian Transformasi Digital 

Dalam dunia bisnis, transformasi digital merujuk kepada cara teknologi dalam mendukung inovasi dan revolusi bisnis yaitu dengan hadirnya internet, bid data, dan masih banyak lagi. Perubahan ini nantinya akan menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali pada sektor usaha. 

Transformasi digital di bidang bisnis mencakup proses perubahan sistem bisnis secara sebagian maupun keseluruhan. Dengan memanfaatkan produk teknologi yang ada, transformasi digital mampu meningkatkan kinerja serta efektivitas dan efisiensi bisnis. 

Peran BPO Dalam Mendukung Transformasi Digital 

Terdapat tiga cara kerja transformasi digital yang dapat diterapkan dalam sebuah bisnis, yaitu digital operation (operasi digital), digital innovation (inovasi digital) dan digital experience (pengalaman digital)

Digital operation adalah tentang bagaimana sebuah perusahaan bergerak selaras dengan perkembangan teknologi saat ini. Sedangkan digital innovation adalah tentang bagaimana perusahaan menciptakan sebuah inovasi yang solutif dan memberikan dampak positif yang begitu luas.

Sementara digital experience adalah tentang bagaimana perusahaan memberikan pengalaman terbaik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Ketiga cara kerja transformasi digital ini tentu bisa berjalan dengan maksimal dengan dukungan berbagai macam strategi bisnis, salah satunya dengan membentuk suatu sistem ketenagakerjaan yang ideal,

Disinilah peran BPO dalam transformasi digital dibutuhkan. Misalnya ketika Anda sedang merintis perusahaan dan membutuhkan sebuah sistem manajemen pelanggan yang baik, Anda bisa menggunakan layanan jasa BPO call center. 

BPO call center menyediakan agen call center profesional untuk mendukung strategi CRM ( Customer Relationship Management). CRM sendiri merupakan sebuah strategi bisnis yang menggabungkan proses, manusia serta teknologi. Tujuannya tentu untuk menarik prospek penjualan, menambah pelanggan, dan mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada. 

Agen call center akan berkomunikasi dengan pelanggan untuk memberikan informasi detail tentang produk atau jasa bisnis. Selain itu mereka juga akan melakukan kegiatan riset pasar dan promosi secara langsung melalui komunikasi tersebut.

Jika perusahaan Anda tidak bergerak di rahah IT namun ingin melakukan inovasi di bidang teknologi digital, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan IT outsourcing untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan digital bisnis, misalnya untuk pembuatan aplikasi website maupun mobile. Fungsi pembuatan aplikasi ini yaitu dapat memperluas jangkauan perusahaan dalam mendapatkan target pelanggan yang diinginkan.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kehadiran BPO sangat membantu para pelaku usaha dalam menghadapi transformasi digital bisnis. Perusahaan yang bekerja sama dengan BPO company akan mendapatkan model bisnis digital terbaik supaya bisa meraih keuntungan sekaligus memberikan pengalaman luar biasa untuk para pelanggan mereka

Itulah informasi mengenai peran BPO dalam transformasi digital yang perlu Anda ketahui. Agar perusahaan yang Anda rintis bisa berkembang dan sukses, jangan pernah menyepelekan pengaruh transformasi digital bisnis. Pilihlah BPO company yang tepat untuk mendukung setiap strategi bisnis yang perusahaan Anda jalankan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...