pentingnya linkedin dalam mencari pekerjaan
Article
February 23, 2023

Sangat Berguna, Inilah Pentingnya LinkedIn untuk Mencari Pekerjaan

LinkedIn mungkin sudah tidak asing di telinga Anda, apalagi untuk Anda yang akan maupun sedang meniti karir. LinkedIn adalah sosial media profesional terbesar dunia yang memungkinkan pencari kerja serta recruiter saling berinteraksi.

Sosial media ini cukup populer, dengan pengguna yang jumlahnya mencapai 500 juta di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada kurang lebih 3 juga pengguna LinkedIn yang asalnya dari berbagai industri dengan bermacam-macam jabatan.

Berikut ini sejumlah alasan atau pentingnya LinkedIn untuk mencari pekerjaan.

Personal Branding

Profil LinkedIn Anda merupakan CV online yang dapat dilihat secara langsung oleh banyak orang, termasuk para recruiter. Oleh karena itu, LinkedIn dapat Anda manfaatkan untuk menjadi platform personal branding. Sesuai kemampuan dan passion, Anda dapat memberikan suatu branding untuk diri sendiri.

Pada profil LinkedIn, Anda dapat menunjukan berbagai prestasi dan kemampuan yang dimiliki. Jangan segan , Anda bisa meminta rekomendasi atau endorsement orang lain untuk dukung branding yang ingin dibentuk. Anda pun dapat menambahkan URL website/blog maupun portofolio online pada akun LinkedIn Anda untuk mengenalkan dan mempromosikan diri secara lebih jauh.

Pada intinya, semakin lengkap isian profil Anda dan semakin seringnya update, maka Anda akan semakin dapat ‘dikenal’ serta terlihat lebih profesional. Anda pun dapat dianggap recruiter mempunyai kelebihan dibandingkan mereka yang tak punya LinkedIn.

Memudahkan di dalam Mencari Pekerjaan

LinkedIn dapat memudahkan Anda di dalam mencari pekerjaan karena ada fitur iklan lowongan pekerjaan. Anda dapat mencari berbagai macam lowongan kerja di berbagai posisi, bidang, serta lokasi secara mudah.

Anda pun dapat melihat lebih dalam mengenai deskripsi syarat lowongan pekerjaan tersebut serta profil perusahaan yang akan dilamar. Anda pun dapat mengikuti atau follow sejumlah perusahaan impian untuk dapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan terkini.

LinkedIn mempunyai fitur Easy Apply yang berlaku untuk sejumlah perusahaan. Dengan  fitur tersebut, Anda dapat apply lowongan pekerjaan dengan satu kali klik.

Membuat Anda Lebih Mudah Terdeteksi

Anda akan mudah terlihat oleh recruiter. Sebelum memanggil Anda untuk wawancara, recruiter akan mengecek akun-akun sosial media Anda, termasuk LinkedIn. Dengan LinkedIn, recruiter dapat melihat langsung profil Anda dan dapat menghubungi dengan cepat.

Selain itu, nyatanya tak sedikit perusahaan yang cari calon karyawan yang potensial lewat LinkedIn. Anda akan dianggap menarik serta pengalaman relevan dengan yang sedang dicari mereka, bisa jadi Anda akan dihubungi oleh recruiter untuk bekerja pada perusahaan mereka walaupun Anda tak pernah merasa mendaftar pada perusahaan tersebut.

Membantu Melihat Profil Perusahaan

Sebelum daftar kerja pada suatu perusahaan, pastinya Anda ingin tahu secara lebih dalam tentang perusahaan yang dilamar. LinkedIn sediakan informasi cukup lengkap mengenai profil perusahaan, seperti metode rekrutmen, visi dan misi, penghargaan diraih, dan lain-lainnya.

Jika Anda merasa poin-poin informasi di akun perusahaan yang ingin dilamar belum cukup, Anda dapat cari para karyawan maupun mantan karyawan perusahaan. Anda pun dapat mengirimkan pesan pribadi serta tanya langsung ke mereka mengenai perusahaan itu. Mengetahui profil perusahaan dapat membuat interviewer merasa terkesan serta ‘jatuh hati’ dengan Anda.

Itulah seberapa pentingnya LinkedIn untuk mencari pekerjaan. Meskipun berbentuk sosial media, tapi tak jarang recruiter menemukan calon karyawan kompeten melalui sosial media tersebut.

Jika sedang mencari pekerjaan, convergence.id bisa jadi pilihan. Kunjungi dan cari informasi lowongan kerja lebih banyak dan bervariasi di http://career-page.com/convergence.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...