Article
July 12, 2023

Tantangan Yang Sering Dihadapi Perusahaan BPO

Teknologi dalam segala bentuknya akan menjadi kunci keberhasilan perusahaan. Silakan lihat dan perhatikan bahwa perusahaan BPO besar saat ini didominasi oleh perusahaan yang menggunakan teknologi sebagai sumber kekuatan komersial, khususnya teknologi digital.

Tentunya Business Process Outsourcing (BPO) sebagai business partner bagi suatu perusahaan harus memperhatikan perkembangan bisnis seperti ini, dimana pelaku bisnis BPO juga harus dapat menggandeng tim sebagai perusahaan pihak ketiga untuk mengeksekusi layanan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan demikian, convergence.id bisa menjadi solusi untuk Anda dan perusahaan Anda agar bisa berkembang lebih baik.

Aktivitas perusahaan BPO meliputi bantuan layanan pelanggan, pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak, desain, keuangan, dan penyediaan layanan SDM. Pengalihdayaan dapat membantu perusahaan mengurangi pengeluaran operasional dan menurunkan total biaya tenaga kerja.

Trend Outsourcing

Tren outsourcing baru-baru ini muncul, dengan fokus beralih dari sumber daya beranggaran rendah ke sumber daya praktik terbaik, terutama dalam teknologi digital dan area penting lainnya. Pasar outsourcing di seluruh dunia bernilai $100 juta di tahun 2019. Outsourcing memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi dan akan terus tumbuh.

Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan akan layanan outsourcing terus meningkat, dan diproyeksikan bahwa di tahun-tahun mendatang, bisnis outsourcing akan berkembang ke arah yang baru, mendapatkan lebih banyak perhatian secara global melalui peningkatan yang lebih besar, kemajuan teknis, produktivitas, dan fleksibilitas. Plus, karena epidemi Covid-19, pekerjaan jarak jauh telah menjadi hal yang biasa.

Berikut adalah perkiraan tren perusahaan BPO di masa mendatang:

  • Knowledge Process Outsourcing (KPO)

Konsultasi, penelitian, pengembangan, analisis, interpretasi data, dan analisis teknis adalah contoh jenis outsourcing yang berhubungan dengan keahlian khusus dan penyelesaian masalah. Perusahaan yang ingin memperluas wawasannya dapat memanfaatkan KPO ini untuk memenuhi kriteria perusahaan dengan biaya yang dapat disesuaikan oleh organisasi.

  • Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan buatan dalam industri juga harus diikuti oleh perusahaan BPO untuk melatih personel berbakat yang relevan dengan dunia robot dan AI serta teknologi lainnya akan terus berkembang, terutama untuk sistem otomatis yang dapat membantu mengelola beban kerja secara efektif dan meningkatkan layanan perusahaan.

Baca Juga: Menggunakan BPO untuk Meningkatkan Jangkauan Global Perusahaan: Mungkingkah?

  • Menggunakan Media Sosial untuk Menyediakan Layanan Pelanggan

Karena media sosial menjangkau semakin banyak orang, bisnis harus menggunakannya sebagai salah satu layanan pelanggan mereka sehingga mereka dapat berinteraksi dengan pelanggan mereka dimanapun dan kapanpun mereka berinteraksi dengan perusahaan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  • Peningkatan Keterampilan Tenaga Kerja

Proses otomasi akan mengambil alih aktivitas yang monoton, memungkinkan manusia untuk fokus pada tugas yang lebih terspesialisasi. Perusahaan tentu saja dapat meningkatkan dan memperluas layanan mereka dengan memanfaatkan outsourcing. Staf atau pekerja juga dapat meningkatkan bakat tertentu melalui outsourcing karena mereka dapat berkonsentrasi pada keterampilan yang perlu ditingkatkan.

  • Cloud Computing

Cloud computing dengan cepat menjadi kebutuhan di banyak sektor, menyediakan bisnis dengan akses ke berbagai layanan seperti penyimpanan dan kapasitas pemrosesan. Outsourcing dapat menyediakan infrastruktur TI seperti server, penyimpanan, dan jaringan untuk bisnis. Tidak hanya dapat digunakan untuk menjaga keamanan data dan informasi pribadi dan komersial, tetapi juga dapat digunakan untuk meningkatkan proses dan sistem yang mendorong produktivitas bisnis.

Kebutuhan akan pengalaman pelanggan baru akan tumbuh di tahun berikutnya. Untuk memberikan layanan pelanggan terbaik, bisnis harus terus merancang strategi dan solusi baru. Perusahaan harus dapat berinvestasi dalam membangun tim dukungan pelanggan yang solid saat ekspektasi konsumen meningkat.

Perusahaan BPO akan lebih siap di tahun-tahun mendatang untuk memberikan jawaban kepada dunia usaha di tengah krisis. Karena semakin banyak organisasi meninggalkan prosedur lama demi teknologi baru, sektor BPO harus mengikutinya untuk terus melayani pelanggan dan memodernisasi proses bisnis.

Salah satu tren outsourcing yang pasti akan berkembang dan bertahan adalah perusahaan outsourcing yang dapat diandalkan. Layanan bisnis outsourcing dapat membantu perusahaan mencapai hasil yang menguntungkan karena teknologi dan otomatisasi meningkatkan prosedur dan komunikasi. Salah satunya adalah solusi Kecerdasan Buatan, yang dapat membantu bisnis berkembang lebih cepat, melayani pelanggan dengan lebih baik, dan menjadi lebih produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...