telemarketing crm
Article
November 12, 2022

Telemarketing Dengan Crm Sangat Efektif Untuk Menambah Relasi Baru

Apakah Anda pernah mendapat panggilan masuk dari seorang wanita atau pria yang intinya dia sedang memperkenalkan sebuah produk melalui jaringan telepon seluler? Nah, itulah yang dinamakan dengan telemarketing ya, tujuannya untuk menggaet konsumen baru agar mau memakai sebuah produk yang ditawarkan tadi.

Apa hubungan telemarketing dengan crm?

Sebuah komunikasi dibangun dari jaringan telepon seluler selalu di awal akan tidak mungkin semulus yang diharapkan karena orang cenderung menganggap sebuah penipuan. Untuk itu, telemarketing harus tahu seluk beluk keinginan hati konsumen agar deal dalam sebuah perkenalan produk. Maka, adanya sebuah pendekatan yang dimaksudkan adalah crm ecommerce atau customer relationship management dimana dalam setiap komunikasi ada tahapan, cara bicara dan waktu agar konsumen bisa menerima apa yang Anda sampaikan.

Crm umumnya digunakan untuk mempertahankan pelanggan dari dasar kebijakan, proses atau strategi marketing yang telah terjadi. Tidak hanya itu saja, untuk konsumen baru maka crm online akan sangat getol dalam strategi pendekatanya.

Tujuan crm  

  • Agar bisa menaikkan laba perusahaan saat ada jalinan yang baik antara manajemen dengan pihak konsumen lama atau baru.
  • Bisa memberikan sediaan informasi lebih lengkap dan akurat mengenai data konsumen agar bisa mempererat koneksi dua lini yakni perusahaan dan pelanggan lewat penjualan.
  • Memakai sebuah informasi yang sudah ada integrasi di berbagai bidang sehingga ada hasil layanan yang diinginkan oleh semua pihak.
  • Menjadikan angka konsisten saat membuat tahapan pertanyaan dan jawaban bagi pelanggan.

Mengapa penting bagi sebuah perusahaan agar menerapkan crm? 

Melihat tujuannya di atas tak lain adalah untuk menjangkau konsumen pelanggan sebanyak mungkin agar tetap stay memakai produk Anda dan juga menambah konsumen baru dari relasi konsumen lama. Misalnya, Anda memiliki konsumen lama A dan yang pastinya A tersebut memiliki banyak keluarga, teman atau relasi usaha. Maka, dengan adanya crm saas pokok sekali untuk menggali konsumen minimal agar mau bertahan menggunakan produk dari perusahaan Anda. Ketahuilah bahwa tren saat ini adalah sebuah usaha yang cukup sulit untuk mempertahankan pelanggan karena banyak sekali kompetitor. Dengan layanan ramah saja masih belum cukup untuk mempertahankan pelanggan, dari situ kita butuh orang yang khusus menangani komunikasi kepada pelanggan agar mau memakai produk kita.

Dari sanalah terbentuk telemarketing yang saat ini tidak hanya bisa menghubungi via telepon saja tetapi juga via aplikasi chat yang lebih luas. Customer service bekerja tidak hanya menerima panggilan, melakukan panggilan saja tetapi juga berusaha membuat rayuan agar pelanggan lama atau baru mau dan terus memakai produk. Bahasa yang digunakan juga lebih santai, sopan dan profesional.

Dari seorang cs telemarketing akan dinilai lewat sebuah kpi atau Key Performance Indicator yakni sebuah indikator yang dipakai dalam menilai karyawan kpi call center , indikator tersebut dibuat sesuai dengan job des yang dijalankan sembari ada range nilai kemudian nantinya akan dijumlahkan kemudian diperoleh dari hasil kerja cs tersebut.

Langkah apa saja yang digunakan untuk crm? 

Ada 3 langkah yang harus Anda lakukan dalam menjalankan sebuah crm wordpress yakni:

  1. Menggaet Konsumen Baru (Acquired)

Agar bisa mendapatkan konsumen baru, Anda tahu titik kenyamanan konsumen tersebut walaupun harus banyak menjelaskan dan memastikan ketika diajak komunikasi. Setelah nyaman konsumen minimal akan mulai membuka diri tentang apa yang menjadi tujuannya. Saat itulah Anda berusaha menawarkan solusi dengan perkenalan produknya. Akan lebih meyakinkan lagi jika cs memakai produk tersebut dan terbukti nyata berkualitas.

  1. Tambah Nilai dari konsumen (Enhanced)

Ada 2 cara saat ingin mempererat hubungan pelanggan, yaitu cara up selling dan cross selling. Cara up selling merupakan cara memperkenalkan produk sama, tetapi memiliki kualitas lebih baik. Sedangkan cara cross selling merupakan cara memperkenalkan barang dengan produk pelengkap dimana produk tersebut telah dimiliki pelanggan.

  1. Penguatan Pelanggan (Retain)

Ini dia cara yang cukup alot ya dalam mempertahankan pelanggan, minimal Anda bisa memberikan layanan kenyamanan praktis seperti aplikasi yang cenderung menguntungkan dan menaikkan kredibilitas perusahaan Anda.

Anda tidak boleh menyepelekan opini atau ide yang masuk untuk dari pelanggan. Misalnya, ada komplain maka upayakan segera merespon dengan cepat dan memberikan solusi. Nah, dengan konsumen diperlakukan demikian maka dianggap sebagai seorang yang dilayani dengan baik. Logisnya, konsumen akan berpikir 2 kali jika ingin pergi ke lain tempat. Konsumen akan berpikir “iya nanti harus adaptasi dengan manajemen yang berbeda dan belum tentu layanan di tempat baru sebaik di tempat lama”.

Bagaimana cara membangun sebuah trik telemarketing crm excel?

  1. Pahami waktu orang 

Tidak semua orang memiliki waktu senggang, tapi juga pasti memiliki waktu singkat untuk santai. Jam yang cukup sempurna adalah 10.00, 13.00, 17.00 dan 20.00 saat dimana semua orang mulai jenuh dengan kerjaan monoton. Jika Anda menghubungi lewat chat maka gunakan foto profil resmi kemudian masukkan link resmi yang mengacu pada profil perusahaan.

Waktu tersebut minimal banyak orang melihat sekilas isi chat yang masuk dan mungkin akan tertarik membukanya di lain jam.

  1. Gunakan bahasa yang baik 

Bahasa call center system paling banyak disukai adalah bahasa yang lembut dan nada rendah. Anda bisa belajar membuka obrolan dengan contoh “ selamat pagi kak, semoga kakak sehat selalu, perkenalkan saya adalah Intan dari PT. Xxxx ingin meminta 5 menit waktu kakak untuk mengisi survey singkat yang akan ditimbulkan sebuah informasi penting dan reward voucher belanja”.

Dari situ, konsumen akan berhenti sejenak untuk tahu tentang apa yang akan Anda lakukan, kemudian Anda bisa masuk untuk mulai bekerja memperkenalkan sebuah produk.

  1. Dekatilah dengan emosi 

Saat trik nomor 2 sukses, ajaklah konsumen untuk curhat tentang dirinya, kemudian Anda mendapatkan alamat email, alamat rumah dan terlebih jika bisa transaksi. Memang jalinan komunikasi lewat dunia maya untuk pelanggan baru terbilang lama tetapi jika sudah dikenal baik maka akan cepat sekali menyebar karena pelanggan pertama tersebut akan menggaet konsumen lainnya lagi.

  1. Tujuan utama penjualan 

Tugas utama telemarketing adalah melakukan penjualan, jangan sampai hanya sekedar melayani komunikasi konsumen saja terlalu lama bahkan tidak ada feedback dari konsumen. Minimal selama Anda menjalankan crm ada 1 buah produk yang terjual. Dengan aplikasi crm maka semua kinerja Anda akan lebih tertata dan semangat.

Telemarketing dengan dasar dashboard crm nantinya menghubungkan call center dan bagian yang berhubungan dengan dunia marketing. Layanan terbaik dari Anda menjadikan konsumen betah dan juga setiap kebijakan yang baru mempengaruhi kepuasan pelanggan. Bagi karyawan cs yang mendapatkan skor kpi tertinggi tentunya bisa menjadi promotor dalam menggaet banyak konsumen lagi. App crm juga saat ini tersedia guna mempermudah menaikkan penjualan, intinya rangsangan respon yang terbaik mengundang orang untuk mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Great Article

Wawancara perilaku menjadi salah satu jenis wawancara kerja yang umumnya dilakukan oleh rekruiter. Mereka akan melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan kandidat dalam memecahkan sebuah...

Adanya kesenjangan dalam riwayat pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi setiap pencari kerja. Ya, meski adanya celah pada resume tidak serta merta dapat menutup...

Di era digital, kehadiran online profesional sangat penting, khususnya dalam mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan dan rekruter menggunakan internet untuk mencari kandidat yang sesuai untuk...