Mencari Kerja dengan Networking
Article
February 10, 2023

Relasi Itu Penting! Inilah Tips Mencari Kerja, Khususnya Dalam Hal Memperluas Networking

Tentunya akan cukup sulit untuk berkembang bagi seseorang yang lebih menutup diri dan tak memiliki relasi atau jaringan yang meluas, apalagi jika kerja sebagai entrepreneur. Tetapi kamu jangan pesimis, karena setelah ini akan kami sajikan tentang tips mencari kerja, yakni khususnya dalam hal memperluas jaringan atau networking. Simak, yuk!

Keterampilan dan prestasi bukanlah satu-satunya poin penting dalam meraih kesuksesan dalam berkarir. Namun, meluasnya jaringan atau relasi profesional juga bisa membantu kamu para pencari kerja memiliki peluang besar mendapatkan suatu pekerjaan.

  • Memanfaatkan Media Sosial

Banyak di luar sana orang-orang yang memberi tips mencari kerja bagi lulusan baru dengan menyuruh untuk memperbanyak kenalan, namun tak memberi solusi yang spesifik. Bagaimana cara memperbanyak kenalan? Untuk membantu kamu punya banyak kenalan yang positif, manfaatkanlah media sosial dengan tepat.

Tak menutup kemungkinan kamu juga dapat memperluas relasi di media sosial selain LinkedIn, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Kembangkan personal branding di media sosial kamu dengan baik. Sekarang sudah ada banyak fitur-fitur untuk mendukung pengguna lebih baik dalam bermedia sosial.

  • Gabung Komunitas atau Organisasi

Tips mencari kerja terkait memperluas networking selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas atau suatu organisasi. Di sanalah kamu bisa kenal banyak orang baru dengan latar berbeda-beda tetapi punya minat yang sama.

Jika kamu masih berkuliah, biasanya ada banyak jenis organisasi, nah, kamu bisa bergabung dan menambah relasi di sana. Tak hanya itu, cobalah ikut kegiatan volunteer, lomba dan lain-lainnya yang mana bisa kamu gunakan juga sebagai tambahan pengalaman.

  • Mengikuti Seminar atau Workshop

Mengikuti seminar atau workshop bisa menjadi salah satu tips mencari kerja untuk fresh graduate yang ampuh, terutama kaitannya dengan networking. Kamu bisa memperluas networking atau relasi sekaligus menambah banyak wawasan. Jangan sia-siakan kesempatan ini dan beranikanlah dirimu untuk berkenalan dengan peserta dan juga terlibat aktif pada diskusi.

  • Abaikan Rasa Malu atau Canggung

Ini mungkin menjadi suatu hambatan seseorang saat menjalin hubungan. Kamu harus mengesampingkan rasa malu dan mulailah menjalin koneksi dengan orang lain, mereka tentu akan senang berkenalan denganmu asalkan kamu sopan. Beranikan diri dan jangan hiraukan bisikan negatif dari dalam pikiranmu itu.

  • Asah Kemampuan Komunikasi

Praktikkan kebiasaan komunikasi yang baik, yakni caranya dengan menjaga kontak mata ketika berbicara dengan orang lain, dan menggunakan bahasa tubuh yang tepat. Pakai bahasa sederhana saja serta lugas, ajukanlah pertanyaan dan mengundang pendapat. Pastikan juga mereka bisa mengerti dan juga bisa mengkonfirmasi apa yang telah diucapkan, serta jangan lupa jadilah active listener.

  • Menjaga Hubungan Baik

Apa tips mencari kerja fresh graduate dalam hal memperluas relasi yang tak kalah ampuh? Yakni dengan menjaga atau mempertahankan hubungan tersebut dengan baik. Percuma saja kamu memiliki jaringan profesional yang sangat banyak dan luas, tetapi tak ada hubungan yang terjaga dengan baik dan senantiasa positif.

Kamu harus bisa membuat relasi profesional menjadi berkelanjutan. Salah satu caranya dengan melakukan komunikasi teratur, jangan sampai lost contact. Semakin baik hubungan dengan jaringan, maka semakin besar juga kemungkinan jaringan bisa membantu ketika kamu dalam kesulitan.

Jangan lupa juga untuk terus mempelajari soft skill dan juga hard skill sebagai unsur pendukung lainnya. Belajarlah lagi dan lagi tentang cara berkomunikasi dengan baik kepada orang lain jika kamu memiliki kesulitan dalam hal tersebut. Demikianlah strategi atau tips mencari kerja dalam kaitannya dengan memperluas networking profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...